14 Tips & Triks Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Mudah Dilakukan!!

Belajarlah salah satu menjadi musuh terbesar. Yang ada di hati Anda pasti sudah berfikir dalam hati bahwa belajar itu membosankan, tapi memang belajar dapat menjadi hal yang sangat membosankan.

Buat Anda ada yang tau gak sih arti belajar dengan sesungguhnya. Apakah hanya dengan membaca buku itu sudah termasuk belajar? Tetapi gimana sih cara belajar yang efektif?

Dari pada membuang-buang waktu yang tidak ada manfaatnya. Mari kita simak artikel ini supaya Anda semangat untuk belajar tidak ada kata lagi malas lagi dalam belajar dan tambah semangat pastinya.

Arti Belajar yang Benar & Cara Belajar Efektif

Arti Belajar yang Benar & Cara Belajar Efektif

Sumber: beritakoran.com

Orang yang ada di Indonesia menjelaskan bahwa belajar bukan hanya membaca buku atau mengerjakan perkerjaan. Bahwa belajar yang benar adalah hal yang bisa meningkatkan kualitasnya diri manusia, tingkah laku, kebiasaan, sikap, pemahamaan, percakapan yang bagus dan sopan.

Lebih bagusnya dan tepat untuk belajar yaitu proses perkembangan diri untuk menjadi lebih pribadi yang lebih baik dan bermanfaat tentunya.

Paling malas anak zaman sekarang ketika belajar sedang ujian itu paling malas sekali. Mulai dari sekarang Anda harus mengurangi kegiatan bermain dan lebihin waktu untuk belajar, karena kalau bukan sekarang kapan lagi? Kesuksesan hanya ada di tangan kita.

Ada beberapa tips & triks supaya Anda belajar dengan efektif, sudah banyak cara dan mudah dilakukan mari kita simak sama-sama paling cocok untuk cara belajar Anda.

1. Olahraga Dapat Menguatkan Otak, Biasakan Olahraga Ringan Sebelum Memulai Belajar

 Olahraga Dapat Menguatkan Otak, Biasakan Olahraga Ringan Sebelum Memulai Belajar

Sumber: Goodtimes.ID

Sebelum belajar dimulai maka lakukanlah olahraga ringan dahulu supaya belajar lebih efektif dan membantu menguatkan otak yang tadinya malas menjadi lebih fresh. Dengan melakukan olahraga ringan ini sebelum belajar akan meningkatkan efektifitas loh!!

Dikarenakan otak yang akan menjadi lebih segar dari sebelumnya atau bisa dibilang lebih fresh. Banyak juga dengan orang-orang yang tanpa olahraga sebelum belajar sudah cukup untuk menyerap pelajaran.

Lakukan hal seperti ini mudah sekali jadi jangan pernah meremehkan, sudah banyak orang yang menganggap ini hal yang sepele. Tidak ada salahnya untuk mencoba ketika mau belajar.

2. Mengunyah Permen Karet Meningkatkan Daya Konsentrasi

Mengunyah Permen Karet Meningkatkan Daya Konsentrasi

Sumber: republika.co.id

Cara kedua supaya belajar efektif yaitu makan permen karet karena bisa menambah daya konsentrasi karena dari mengunyah karet dapat membantu meningkatkan efektifitas belajar Anda.

Cara ini sudah banyak orang yang mencobanya, orang yang memakan permen sambil mengerjakan sesuatu atau melakukan aktivitas apapun dan kapanpun, ditambah bisa meningkatkan konsentrasi terhadap apa yang sedang Anda lakukan.

Anda pernah kan melihat pemain bola yang professional ? dia saja bermain bola sambil makan permen, nah itu salah satu contoh bagaimana cara dia untuk tetap fokus dalam suatu aktivitas dalam pertandingan bola.

Salah satu pemain bola yang memakan permen karet ketika pertandingan bola yaitu ada Alex Ferguson, dia selalu memakan permen karet setiap menemani teamnya melakukan pertandingan bola dan juga pelatih-pelatih lainnya.

3. Sambil Mendengarkan Musik, Menambah Daya Konsentrasi

Sambil Mendengarkan Musik, Menambah Daya Konsentrasi

Sumber: liputan6.com

Cara ketiga untuk menambahnya daya konsentrasi menggunakan atau mendengarkan musik favorit Anda. Ternyata mendengarkan musik itu ada beberapa cara untuk belajar dengan sambil mendengarkan music loh!!.

Pertama adalah dengan memutarkan lagu yang jarang atau tidak pernah kamu putar, hal sepele ini akan membuat Anda lebih bisa focus kepada pelajaran yang dipelajarin Anda sendiri, bukan kepada lirik lagunya.

Supaya tetap focus bisa juga dengan musik favoritmu, itu salah satu membuat Anda lebih nyaman ketika belajar dengan lakukan hal itu. Sudah banyak sekali orang yang bertiper seperti ini juga, karena untuk Anda yang susah focus bisa coba yang diatas tersebut.

4. Tempat Belajar Cukup Berpengaruh Terhadap Mood

Tempat Belajar Cukup Berpengaruh Terhadap Mood

Sumber: Merdeka.com

Salah satu gejala ketika malas untuk belajar, mengaruh juga terhadap tempat yang kita sering belajar. Sekali-kali Anda nyobain belajar di alam terbuka pernahkah Anda mencobanya? ternyata ini menjadi salah satu menghilangkan pikiran yang suntuk.

Belajar di dalam rumah itu sudah biasa, sekarang diubah menjadi alam terbuka yang mempunyai wawasan yang indah ketika lagi mikir. Karena dengan cara ini banyak orang yang sudah membuktikan bahwa belajar di alam terbuka lebih gampang masuk ke otak.

Ingat boss, cara ini balik lagi kepada diri Anda sendiri ketika memakai cara yang satu ini.

5. Pakailah Parfum Favoritmu Agar Anda Lebih Segar Saat Belajar

 Pakailah Parfum Favoritmu Agar Anda Lebih Segar Saat Belajar

Sumber: bukalapak.com

Bau yang ada di sekeliling rumah atau dekat Anda bisa terpengaruh terhadap tingkat pembelajaran Anda sendiri. Parfum ini yang baunya memang cocok sekali dan untuk meningkatkan cara belajar yang efektif untuk data parfum unik belajar.

Karena adanya bau parfum yang segar dan juga enak sekali, itu salah satu membuat tubuh Anda menjadi lebih nyaman dan rilex. Bukan itu saja, ini bisa dijadikan sebagai mood-booster saat belajar jika kamu sedang bosan dengan keadaan begitu saja.

Masalahnya ada satu yaitu, pilihlah parfum favorit Anda, ini menjadi salah satu semangat dalam belajar. Tetapi supaya tidak bosan dengan parfum favorit Anda bisa juga dengan parfum yang tidak pernah di pakai atau jarang untuk menggunakannya.

6. Belajar Di Komputer? Gunakan Font Ini Agar Proses Belajar Lebih Cepat

Belajar Di Komputer? Gunakan Font Ini Agar Proses Belajar Lebih Cepat

Sumber: belajaryu.com

Cara yang selanjutnya ada yang bisa belajar dengan efektif yaitu, sudah tidak jarang zaman sekarang belajar dengan menggunakan computer atau laptop, karena zaman sekarang yang apa-apa menggunakan technologi. Kebanyakan hampir semua orang tidak bisa dipisahkan dengan gadjet dari antara kita.

Buat Anda yang belajarnya menggunakan computer atau di e-book cobalah sekali-kali untuk mengganti dengan font tulisan menjadi font Times New Roman, dengan itu Anda akan lebih nyaman untuk di baca

Sudah banyak orang-orang yang membuktikan akan hal ini lohhh. Bahwa dengan cara ini yaitu menggunakan font tulisan Times New Roman. cara ini sangat bermanfaat untuk mempercepat membaca dan akan lebih nyaman untuk dibaca.

7. Belajar di Internet, BLOKIR Situs-situs yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar

Belajar di Internet, BLOKIR Situs-situs yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar

Sumber: maxmanroe.com

Tidak harus di blokir medsos seperti facebook, istagram, WhatsApp dan lain-lain, tetapi ini hanya di jauhkan saja dari dekatmu. Jika Anda sedang belajar dengan buku berarti yang paling penting Anda jauhkan adalah yang pertama itu ada Hpmu. Karena ini sangat menggangu pelajaranmu.

Cara ini memang sangat terbukti penghambat nomer 1 saat belajar. Main hp boleh tetapi tidak boleh dengan lama lama, hanya boleh paling lama selama 5 menit saja ya. memang ini dibutuhkan ke konsistenan.

8. Stabilo Akan Menjadi Kawanmu, Pastikan Anda Tahu Cara Menggunakannya

Stabilo Akan Menjadi Kawanmu, Pastikan Anda Tahu Cara Menggunakannya

Sumber: kemana.com

Cara kedua supaya membacanya lebih nyaman ada kawan baru mu nih yaitu, stabilo. Alat ini dapat meningkatkan belajar yang lebih efektif dan ada cara untuk menggunakan ini tidak bisa ngasal juga.

Caranya untuk menggunakan stabilo ini adalah Anda harus siapkan 3 warna spidol stabilo yang berbeda-beda. Tetapi dari ketiga stabilo ini akan mempunyai pemakaian penulisan yang berbeda juga, inilah menjadi salah satu memudahkan membacanya.

  • Warna yang pertama bisa digunakan untuk penanda judul, contohnya judul yang akan keluar ketika ujian tiba atau bisa juga dibilang kisi-kisi
  • Warna yang kedua bisa digunakan untuk penanda sub-sub judul dari bab yang akan dipelajarin
  • Warna yang ketiga atau yang terakhir bisa digunakan untuk menandai kalimat yang adalah inti dari pembahasan.

Dengan cara ini untuk mempermudah semua dari yang kita tidak tahu menjadi tahu dan susah untuk mencari judul, atau pembahasan yang inti dari pelajaranmu.

9. Lebih Mudah Mengingat Inti Pelajaran, Cobalah Buat Mind-Mapping Sendiri

Lebih Mudah Mengingat Inti Pelajaran, Cobalah Buat Mind-Mapping Sendiri

Sumber: mindmeister.com

Salah satu cara belajar efektif yang satu ini cukup penting sekali bagi Anda yang suka lupa atau gampang lupa, bagai mana cara mengingatnya? yaitu dengan cara simpel untuk membuat mind mapping.

Mind mapping ini sangat membantu buat Anda karena ingat dengan menulis ulang atau dengan cara diatas yang tadi menggunakan stabilo yah, supaya mempermudah Anda dalam belajar.

Cara ini berbentuk visual yang baik, apalagi Anda yang mempunyai besik otak kanan akan sangat cocok sekali untuk menggunakan tips yang satu ini.

10. Sesuatu Lebih Kuat di Ingatan Apabila Dibaca atau Dengar Dengan Suara Keras

Sesuatu Lebih Kuat di Ingatan Apabila Dibaca atau Dengar Dengan Suara Keras

Sumber: ayoyo.com

Tips yang satu ini dengan cara berteriak saat belajar dan menghafalkan sesuatu hal yang harus dihafal misalnya rumus atau nama istilah. Tapi metode ini tidak bisa Anda pakai di tempat umum ya yang ada di nanti orang menjadi marah dan kesel lagi heheh.

Dengan cara mengeraskan suara ini ketika belajar akan mendikan hafalan lebih mudah untuk diingat, coba yah dirumah karena ini sudah benar-benar membuktikan.

11. Semangat Belajar Boleh, Tetapi Kurang Tidur Juga Dapat Mengurangi Daya Ingat Seseorang

Semangat Belajar Boleh, Tetapi Kurang Tidur Juga Dapat Mengurangi Daya Ingat Seseorang

Sumber: hellosehat.com

Tidur lah nomer satu, ketika hal ini sangatlah berpengaruh dalam belajar. Karena jika Anda kurang tidur maka akan mengakibatkan belajar menjadi lebih malas dan tidak semangat. Memang badan Anda tidak terasa capek atau ngantuk, tapi ingat otak dan pikiran butuh istirahat juga yah.

Ketika Anda mempunyai target menggunakan sistem kebut semalam untuk belajar, coba lah untuk ditinggalkan. Karena itu tidak baik untuk badan dan otak Anda yang sudah melemah, belajar seperti itu tidak efektif. Belajar yang efektif itu belajar yang selesai dibawah jam 9 malam.

12. Otak Juga Perlu Istirahat, Buat Jadwal Istirahat Setiap 20-30 Menit Sekali

Otak Juga Perlu Istirahat, Buat Jadwal Istirahat Setiap 20-30 Menit Sekali

Sumber: titiknol.co.id

Tips ini dinamakan kucing tidur, karena memang kucing itu tidur terkadang tidur-tiduran beneran, hanya dengan memejamkan mata saja. Untuk waktu yang lebih produktif dan cara belajar yang efektif ini adalah yang harus Anda lakukan istirahat.

Poin yang terpenting tidak boleh istirahat selama berjam-jam, Anda hanya perlu berhenti belajar kurang lebih setiap 25 menit saja, kemudian Anda beristirahat selama 5 menit saja, tidak boleh lebih dan juga tidak boleh kurang.

Kedengarannya itu hanya lah hal sepele tetapi jarang orang yang mereka lakukan ini. Belajar selama 25 menit ternyata akan kehilangan focus akan berkurang, maka itu beristirahatlah tapi hanya 5 menit saja, kemudian lanjut lagi belajar.

Dengan tips ini akan menjadi lebih focus dan produktifitasmu.

13. Berilah Hadiah Pada Dirimu Sendiri

Berilah Hadiah Pada Dirimu Sendiri

Sumber: popbela.com

Yang terakhir untuk belajar yang efektif yaitu memberi hadiah buat diri sendiri. haha, sangat lucu bukan? mengasih hadiah ke diri sendiri memang salah satu yang konyol tetapi ini menjadi salah satu semangat baru.

Caraini bisa dengan Anda boleh bermain selama setengah jam ketika setelah belajar selama 2 jam yang lalu. Bisa juga Anda boleh membeli barang setelah belajar.

Belajar itu memang buka hal yang remen ya, yang Anda harus cari yaitu alasan kenapa kamu belajar? Cari lah sesuatu hal yang membuat Anda itu termotifasi untuk terus dan menerus belajar dengan cara efektif. Dan poin terakhir jangan lupa untuk reward apa yang bagus untuk hadiahmu sendiri.

Mungkin itu beberapa tips & triks bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien yang sangat mudah sekali dilakukan dan dimana saja tidak mengenal tempat. Semoga Anda dengan membaca artikel ini bisa lebih semangat lagi dalam belajar dan tidak ada kata malas lagi.

Terimakasih selamat mencoba, enjoyyyy.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment