12 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat & Mudah Untuk Pemula

Bahasa Inggris merupakan musuh bubuyutan ketika zaman sekolah, tetapi ketika lulus dan Anda menjadi orang sukses maka bahasa inilah yang sangat populer di kalangan seluruh dunia. Belajar bahasa Inggris ini sudah menjadi kewajiban di zaman sekarang ini.

Mengapa di zaman sekarang sudah diwajibkan untuk belajar bahasa Inggris ? Karena, bahasa Inggris merupakan bahasa universal dimana bahasa ini bisa digunakan di negara manapun. Hal tersebut sama persis dengan bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu dari berbagai daerah.

Ketika kita berada diluar negeri maka bukan berbahasa Inggris dimanapun berada. bahasa Inggris lah yang harus dipersiapkan untuk berkomunikasi. Banyak sekali mode  dan cara untuk belajar bahasa Inggris, artikel kali ini memberi 12 tips agar mudah belajar dan memahami bahasa Inggris.

1. Semangat untuk Berlatih

Semangat untuk Berlatih

Sumber: akubelajar.net

Latihan dalam pelajaran yaitu hal paling wajib untuk Anda yang menguasai di bidang apapun. Bisa diibaratkan tubuh manusia, yang bisa menghasilkan otot-oto kuat tentu dibutuhkan latihan terus, terus dan menerus supaya otot tambah keker.

Sama contohnya dengan hal bahasa Inggris. Supaya Anda lancar dalam berbahasa Inggris dibutuhkan latihan yang rutin seperti memperbanyak kosa kata. Minimal setiap hari Anda beberapa memiliki kosa kata yang baru dan mudah untuk di hafal.

Di zaman yang sudah modern ini, belajar bahasa Inggris tidak harus repot-repot dengan membaca buku atau membuka buku kamus dengan menghafal kosa kata dari kamus. Dengan berkembangnya teknologi yang sudah mulai canggih, Anda bisa menambahkan kosa kata dengan cara asik sekali.

Dengan cara bermain game, mendengarkan musik dan tutorial di youtube. Sekarang sudah banyak sekali website-website tentang pelajaran bahasa Inggris yang dikemas dengan cara mode menarik.

Baca juga : 14 Tips & Trik Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Mudah Dilakukan!!

2. Percaya Diri

Percaya Diri

Sumber: akukuat.com

Malu lah menjadi penghalang besar bagi seseorang dalam belajar bahasa Inggris. Karena malu tidak ada teman belajar, malu takutnya salah dalam belajar, dll.

Agar Anda bisa mahir dalam bahasa Inggris, ingat hilangkan sifat malu dari diri Anda, cobalah menjadi orang yang berani, berani bertanya ketika Anda tidak mengerti, berani berbicara bahasa Inggris, intinya berani belajar.

Dari kata berani ini lah kunci segalanya agar Anda jago dalam bidang berbahasa Inggris.

3. Rajin Membaca

Rajin Membaca

Sumber: semangatku.com

Banyak sekali kalau tidak membahas poin tentang manfaat membaca. Karena dengan membaca inilah Anda akan mendapatkan nilai pengetahuan yang luas dan baru. Selain itu manfaat membaca dapat merangsang kerja otak agar tetap kuat dan memperkuat daya ingat.

Maka dari itu, membaca adalah metode efektif bagi Anda yang belajar bahas inggris dengan cara mandiri (belajar sendiri). Membaca juga akan memperkaya kosa kata yang Anda pahami sampai detil.

Selain memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris, membaca ini juga dapat mengembangkan kemampuan speaking yang Anda punya. Dengan membaca satu dua kata dengan suara yang keras dan Anda akan tahu bagaimana sebuah kata diucapkan dengan benar.

4. Menulis Dalam Bahasa Inggris

Menulis Dalam Bahasa Inggris

Sumber: akuaku.com

Sangat mirip halnya dengan membaca, karena menulis ini juga akan menambah skill dalam diri Anda dan berbahasa Inggris tambah lancar dan juga jago. Buat Anda yang masih pemula cocok sekali dengan memperkaya kosa kata yang Anda miliki.

Dengan adanya metode menulis ini, otak yang kita miliki akan merekam kata demi kata yang tertulis. Tips ini sangat membantu sekali dalam mengembangkan skill berbahasa Inggris Anda dengan cepat.

Cobalah untuk mempercepat Anda membuat karya tulis bahasa Inggris setidaknya seminggu dua kali, dengan cara ini Anda akan merasakan perkembangan Anda dalam bahasa.

5. Kursus Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris

Sumber: pintermahal.id

Buat Anda ingin lebih fokus dalam menguasai bahasa Inggris bisa ditambahkan kursus, maka ini pilihan terbaik dan bisa lebih cepat menguasai. Di zaman-zaman ini kursus bahasa Inggris sangatlah menjamur.

Anda hanya bisa memilih dimana tempat kursus yang cocok dengan Anda dari segi budget ataupun target pencapaian. Apabila Anda ingin lebih cepat dalam proses pembelajaran dan memiliki waktu senggang, Anda bisa memilih lembaga kursus memiliki program camp agar Anda lebih terpantau dan lebih fokus dalam belajar.

Pentingnya memiliki program sendiri yaitu kursus camp dalam bentuk pembicaraan harus selalu menggunakan bahasa inggris ketika belajar. Salah satu program ini bisa terbiasa mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris.

Metode dalam belajar ini seperti camp lebih signifikan dalam meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris dan buat Anda dari pada kursus bahasa Inggris biasa lebih baik memakai metode ini.

6. Terapkan Bahasa Inggris dalam Keseharian

Terapkan Bahasa Inggris dalam Keseharian

Sumber: jombloheppy.com

Tips ini sama dengan cara yang di atas tadi kita jelaskan bahwa berbicara dalam bahasa Inggris dalam keseharian salah satu belajar mandiri, diusahakan untuk menerapkan bahasa Inggris dalam keseharian dengan memasang label-label pada barang dengan bahasa inggris.

Contohnya dengan memberi label yaitu ‘bedroom‘ di pintu kamar tidur, ‘kitchen‘ di area dapur, ‘wash machine‘ pada mesin cuci, dan lain-lain.

Poin tambahan dengan belajar mandiri juga bisa diterapkan dirumah yaitu dengan membaca teks bahasa Inggris, menonton filem tanpa subtitle, menulis artikel dengan bahasa Inggris, dan sebagainya.

Zaman yang sudah modern ini sudah banyak sekali kamus elektronik yang bisa di download dan mudah dibawa kemanapun, tidak harus sulit-sulit lagi bossku. Ketika Anda memahami kosa kata yang banyak maka latihlah dengan berbicara keseharian, selagi Anda masih mengerti berbicara dengan wawasan bahasa Inggris maka lakukanlah.

Lakukan hal ini bukan buat main-main tetapi harus lebih serius dengan cara konsisten dan Anda akan merasakan perkembangan dalam berbahasa Inggris.

7. Cari Teman yang Jago Berbahasa Inggris

Cari Teman yang Jago Berbahasa Inggris

Sumber: pergiyu.com

Pepatah ada yang mengatakan kalau berteman dengan tukang minyak wangi kita juga akan ikut wangi. Hal ini sama dengan orang yang jago bahasa Inggris, kalau Anda berteman dengan orang-orang yang fasih dalam bahasa Inggris maka Anda terbawa akan fasih seperti mereka.

Keributan di masyarakat dengan orang-orang disekitar kita akan sangat berpengaruh pada diri kita sendiri. Maka dalam hal yang seperti ini Anda juga harus bisa mencari teman yang jago dalam bahasa Inggris. Supaya Anda termotivasi dalam mengembangkan kemampuan perbahasa Inggris.

Manusia memiliki ego yang tinggi untuk terlihat lebih baik. Hal seperti ini memang terlihat wajar. Jadi pintar-pintar mencari teman yang jago berbahasa inggris dan bersainglah bahwa Anda juga bisa lebih hebat dari dia dengan cara yang lebih sportif tentunya.

8. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris Lalu Tulis Liriknya

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris Lalu Tulis Liriknya

Sumber: akusukamusil.com

Nah yang ke-9 dengan cara ini mungkin akan lebih asik untuk dilakukan dibandingkan membaca. Membaca bukan lah hal menyenangkan bagi semua orang, maka tips ini menjadi jalur alternatif bagi Anda yang tidak suka membaca.

Pada zaman yang sudah modern dengan canggihnya teknologi sekarang ini, sangat mudah sekali bagi Anda untuk mendengarkan lagu berbahasa inggris. Jika Anda pelaku pecinta musik, mendengarkan musik sambil belajar mudah masuk ke otak karena iya mencintai lagu tersebut.

Dalam hal yang satu ini bukan hanya semata-mata mendengarkan saja. Tetapi, Anda harus mendengarkan dengan baik-baik dan harus menulis lirik pada lagu atau note di gadget Anda, setelah sudah mencatat lirik ada baiknya cek di internet lagu yang Anda tulis untuk melihat benar atau tidaknya.

9. Kembangkan 4 Kemampuan Bahasa Secara Simultan

Kembangkan 4 Kemampuan Bahasa Secara Simultan

Sumber: bahasainggris.com

Pastikan bahwa Anda akan melatih skill ke-4 dalam berbahasa baik dari segi mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Jika Anda dapat menguasai semuanya dengan rasa percaya diri dalam berbahasa inggris maka otomatis meningkat.

Jika Anda hanya sedikit menguasai skill menulis dan membaca saja, Anda akan malu ketika berbicara di depan umum dan tidak percaya diri dalam tubuh Anda ketika berbicara dengan orang lain.

10. Berikan Waktu Khusus Untuk Belajar

Berikan Waktu Khusus Untuk Belajar

Sumber: penting.com

Waktu ini sangat penting sekali dalam bentuk apapun dan dimanapun. Waktu yang harus dikhususkan yaitu waktu yang Anda sediakan hanya untuk belajar sesuatu tanpa adanya gangguan oleh hal apapun. Pelajaran bahasa Inggris hal tersebut sangat penting diperlukan.

Dengan cara mengulang kosa kata, membaca buku bahasa Inggris, berlatih menulis, apapun itu yang jelas Anda harus memberikan waktu khusus untuk belajar bahasa Inggris. Jangan sampai waktu yang telah di jadwal dialokasikan untuk belajar tergantungan oleh hal-hal lain.

Karena belajar bahasa Inggris harus membutuhkan sebuah kosntrasi yang tinggi apalagi buat Anda yang baru mempelajari bahas Inggris. Maksud dari tips yang satu ini, berikanlah waktu semaksimal mungkin untuk diri Anda sendiri agar bisa belajar Bahsa Inggris dengan semaksimal setidaknya satu jam perhari.

11. Jangan Menyerah

Jangan Menyerah

Sumber: jempoltelunjuk.com

Dalam pekerjaan atau dalam belajar bahasa Inggris Anda akan menemukan berbagai macam materi-materi yang cukup sulit, tetapi di situlah kesungguhan dan batin Anda diuji. Keinginan yang besar dalam diri kita pasti bisa dilewatkan dengan mudah.

Motivasi inilah untuk diri sendiri mengapa Anda harus bisa bahasa Inggris, dengan adanya motivasi yang kuat maka kemungkinan dalam belajar akan tambah semangat dan kata menyerah akan kecil.

12. Berfikir Positif

Berfikir Positif

Sumber: postif.com

Dalam mempelajari semua hal apapun harus kita memiliki pikiran yang positif ini merupakan hal yang sangat mendasar. Kesulitan dalam belajar pasti ada, tapi yakin bahwa banyak orang yang kesulitan lebih dari kamu tapi ia berhasil.

Dimana ada kemauan pasti bisa, begitulah kata pepatah. Jangan pernah Anda berfikir bahwa untuk mundur itu gampang, tetapi jika sudah terjun untuk belajar sesuatu. Jika hal itu terjadi di diri Anda maka semua pengorbanan Anda akan sia-sia ketika berhenti ditengah jalan.

Tetap berperang sampai menang dan jangan pernah putus asa, Belajar bahasa Inggris itu muda dan tidak sulit yang Anda pikirkan ko. Bismillah sebelum memulai sesuatu, enjooyyyyy.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment