Cara Membuat Mozaik

Cara membuat mozaik – Beberapa orang sudah ada yang faham tentang mozaik. Lalu, apasih yang dimaksud dengan mozaik? yaitu sebuah teknik dekorasi di bidang dengan beberapa kepingan yang berpadu warna pada dinding. Bisa juga dengan media lain, sehingga menghasilkan membentuk salah satu objek gambar.

Mozaik ketika kita dibuat dengan adanya keseriusan dan benar-benar maka akan terjadi menghasilkan sebuah karya gambar mozaik yang sangat unik. Buat kalian tidak ada yang faham tentang pengertian mozaik, cara membuat mozaik, sejarah serta apa contoh-contoh pada mozaik?

Langsung saja kita bahas satu-persatu yukk, cekidot.

Pengertian Mozaik

Pengertian mozaik, cara membuat mozaik, gambar mozaik

Berdasarkan referensi dari ngampus, mozaik merupakan sebuah karya seni dalam rupa dua atau tiga dimensi yang disatukan mengkombinasikan sebuah kepingan material yang dipotong atau dibentuk dengan sedemikian rupa kemudian ditempel sesuai dengan keinginan. Pada material dan potongan bahan mulai dari potongan kertas, potongan kayu, kepingan daun, pecahan kaca, pecahan keramik dan lain-lain.

Berpadu warna dihasilkan dari beberapa bahan kepingan sehingga bisa membentuk sebuah gambar yang diinginkan. Sesudah itu, para kepingan atau potongan dan pecahan bisa di tempel ke media, baik itu kertas kanvas, dinding atau lantai yang telah di gambarkan pola.

Pada umumnya mozaik memiliki ciri khas yaitu dari beberapa bahan yang digunakan serta jenis karyanya bersifat figuratif, still life dan cenderung dengan dekoratif.

Sejarah Mozaik

Sejarah Mozaik, zaman dahulu, history mozaik, cara membuat mozaik, mudah membuatnya

Ternyata karya mozaik ini sudah ada dikenal sejak lama, hingga menjadi bentuk seni populer di beberapa budaya di seluruh dunia. Sejarah dari sebuah mozaik pertama kali diketahui paling awal ditemukan di sebuah kuil Mesopotamia yang berasal dari tahun 3000 SM.

Yunani Kuno dan Bangsa Romawi menyebut setiap potongan yang disusun dalam mozaik dengan sebutan “tesserae“. Berupa batu kecil, kerang, manik-manik, gading atau material lain yang dapat disusun kedalam sebuah karya mozaik.

Dari abad ke-4 hingga Renaissance, karya mozaik bermunculan di daerah basilica atau gereja Katolik di seluruh Italia. Karya-karya halus ini menghiasi langit-langit dan lantai dan biasanya menggambarkan potret orang kudus dan tokoh Alkitab lainnya.

Karya mozaik termasuk dalam salah satu arsitektur Islam awal yang terkenal, yang terbukti sangat populer di abad ke-7 hingga ke-8. Indahnya pada karya ini sering menampilkan bentuk geometris berulang, seperti kecerahan warna, dan pola hiasan atau sering muncul di fasad bangunan.

Perbedaan Kolase dan Mozaik

Perbedaan Kolase dan Mozaik, membuat mozaik, membuat kolase, mudah membuat

Saat pertama kali melihat hasil karya kolase dan mozaik, pastinya memiliki pikiran yang sama karena kedanya hampir mirip dan tidak memiliki perbedaan namun setelah diamati dengan seksama keduanya memang berbeda.

  • Kolase adalah dimana bahan yang dilekatkan dari beragam jenis dan ukuran yang di jadikan membentuk suatu gambar.
  • Mozaik adalah dimana bahan yang dilekatkan dari bahan yang sama ukuran dan jenis dijadikan suatu membentuk suatu gambar.

Tetapi pengertian keduanya sering tertukar dan bikin salah paham. Kolase itu menggabungkan material berbeda yang direkatkan pada bidang permukaan untuk membentuk gambar tertentu, contohnya menyusun gambar rumah dengan menggunakan bahan kain, kertas Koran, ataupun biji-bijian.

Kalau kolase menggabungkan material yang berbeda, jika mozaik mengkombinasikan kepingan atau potongan material, misalnya gelas, keramik, atau logam dengan ukuran yang sama.

Dari sini sudah bisa membedakan antara kolase dan mozaik. Kita lanjut saja lebih mendalam cara membuat mozaik yang mudah, menarik dan unik.

Cara Membuat Mozaik

Cara membuat mozaik, mudah membuat mozaik, gampang membuat

Sebelumnya sudah dijelaskan ketika ingin membuat sebuah karya mozaik harus ada bahan dasarnya. Ketika itu, mempunyai pola dan potongan sudah ditentukan dari sebelumnya. Dengan cara bagaimana untuk membuatnya, langsung saja, gas kuy.

1. Persiapkan alat dan bahan

Sebelum memulai harus ada alat dan bahan, karena kalau tidak ada sama sekali kamu mau membuat apa? bahan yang harus disiapkan antara lain :

  • Tessera yaitu berupa batu kecil, keramik, kaca, kerang, biji-bijian atau material bisa kamu temukan sendiri.
  • Alas untuk tatakan mozaik, bisa berupa kayu, kardus, karton, atau harus dipastikan alas tersebut benar-benar kuat menahan beban.
  • Contoh tema atau pola gambar, hal ini sangat penting karena membuat gambar mozaik yang menarik.
  • Perekat atau lem, kamu bisa menggunakan perekat yang cocok dengan bahan apa yang kamu gunakan. Contohnya seperti lem, semen, nat dan sebagainya.

2. Pilihlah alas untuk menempelkan kepingan bahan mozaik

Sudah dijelaskan, kamu harus memilih lebih detail untuk digunakan dengan melihat bahan yang sudah kalian persiapkan sebelumnya. Lalu bisa letakkan alas di atas permukaan yang cukup keras seperti meja, kursi, lantai, dan sebagainya.

3. Tentukan pola atau tema gambar

Pola, design atau tema dalam gambar untuk membuat mozaik sangat penting karena kamu ingin membentuk apa sebenarnya? Pola-pola gambar sangat banyak sekali tetapi tergantung juga dengan isi hati ingin membuat apa.

4. Transfer design ke alas

Mulailah tangan merancang dan mengatur tata letak tessera sebelum mengoleskan lem atau semen. Pastikan bahan sudah terpotong sesuai ukuran dan potongannya hingga bersih dari kotoran atau serpihan.

5. Ratakan dengan perekat pada pola gambar

Ketika sudah melakukan pemasangan terhadap mozaik jangan lupa di oleskan dengan perekat pada seluruh pola gambar. Dengan adanya takaran yang tidak berlebihan namun cukup untuk melekat semua potongan kecil menjadi mozaik.

6. Tempel dan susun kepingan bahan.

Gunakan satu persatu kepingan bahan mulai dari salah satu sudut design dan kerjakan sesuai urutan baris, jangan lupa perhatikan juga dengan bentuk bahan.

7. Diamkan hingga benar-benar kering

Setelah semua bahan selesai tertempel dengan rata, maka hasil karya mozaik kamu tinggal sedikit lagi selesai, horeee!!. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan bervariasi, tergantung dari bahan dan perekat apa yang kalian gunakan. Anginkan hingga benar-benar kering, dengan cara menyalakan kipas angin berkecepatan kecil.

Contoh Gambar Mozaik

Banyak sekali contoh-contoh gambar mozaik, ntah itu yang mudah, unik, pemandangan, hewan dan lain-lain. Mari kita lihat gambar-gambarnya, yyuuuu kuyyy!!

Gambar mozaik yang mudah

cara membuat mozaik, gambar dinding mozaik, mozaik bunga

Gambar ini diambil dari beberapa gambar yang lain, karena dari mozaik sendiri sudah kelihatan bagus dalam penataanya dan ukuran pada potongan bahan mozaik. Terlihat rapih dan bagus bukan?

Gambar mozaik sederhana

cara membuat mozaik, gambar dinding mozaik ikan, mozaik ikan

Yang dimaksud dari sederhana yaitu tidak banyak  atau mudah untuk membuatnya dan dilihat enak dimata. Diatas adalah contoh gambar yang sederhana

Gambar mozaik unik

cara membuat mozaik, gambar dinding mozaik, mozaik gurita

Tidak komedi saja yang unik atau lucu, karya seni mozaik ini memiliki beberapa keunikan. Salah satunya yakni gambar diatas.

Gambar mozaik hewan

cara membuat mozaik, gambar beruang, mozaik beruang

Pada umumnya setiap anak sekolah sering sekali mengerjakan pr membuat mozaik berbentuk hewan. Karena salah satu kemudahan untuk membuatnya yaitu dengan pola sejenis hewan. Gambar ini salah satu mozaik hewan.

Gambar mozaik burung

cara membuat mozaik, gambar burung, mozaik burung

Khusus untuk pecinta burung cocok sekali nih mozaik yang bergambar burung. Burung ini sangat mirip walaupun dari potongan kertas berkeping-keping. Buat kamu bisa dicobai ketika ada dirumah untuk membuat karya seni ini, ini lah contohnya.

Gambar mozaik ikan

cara membuat mozaik, cara membuat mozaik ikan, ikan

Saya tidak bisa mengubah arah mata angin, namun saya bisa menyesuaikan pelayanan saya untuk selalu menggapai tujuan saya.

Orang bahagia merencanakan aksi, bukan hasil. Yang dimaksud yaitu orang itu harus membuat aksi untuk menciptakan sebuah karya seni indah, bagus atau unik. Jadi apa yang sudah kalian buat? karya itu banyak macam dan banyak cara tersendiri, tetapi bagaimana cara kamu untuk membuatnya.

Artikel ini membantu Anda untuk lebih maju dalam menciptakan sebuah karya baru, salah satunya sebuha karya seni kolase yang mudah dibuat dengan tangan sendiri. Semoga bermanfaat buat kalian semua yang membaca ini, terima kasih. Enjjooooyyyy!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment