Belajar Bahasa Inggris Dasar

Belajar bahasa inggris dasar – Terkadang manusia mengeluh adanya belajar Bahasa Inggris. Segala sesuatu pasti dimulai dari dasar, termasuk dalam belajar Bahasa Inggris dasar. Jikalau anda sudah memahami atau mengetahui dasar-dasar Bahasa Inggris maka akan lebih mudah untuk mempelajari.

Mulai dari mempelajari bentuk kata dasar, kalimat, cara menulis dan cara pelafalan. Bila anda sudah memahami dasar-dasar tersebut, maka akan lebih mudah untuk memahami materi selanjutnya.

Cukup, cukup dan cukup rumit apabila memahami dasarnya kurang baik, namun bila anda sudah faham betul, Bahasa Inggris tidak ada kata sulit. Langsung saja kita bahas apa saja dasar-dasarnya, cekidot.

1. Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

cara cepat belajar bahasa inggris, masa lalu, masa depan

Pertama bentuk dasar dalam kata tenses atau bentuk kata merupakan elemen paling penting dan mendasar untuk mempelajari bahasa inggris.

Karena pentingnya memahami tenses untuk hal yang paling mendasar dalam mempelajari bahasa inggris. Maka tidak aneh lagi apabila tenses berada di halaman atau bab pertama dalam buku pelajaran inggris.

Lalu apa itu tenses? tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa inggris yang berguna untuk menunjukan kondisi waktu (lalu, masa kini atau sekarang dan masa depan) terjadinya suatu peristiwa.

Waktu:

  • Present / Sekarang
  • Past / Masa lalu
  • Future / Masa yang akan datang
  • Past Future / Rencana dimasa lalu

Peristiwa:

  • Simple / AktivitasĀ Sederhana
  • Continuous / Aktivitas yang sedang berlangsung
  • Perfect / Aktivitas yang telah usai
  • Perfect Continuous / Aktivitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu.

Dari rangkaian waktu dan peristiwa bisa digabungkan sehingga mendapatkan rumus tenses sebagai berikut :

Diatas sudah ada rumus, pengertian? juga sudah dijabarkan. Sekarang masuk kedalam praktek dalam bahasa inggris sehingga menjadi suatu kebiasaan.

Contohnya:

Event/Time Present Past Future Past Future
Simple I eat I ate I will eat I would eat
Continuous I am eating I was eating I will be eating I would be eating
Perfect I have eaten I had eaten I will have eaten I would have eaten
Perfect Continuous I have been eating I had been eating I will have been eating I would have been eating

Dasar pertama sudah dijelaskan, kalau Anda sudah berhasil menguasai dan memahami semua tenses yang ada. Maka kamu sudah menguasai bahasa inggris sebanyak 60%

2. Mendengarkan (Listening)

cara cepat belajar bahasa inggris, mendengarkan, bercerita

Dasar kedua mendengarkan atau listening yaitu merupakan salah satu skill atau kemampuan bahasa inggris yang penerapannya dengan mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa inggris.

Dengan cara mendengarkan lah secara tidak langsung anda akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa inggris dan juga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain jika berbicara dalam bahasa inggris.

Lalu bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris? dengan cara membiasakan diri mendengarkan kata-kata dalam bahasa inggris. Semakin anda sering mendengarkan maka akan familiar dengan kosakata yang didengarkan.

Ketika anda tidak suka mendengarkan percakapan bahasa inggris, disarankan untuk anda menonton video percakapan atau mendengarkan lagu berbahasa inggris.

3. Membaca (Reading)

cara cepat belajar bahasa inggris, membaca, membaca puisi, membaca cerpen

Cara ketiga ada membaca atau sebutan bahasa inggris reading. Dengan adanya kemauan membaca beberapa teks atau kalimat berbahasa inggris, hal ini tentunya mempengaruhi lebih pekat lagi terhadap struktur kata yang terbentuk dalam bahasa inggris.

Kebanyakan orang mempelajari dengan cara ini akan mengenai banyaknya kosakata dalam bahasa inggris. Dengan jelas hal ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan skill anda untuk pemula.

Dengan cara meluangkan waktu untuk membaca. Membaca artikel atau koran masih terlalu sulit bagimu, jangan membesarkan egomu untuk memulainya dari buku cerita anak-anak.

Mengapa harus buku anak-anak sih? karena kosakata dan bentuk kalimat dalam buku tersebut belum terlalu rumit ditambah akan lebih mudah untuk dipahami oleh pemula.

Atau dengan cara satu ini, yaitu membaca lirik lagu kesukaanmu sambil mendengarkan lagunya. Nah, dari situlah anda telah melakukan melatih dua kemampuan bahasa inggris, listening dan reading.

4 Menulis (Writing)

cara cepat belajar bahasa inggris, menulis surat, menulis cerpen

Cara keempat ada menulis atau dalam sebutan bahasa inggris writing. Menulis itu sangat penting sekali apalagi dalam pelajaran bahasa inggris. Karena, dengan menulis inilah anda bisa melihat sejauh mana kemahiranmu dalam berbahasa inggris.

Ya, menulis dalam bahasa inggris akan membuatmu mengerti tentang kemampuan anda sendiri, entah itu kosa kata maupun dari tata bahasa. Dari menulis inilah anda bisa melihat kelemahanmu dan bisa memperbaikinya dengan cara berlatih sehingga nantinya kelemahan itu tertutupi dan tidak ada lagi.

Cara keempat ini menjadi salah satu penerapan dari tiga skill yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setelah memahami tenses dalam bahasa inggris, mendengarkan ucapan atau kalimat bahasa inggris serta membaca kalimat berbahasa inggris, selanjutnya anda mempraktikannya ke dalam tulisan.

Lalu bagaimana sih cara menulis bahasa inggris dengan baik? Anda bisa mempelajari dalam buku Practice and Progress karya L.G. Alexander yaitu tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Baca cerita dalam bahasa Inggris
  • Buka kamus kosa kata baru yang ditemui dalam cerita tersebut
  • Baca kembali kemudian pahami
  • Jawab pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan
  • Ceritakan kembali cerita tersebut dari sudut pandang anda sendiri

Banyak-banyaklah anda menulis dalam bahasa inggris karena tanpa di sadari cara ini membuat anda bisa belajar bahasa inggris dengan cepat.

5. Berbicara (Speaking)

cara cepat belajar bahasa inggris, can you speak engglish, berbicara

Cara kelima ada berbicara atau dalam sebutan bahasa inggris speaking. Setelah semua dilalui dan dipahami itu cara cepat belajar bahasa inggris dan yang terakhir dengan cara berbicara.

Bukan yang dimaksud berbicara bahasa indonesia, bahasa sunda, bahasa jawa, tetapi berbicaralah dengan cara bahasa inggris. Mungkin bagi anda kata-kata asing yang mungkin terasa sulit diucapkan oleh orang awam.

Walaupun perlahan, jika sering dilatih, hal ini bukan menjadi kesulitan tetapi membuat skill speaking kamu terdengar fasih seperti bule.

Gampang sekali untuk dipraktekan, Carilah teman yang jago dalam berbahasa inggris lalu berbincanglah dalam bahasa Inggris. Sering-sering berkata, berbincang, bercakap dengannya dalam bahasa inggris. Sangat mudah bukan mempelajari bahasa inggris dengan cara belajar bahasa inggris dasar.

Dengan cara terpaksa, hingga menjadi bisa.

Semua cara akan membuatmu terbiasa dan mempermudah dalam mempelajari bahasa Inggris. Memang memulainya itu sulit, tetapi ketika sudah menjadi terbiasa akan terasa indah dimasanya. Tetap berusaha dan banyakin praktek.

Jika kamu ingin mahir bahasa Inggris, kamu dapat memanfaatkan waktu kursus bahasa inggris di pare. Mengapa harus di pare? karena pare itu adalah sebuah kampung dimana semua orang berbicara menggunakan bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Jepang.

Uniknya tukang somay bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar dalam waktu 2 minggu. Anda tertarik? Memulailah sekarang.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment