Cara Membuat Kolase

Cara membuat kolase – Dari beberapa orang sudah ada yang faham tentang kolase. Apasih yang dimaksud dengan kolase? yaitu teknik sebuah karya seni memiliki nilai sederhana dan semua orang dapat melakukannya. Ketika teknik karya satu ini dibuat dengan keseriusan dan benar-benar akan menghasilkan sebuah karya gambar kolase yang sangat unik.

Bukan dari bentuk saja yang unik dilihat, karya kolase ketika bagus memiliki nilai jual tinggi loh.!! Mungkin kamu orang satu-satunya ingin mempelajari teknik kolase? Kesempatan kali ini kita akan mengenai gambar kolase dari pengertian, sejarah, bahan-bahan dan cara membuat kolase.

Langsung saja di simak dan praktekin keseriusan mungkin, cekidot.

Contents

Penjelasan Kolase

Pengertian kolase, cara membuat kolase, kolase indah, kolase pemandangan, kolase mudah dibuat

Dalam bahasa Inggris kolase itu disebut dengan Collage dengan arti sebuah cabang dari seni rupa yang meliputi praktek menempel potongan-potongan kertas atau matrial yang lainnya, hanya untuk membuat sebuah design atau rancangan terentu.

Dari atas sudah bisa disimpulkan bahwa karya seni kolase ini bisa dibuat dari berbagai bahan, yaitu kertas,foto, koran, kayu, pita, kaca, batu, keramik, metal bahkan barang-barang bekas yang ditempelkan pada latar belakang, contohnya kertas polos.

Tidak itu saja kolase yang mudah dibuat, dengan bahan-bahan fisik atau gambar elektronik yang ditempelkan pada latar belakangnya digital.

Dari bahan baku kolase yang memiliki manfaat yaitu berbedanya jenis akan menghasilkan karakter bentuk dalam kolase yang menarik dan unik. Bisa juga dibedakan menjadi kolase dua dimensi dan kolase tiga dimensi yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Sejarah Kolase

sejarah kolase, buku pendidikan, sejarah seni rupa, book, buku pintar

Sumber: Reader’s Digest

Semua karya seni pastinya memiliki sejarahnya masing-masing, sama dengan karya saut ini yang memiliki sejarah. Dari kata kolase berasal dari kata “coller” dalam bahasa Perancis yang artinya “merekatkan atau menempelkan dengan lem”.

Merupakan cara menyenangkan untuk bererksperimen dengan bermacam-macam bahwa agar mendapatkan hasil yang menakjubkan.

Pada sejarahnya, karya seni satu ini pernah berkembang pesat di Venice, Italia sekitar beberapa abad 17 yang lalu. Lalu, seni ini dengan cepatnya berkembang di Inggris, Prancis, Jerman dan kota kota lain di Eropa.

Berbeda orang berbeda juga kreativitas yang dimilikinya begitu juga dengan teknik kolase yang memberikan keunikan tampilan luar biasa sehingga teknik ini menjadi media yang digemari kalangan seniman lainnya.

Seorang pelukis Pablo Picasso, Max Ernst dan Georges Braque telah bersifat umum dengan karya tulis memakai teknik kolase pada kertas, kain dan bermacam-macam objek lainnya. Di negara Indonesia sendiri, para penulis sastra atau Putu Sugih Arta telah memilih untuk mengekspresikan karya-karya lukisnya ke dalam lukisan kolase.

Kolase Dalam Seni Rupa

Kolase Dalam Seni Rupa, burung biru, burung peliharaan, mozaik burung, burung cantik, pemandangan burung, muda membuat kolase burung, kolase hewan

Sumber: Dekoruma

Dalam seni rupa ada gambar kolase berlawanan sifatnya dengan seni lukis, pahat, atau cetak dimana karya yang dihasilkan tidak lagi memperlihatkan bentuk asal material yang dipakai. salah satu contohnya, pada seni lukis dari kanvas putih menjadi lukisan yang berwarna warni hingga menjadi unik.

Suatu teknik kolase bentuk asli dan material yang digunakan harus tetap terlihat jelas dari mata. Sehingga kalau kita ingin menggunakan potongan dari kertas, benda bekas atau potongan foto, material tersebut wajib masih dapat dikenali bentuk aslinya walaupun sudah dirakit menjadi satu karya tersebut.

Unsur-unsur Gambar Kolase

Unsur-unsur Gambar Kolase, cat tumpah, titik, garis, membuat kolase, abstrak cat hitam

Sumber: nicepng.com

Memiliki beberapa unsur-unsur dalam seni rupa yang terdapat pada seni kolase antara lain yaitu:

  • Titik dan tempat

Unsur titik yaitu unsur terkecil dibandingkan dengan unsur lainnya dan merupakan salah satu kunci jalannya dari semua ide seni yang akan dibuat oleh seseorang seniman. Sedangkan bintik adalah titik yang dimiliki ukuran lebih besar. biasanya, bintik itu dapat diwujudkan dari lada atau biji-bijian yang berukuran kecil hingga ukuran yang lain.

  • Garis

Unsur yang kedua yaitu memiliki garis salah satu menjadi unsur penyambung dari titik ke titik yang lain. Biasanya garis tersebut akan membentuk sebuah ciri khas dan watak pada suatu karya seni ntah itu lentur, kaku, dan sebagainya.

Berdasarkan dari satu jenisnya, garis tersebut dapat dibedakan menjadi garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus dan garis spiral. Pada umumnya garis pada seni ini bisa diterapkan menggunakan potongan kawat, batang korek, lidi, benang dan lain-lain.

  • Bidang

Unsur bidang adalah sebuah yang memiliki pengembangan dari garis-garis itu akan di sambungkan satu dengan yang lain, akan tetapi membentuk beberapa sisi dalam hasil karya yang ditentukan. Dalam unsur bidang pada karya seni kolase dapat diterapkan dengan berupa bidang 2 dimensi dan bidang bervolume 3 dimensi.

  • Warna

Dalam unsur warna merupakan salah satu unsur seni rupa yang sangat utama dan perwujudan dari keindahan yang bisa diserap oleh indera penglihatan pada manusia. Unsur warna memiliki tiga jenis yaitu warna sekunder, warna primer dan tertier.

Unsur warna pada seni karya kolase dapat diaplikasikan menggunakan cat, pita/renda, kertas warna, dan kain warna-warni dan sebagainya.

Bahan-bahan Membuat Kolase

Bahan-bahan Membuat Kolase, daun-daunan, biji-bijian, cabai, rempah-rempah, cara memasak

Sumber: bravaradio.com

Untuk membuat kolase sangat mudah sekali karena barang-barang untuk membuatnya sangatlah gampang ditemui pada kalangan masyarakat. Dari yang kecil-kecil hingga besar dengan ukurannya, apa saja sih? mari kita perjelas satu persatu:

1. Biji-bijian

Pertama ada bahan biji-bijian ini bisa didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Salah satu bahan ini bermacam-macam jenisnya, bentuk, ukuran, warna serta terksturnya. Untuk kamu yang menggunakan bahan ini sebaiknya harus dikeringkan terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah serta bentuknya tidak mengalami penyusutan.

Bukan itu saja dari bahan biji-bijian yang membuat hasil cantik dan menarik, untuk mendapatkan hasil yang sempurna kalian juga bisa menggoreng bahan ini tanpa menggunakan minyak.

2. Daun-daunan

Bahan yang mudah ditemukan ada dedaunan termasuk bahan kolase yang paling mudah diperoleh. Ketika kamu mau menggunakan bahan ini maka, ambilah daun yang kering atau daun yang telah gugur. Ketika itu harus lah memilih daun kering memiliki ciri khas warna berbeda-beda, supaya lukisan atau design akan lebih mudah.

3. Kulit yang ketat

Bahan ketiga ada kulit-kulitan dapat diperoleh dari kulit buah atau kulit batang tumbuh-tumbuhan. tetapi tidak semua kulit buah maupun kulit batang tumbuhan yang bisa diaplikasikan sebagai bahan membuat kolase. Pada contohnya kulit salak, kulit kacang tanah, kulit jeruk dan kulit rambutan.

Sedangkan bahan kulit batang yang dapat dijadikan bahan kolase yaitu kulit pisang, kulit batang rambutan dan kelopak bambu. Untuk mengunakan bahan satu ini, alangkah baiknya di keringkanlah terlebih dahulu kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

4. Tempurung (Batok Kelapa)

Bahan keempat ada tempurung dari batok kelapa juga dapat dijadikan bahan seni karya kolase. Buat kalian ketika ingin menggunakan bahan ini, sebaiknya dicari terlebih dahulu tempurung dari kelapa setengah tua sampai kelapa tua. lalu, di bersihkan dari serabut sampai halus menggunakan amplas.

Ketika batok kelapa sudah benar-benar halus, lalu dipotong dengan ukuran yang diinginkan dan seleranya. Pada umumnya tempurung atau batok kelapa dipotong menggunakan gergaji besi.

5. Serutan Pensil

Bahan yang kelima ada serutan pensil/kayu pada karya seni kolase, bahan ini wajib kalian keringkan dahulu. Supaya warna pada serutan pensil tidak berubah, Lalu serutan pensil bisa dipotong-potong sesuai dengan ukuran selera kalian atau sudah di inginkan dan siap untuk ditempel pada kolase.

6. Kertas Bekas

Bahan keenam dari bahan kertas bekas, lebih baik menggunakan kertas yang berwarna. Sebab, ketika menggunakan kertas yang berwarna pada dasarnya bisa digunakan sebagai bahan kolase. Kertas bekas berwarna ini bisa diperoleh dari kertas bekas sampul, poster-poster, majalah, koran dan kemasan produk industri dan sebagainya.

Mudah sekali untuk membuat kolase dengan kertas bekas, karena mudah sekali ditemukan di kalangan masyarakat. Untuk menggunakan bahan satu ini, kamu bisa memotong kertas dengan sesuai ukuran yang kalian inginkan.

7. Logam

Bahan yang ketujuh kamu bisa menggunakan unsur logam pada seni karya kolase, lebih baiknya kamu memilih bekas-bekas logam yang mudah didapat seperti kuningan, seng, dan alumunium. Karena bahan kolase plat logam dapat dipotong-potong dengan mudah dan ukuran yang diinginkan mudah dibentuk dan letakan ke bidang dasar kolase.

8. Batu

Delapan ada bahan batu yang mudah ditemukan dan cocok dalam seni kolase salah satunya yaitu batu akik. Batu akik ini mempunyai berbagai macam jenis, warna dan ukuran. Ketika itu langsung diasah sehingga warnanya akan kelihatan lebih cemerlang atau bening.

9. Kaca

Bahan kesembilan ada kaca yaitu bekas potongan kaca yang sudah tidak dipakai lagi biasanya ditemui pada tempat orang memasang bingkai untuk gambar pajangan. Ketika ingin terlihat cantik, bisa ditambahkan atau memberikan cat pada kaca tersebut.

Jika tidak ada pemotong kaca, bahan kaca dapat dibentuk dengan cara menghempaskan ke atas permukaan yang keras. Dengan cara ini akan diperoleh ukuran kaca yang tidak teratur dan tidak sama besar. Dan selalu berhati-hati dalam mengolah kaca agar tidak terluka.

10. Keramik

Bahan terakhir yaitu keramik memiliki variasi warna yang cukup banyak. Untuk menggunakan pada seni karya kolase bisa menggunakan bekas keramik untuk lantai rumah. Ditambah lebih mudah bahan ini bisa kalian potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan atau ukuran yang abstrak.

Cara Membuat Kolase

cara membuat kolase, cara membuat mozaik, mudah dan unik mozaik, unik dan mudah kolase

Sumber: YouTube

Sebelum membuat suatu karya ini yang paling penting harus memulai dengan adanya niat dalam diri, hehehe. Kedua jangan lupa mood dalam diri haruslah setabil dalam benar-benar ingin membuat. Ketika sudah, barang-barang jangan lupa, lalu praktekin dengan bimbingan artikel ini, langsung saja cekidot.

1. Pilihlah tema kolase kamu

Dalam seni karya kolase mudah dibuat dari beberapa bagian yang berbeda dan dari segala jenis benda, seperti kertas, plastik, kain, korek api, bahan alami dan sebagainya. Pilihlah sebuah media tersebut atau juga bisa kombinasi antara kertas, benang dan kancing.

2. Pilihlah background yang cocok

Biasanya, bahan  karton dan bahan kertas yang sering dijadikan sebagai latar belakang. Namun kalian juga bisa memilih bahan apapun yang kalian inginkan, tapi ingat bisa menjadi sebuah latar belakang yang cocok.

Pada contohnya dari kertas koran, secarik goni, kayu, kertas isap  dan lainnya. Ketika ada di permukaan dapat ditempel bahan-bahan kolase, maka bahan ini dapat dijadikan sebagai latar belakang untuk menempelkan kolase.

Ada 4 jenis dalam membuat suatu karya seni kolase dan cara membuatnya, yaitu : 

Cara Membuat Kolase Bahan Kertas

Cara Membuat Kolase Bahan Kertas, kolase ikan, kolase hewan, kolase mudah di buat

Sebelumnya sudah dijelaskan ketika ingin membuat kolase dengan bahan dasarnya kertas, harus memiliki kertas bekas yang menarik. Ketika itu, mempunyai pola dan potongan sudah ditentukan dari sebelumnya. Dengan cara gimana untuk membuatnya, langsung saja, gas kuy. 

Mengumpulkan untuk membuat kolase

  • Menggunakan kertas karton, kertas fotocopy, kantong kertas, kertas tisu dan lain lain. bahan ini bisa bertekstur halus atau keras, ataupun perpaduan keduanya.
  • Bahan pada kertas juga dapat dari potongan majalah atau kertas koran. Fungsi dari majalah cenderung memilliki beberapa gambar yang cocok untuk dibuat kolase. pastinya pada kertas koran dapat menambah tekstur yang menarik kepada kolase, namun tintanya terkadang luntur ketika sudah lama diamkan lama.
  • Jika kamu mempunyai bahan kertas dinding yang sudah lama dan tidak di pakai lagi, lebih bagusnya kertas ini dapat kalian jadikan bahan kolase. Atau juga kamu dapat membeli potongan-potongan kecil di toko.
  • Gunakan kertas aluminium dan perekat yang berbeda beda.

Buat bentuk kertas yang berbeda

Ketika sudah mendapatkan bahan yang cukup banyak, jenjang selanjutnya 

  • Kamu bisa membuat kertas dengan bentuk yang berbeda dengan mengguntingnya dengan pola tertentu. Untuk memberikan tekstur atau bentuk yang acak, kalian dapat merobek kasar ujung potongan kertas, bisa dilihat abstrak.
  • Kemudian gunting pada bagian seluruh gambar, bagian yang dapat dikenali atau secukupnya saja. Karena bisa membuat tekstur, warna, atau nuansa yang kalian inginkan dari dahulu.
  • Jika ingin membuat kata-kata atau quotes, kalian bisa gunting huruf atau angka dari sumbernya dengan font yang berbeda-beda, semenarik mungkin.

Buatlah tema untuk kolase

Ketika sudah motong memotong lanjut untuk mendapatkan gambar kolase yang maksimal, kalian perlu memikirkan tema dan buatlah kolase sesuai dengan ide atau konsep kamu.

Tambahkan kreatifitas dengan ornamen baru

Menambah nilai dalam ornamen membuat kolase terlihat cantik, indah dan menarik dengan kedalaman, minat dan kilau. Kamu bisa saja menggunakan bahan pita, manik-manik, bulu atau kain di kolase.

Sesuaikan background kolase 

Kamu bisa menggunakan secarik kertas, kertas karton atau bagian kardus sebagai media latar belakang (background). Apapun itu, pastikan bahan dalam background cukup menahan kuat karena ada beberapa lapisan bobot dan mudah untuk dipajang.

Kumpulkan semua potongan sebelum ditempekan

Sebelum menempel sebaiknya kalian mencoba terlebih dahulu semua benda yang akan ditempel untuk kalian letakkan di permukaan yang lebar seperti meja dan lantai. Sebarkan dan tempatkan semua bahan untuk merancang kolase sebelum membuatnya.

Susun semua benda tersebut mulai dari latar belakang dan terus sampai ke depan. Hal ini dapat memberikan kalian gambaran seperti apa nanti hasil akhirnya. Untuk mengingatnya dengan tepat, cukup foto saja hasil percobaan tersebut

Rekatkan kolase menggunakan lem

Rekatkan semua bahan dimulai dari latar belakang hingga terus ke depan, lem potongan-potongan kolase ke dasarnya. Beberapa jenis lem dapat kalian gunakan seperti lem putih biasa, lem stik, atau karet.

Tidak semua potongan bahan kolase harus ditempel merata. Kalian dapat meremas atau melipat untuk mendapatkan tekstur yang berbeda.

Tunggu hingga kolase mengering

Kolase yang telah anda buat kini berisi beberapa lapis lem. Berikan waktu agar lem dapat mengering. Untuk benar-benar kering kalian perlu mendiamkan semalaman atau bisa dengan kipas angin dengan kecepatan lambat.

Contoh Gambar Kolase Kertas

Cara Membuat Kolase Bahan Kertas, kolase ikan, kolase hewan, kolase mudah di buat

kolase bahan kertas bentuk binatang-binatang.

kolase bahan kertas bentuk binatang-binatang, kodok kolase, kumbang kolase, tikus kolase, cara membuat kolase

Kolase bahan kertas bentuk ayam.

kolase bahan kertas bentuk ayam, ayam jago kolase, ayam betina kolase, ayam jantan kolase, cara membuat kolase

Kolase bahan kertas bentuk burung.

Kolase Dalam Seni Rupa, burung biru, burung peliharaan, mozaik burung, burung cantik, pemandangan burung, muda membuat kolase burung, kolase hewan

Kolase bahan kertas bentuk buah-buahan.

kolase bahan kertas bentuk buah-buahan, buah kolase, buah stobery kolase, buah segar kolase, cara membuat kolase

Kolase bahan kertas bentuk buah labu.

kolase bahan kertas bentuk buah-buahan, buah kolase, buah labu kolase, buah segar kolase, cara membuat kolase

Kolase bahan kertas bentuk pemandangan

Kolase bahan kertas bentuk pemandangan, kolase gunung, kolase rumah

Mungkin diatas ada beberapa contoh hasil karya kolase dengan bahan kertas, ada beberapa bentuk unik dan lucu.

Cara Membuat Kolase Bahan Kain

Kolase bahan kain bentuk orang, kolase gitar, kolase orang

Cara kedua untuk membuat kolase dengan bahan kain. Sepertinya sih sama saja dengan yang tadi caranya, tetapi yang bikin membedakan itu hanya saja bahan dasar. Langsung saja yuuu.

Kumpulkan bahan kain untuk dibuat kolase

Hanya ada beberapa contoh dalam kolase dengan bahan kain yang dapat kalian pakai:

  • Sisa potongan kain jahitan
  • Potongan kain dari baju yang kalian sukai dimasa lalu
  • Kain kapas
  • Benang, wol, benang, tali, pita, renda
  • Hiasan jahit seperti kancing, payet, tambalan jahit

Periksa tekstur pada kain

Sebelum lanjut ke jenjang lanjutnya bahan kain harus memiliki beragam jenis tekstur dan ketebalan. Kamu bisa menggabungkan perbedaan-perbedaan ini untuk menciptakan hasil kolase yang maksimal hingga hasil yang menarik dan bagus.

Pilih background yang cocok

  • Kalian perlu memilih latar belakang yang tepat karena bahan kain ini menempel dengan cara yang berbeda-beda pada kertas, dan tidak semua jenis kain dapat digunakan.
  • Untuk memastikan kain yang akan kita gunakan tidak bergeser, sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu.
  • Sebaiknya gunakan lem bening yang cocok untuk kain dan latar belakang yang kalian gunakan.

Buat tema di kertas untuk menggambarkan 

Suatu ini dalam membuat karya kolase kamu lebih indah. Sebelum itu, rancang terlebih dahulu kolase yang akan kamu buat. Setelah itu kamu harus memiliki rancangan, baru kemudian cocokan dengan tekstur dan warna potongan kain.

Potong dan atur bahan pada kain sesuai dengan tema 

  • Jika kalian ingin menempelkan satu potongan di atas yang lain, hal ini tidak masalah.
  • Untuk membuat kesan dari suatu benda, hewan atau wajah, kalian perlu memikirkan tekstur tersebut. Contohnya adalah menggunakan benang wol atau kain tebal untuk menggunakan tubuh domba atau gunakan benang pintal untuk membentuk rambut di sekitar wajah.
  • Benang wol, tali atau benang pintal dapat digulung membentuk spiral untuk membuat kolase bunga, matahari atau bulan.
  • Kancing dan payet juga dapat dikreasikan menjadi segala macam gambar seperti bunga, mata di wajah dan lain lain.

Tunggu hingga kolase mengering

Sebuah karya seni Kolase yang telah kamu buat kini berisi beberapa lapis lem. Berikan waktu jeda agar lem dapat mengering. Supaya benar-benar kering kamu perlu mendiamkan semalaman atau bisa dengan kipas angin dengan kecepatan lambat, supaya merekat.

Contoh Gambar Kolase Kain

Kolase bahan kain bentuk orang, kolase gitar, kolase orang

kolase bahan kain bentuk tanaman

Kolase bahan kain bentuk tanaman, kolase bunga, kolase daun

Kolase bahan kain bentuk bunga

Kolase bahan kain bentuk tanaman, kolase bunga, kolase daun

Kolase bahan kain bentuk bingkai pemandangan

Kolase bahan kain bentuk tanaman, kolase bunga, kolase daun, pemandangan, pemandangan alam

Kolase bahan kain bentuk hewan (bebek)

Kolase bahan kain bentuk hewan, kolase hewan bebek, kolase hewan, pemandangan, bebek liar

Mungkin diatas ada beberapa contoh hasil karya kolase dengan bahan kain, ada beberapa bentuk unik dan lucu.

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir, membuat kolase mudah, pemandangan desa, pemandangan rumah desa, kampung halaman

Kolase menggunakan bahan pasir sama saja dengan contoh yang diatas, membedakan hanya saja dengan bahan yang berbeda yaitu memiliki bahan pasir. Pastinya sangat sulit sekali bukan? langsung saja kita, lihat kuyy.

Kumpulkan bahan terpenting yang dibutuhkan

Cara pertama kamu harus membuat kolase pasir. Untuk background kamu harus memerlukan berupa selembar kertas atau karton, lem bening, pasir, pensil dan kuas lem.

Desain gambar yang Anda inginkan

Cara kedua ada gambar terlebih dahulu mengenai rancangan atau tema yang akan anda ingin jadikan kolase pasir di latar belakang. Hal ini harus benar-benar serius karena dampaknya membuat hasil kolase menarik atau cantik.

Ikuti garis tepi atau bagian dalam garis dengan lem

Ketiga jika rancangan atau tema yang kamu buat terlalu besar dan rumit, maka lakukan tahap ini sedikit demi sedikit agar kalian bisa menempel pada lem yang masih basah.

Taburkan pasir di atas lem

Cara keempat dengan taburan pasir yang menggunakan tangan sendiri, hingga menuangkannya harus berhati-hati, dikit demi sedikit secara merata.

Ketika selesai, tuang pasir berlebih yang ada

Cara terakhir dengan pasir yang telah menempel akan membentuk kolase.

Contoh Gambar Kolase Pasir

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir, membuat kolase mudah, pemandangan desa, pemandangan rumah desa, kampung halaman

Kolase bahan kain bentuk desa.

Kolase bahan kain bentuk zaman dahulu, pedesaan, kampung halaman

Kolase bahan kain bentuk bunga.

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir, membuat kolase mudah, pemandangan pantai, pemandangan lau pantai, tepi pantai

Kolase bahan kain bentuk pasangan.

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir, membuat kolase mudah, pemandangan pernikahan, pemandangan paris perinkahan, foto proweding

Kolase bahan kain bentuk kaligrafi Bismillah.

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir, membuat kolase mudah, kaligrafi bismillah, bismillah, foto bsimillah, bingkai bismillah

Kolase bahan kain bentuk ALLAH & Nabi Muhammad.

Cara Membuat Kolase Bahan Pasir, membuat kolase mudah, kaligrafi allah dan nabi muhammad, allah, nabi muhammad, foto allah, foto muhammad, bingkai allah dan nabi muhammad

Mungkin diatas ada beberapa contoh hasil karya kolase dengan bahan pasir, ada beberapa bentuk unik dan lucu.

Cara Membuat Kolase Bahan Alami

Cara Membuat Kolase Bahan alami, membuat kolase mudah, fotografi alami, hasil fotografi, pemandangan alami

Sebenarnya membuat salah satu karya ini mudah sekali, dengan adanya niat dan mau bekerja keras demi menciptakan sebuah karya kolase yang unik dan bagus harus memiliki waktu yang lama dan teliti ketika mengerjakan

Kolase satu ini berbeda dengan yang lain, karena memiliki bahan alami. Mungkin kata kita itu bahan sampah atau tidak terpakai, tanpa disadari bahan itu memiliki keunikan tersendiri. Langsung saja yuuu…

Temukan benda unik unik dari alam

Sebelum lanjut membikin kolase dengan bahan alam, alangkah baiknya mencari benda-benda alam yang bisa digunakan untuk membuat karya tersebut yaitu :

  • Kulit kerang (yang pecah maupun yang utuh)
  • Bunga (kering)
  • Rumputnya kering
  • Daun
  • Biji-bijian
  • Batok kelapa
  • Kulit buah
  • Dan sebagainya

Keringkan bahan alami sebelum digunakan

Pastikan pada benda-benda yang akan kamu buat kolase telah mengering, kalau tidak benda tersebut akan mengalami membusuk dan menjamur. Ketika benda tersebut kering maka akan lama untuk disimpan dan tetap bagus walaupun sudah lama.

Pemilihan latar belakang sesuai

Cara ketiga ada beberapa background yang bagus adalah kertas karton, kulit kayu yang halus, kardus dan sebagainya. Menurut kamu ada bahan yang bagus, dicoba saja mungkin indah dan unik hasilnya.

Satukan kolase kamu

Salah satu gambar dan rancang atau tema terlebih dahulu kolase kalian sebelum menempelkan. Susun pada benda-benda yang sudah kamu persiapkan sebelum, maka akan menjadi rancangan yang kalian inginkan.

Tempelkan benda pada posisinya menggunakan lem

Sesuatu yang menempelkan pada benda alami gunakan lem bening. Pastikan bahwa benda-benda tersebut sudah dalam menempel dengan baik pada latar belakang. Jangan pernah teledor karena menyebabkan kerusakan yang massal.

Biarkan mengering

Sebuah karya seni Kolase yang telah kamu buat kini berisi beberapa lapis lem. Berikan waktu jeda agar lem dapat mengering. Supaya benar-benar kering kamu perlu mendiamkan semalaman atau bisa dengan kipas angin dengan kecepatan lambat, supaya merekat.

Contoh Gambar Kolase Alami

Cara Membuat Kolase Bahan alami, membuat kolase mudah, fotografi alami, hasil fotografi, pemandangan alami, model baju

Kolase bahan kain bentuk baju model.

Cara Membuat Kolase Bahan alami, membuat kolase mudah, fotografi alami, hasil fotografi, pemandangan alami, model baju, baju kentang

Kolase bahan kain bentuk baju buah-buahan.

Cara Membuat Kolase Bahan alami, membuat kolase mudah, fotografi alami, hasil fotografi, pemandangan alami, model baju, baju kentang, baju buah-buahan- baju kiwi

Kolase bahan kain bentuk bunga.

Cara Membuat Kolase Bahan alami, membuat kolase mudah, pemandangan bunga indah pemandangan, pemandangan kursi bunga, foto background bunga

Kolase bahan kain bentuk hewan.

Cara Membuat Kolase Bahan alami, membuat kolase mudah, pemandangan hewan lucu, pemandangan berbagai macam hewan, foto background hewan

Mungkin diatas ada beberapa contoh hasil karya kolase dengan bahan alami, ada beberapa bentuk unik dan lucu.

Manfaat Karya Kolase

Semua karya seni pasti memiliki manfaat tersendiri. Begitu juga dengan karya satu ini yang memiliki beberapa manfaat, sebagai berikut:

Manfaat untuk anak-anak

  • Karya seni akan unsur pendidikan yang lengkap bagi perkembangan otak anak, diantaranya bermain dan berkreasi, belajar mengenal geometris dan warna, serta melatih kemampuan motorik halus dan sebagainya.
  • Membantu untuk kemampuan berbahasa dengan jalan anak bisa menjelaskan makna dibalik hasil karyanya kepada guru/orang tua.
  • Melatih atau mendorong kepekaan estetis
  • Berempati pada barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi.

Manfaat untuk lingkungan

  • Suatu manfaat barang-barang yang sudah tidak terpakai (sampah) berarti melakukan gerakan daur ulang.
  • Kebersihan juga lebih terjaga dari bahan-bahan bekas yang dapat menjadi sampah, hingga menjadi suatu karya.

Tips Cara Membuat Kolase

Tips Cara Membuat Kolase, menulis, pekerjaan, semangat,

  • Buatlah kolase sesuai dengan imajinasi dan kreativitas kalian sendiri.
  • Latar belakang kolase harus serasi dengan bagian depan kolase.
  • Hindari menggunakan lem “Gorilla”, lem lengket atau lem panas pada kolase jika Anda menggunakan kertas. Lem tidak akan bekerja seperti lem putih, lem steak dan lem karet.
  • Selalu berhati-hati ketika menggunakan gunting.

Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan dan kenyamanan. Merek dibentuk melalui kesulitan, tantangan dan air mata.

Orang bahagia merencanakan aksi, bukan hasil. Yang dimaksud yaitu orang itu harus membuat aksi untuk menciptakan sebuah karya seni indah, bagus atau unik. Jadi apa yang sudah kalian buat? karya itu banyak macam dan banyak cara tersendiri, tetapi bagaimana cara kamu untuk membuatnya.

Artikel ini membantu Anda untuk lebih maju dalam menciptakan sebuah karya baru, salah satunya sebuha karya seni kolase yang mudah dibuat dengan tangan sendiri. Semoga bermanfaat buat kalian semua yang membaca ini, terima kasih. Enjjooooyyyy!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment