Hasil Foto Seperti Profesional? Kenalin 19+ Tips Fotografi Handphone

Fotografi adalah sesuatu yang merupakan seni melukis berupa cahaya atau biasa disebut seni yang bisa menghasilkan foto-foto menarik dan indah. Fotografi sendirilah hal yang tidak gampang-gampang susah.

Di zaman sekarang orang yang berbakat menjadi fotografi memiliki handphone untuk berkerja, sudah ramai dilakukan banyak orang. Perkembangan fitur dalam kamera smartphone membuat kita sulit membedakan mana hasil smartphone dengan kamera digital yang asli.

Tentunya dengan hal itu harus memiliki teknik memotret yang khusus. Bagi Anda yang suka dengan memotret karena iseng atau ingin eksis di medsos dengan keterbatasan gadget fotografi, Anda sangat bisa memanfaatkan handphone Anda dengan mengetahui 19 tips fotografi dalam handphone.

Dibawah ini menjelaskan untuk jepretan yang maksimal.

1. Cari Objek yang Menarik

Cari Objek yang Menarik

Sumber: libriastefvany.weebly.com

Pertama itu ada objek yang menarik sebelum memulai jepretan pada handphone Anda. Meskipun Anda sudah menguasai semua teknik memotret kelas atas dengan bahasa fotografi yang bikin pusing tujuh bintang keliling, percuma saja ketika abjek yang difoto tidak menarik.

Walaupun saja Anda bisa begitu dengan memikirkan bahwa objek foto menjadi salah satu terlihat sangat menarik, tetapi dengan mempermudah lebih baik Anda mencari objek yang menarik dari awal saja yah.

Terus bagaimana caranya? untuk objek menarik tidak harus dengan traveling jauh-jauh, untuk mendapatkan objek kok. Sudah banyak objek-objek disekitar Anda yang terlihat biasa saja di depan mata, tetapi terlihat dengan cantik tambahan bumbu fotografi.

Buat Anda sering-sering melihat karya fotografer lain di sosial media. Supaya Anda bisa stalking akun sosmednya atau melihat hasil karya fotografer kelas atas mesin pencari google terbagus.

2. Cari Objek yang Diam

Cari Objek yang Diam

Sumber: catatanmini.com

Kalau yang pertama itu objek yang menarik untuk menjadi bagus foto jepretan dalam smartphone Anda dan sekarang carilah objek yang diam.

Salah satu kelebihan dalam fisik kamera DSLR yaitu membekukan objek dengan kecepatan yang di atas ( dahsyat ). Hal yang satu ini sudah menentukan berbeda dengan kamera hp. Kalau Anda memaksa kehendak dengan menjepret objek yang bergerak yang ada hanya muncul gambar blur.

Maka dari itu tidaklah mencari objek yang bergerak, cukup mencari yang diam tapi jangan lupakan tips sebelumnya yaitu menarik. Salah satu contoh objek diam itu seperti bunga berwarna cerah, dan pemandangannya sudah cukup unik.

3. Cahaya Merupakan Hal Utama

Cahaya Merupakan Hal Utama

Sumber: gayahiduplite.wordpress.com

Fotografi mempunyai arti yaitu melukis dengan cahaya. Dari sini Anda harus jelas memastikan bahwa memotret dengan keadaan cahaya yang cukup.

Tips yang satu ini menjadi paling utama bagi sensor camera di smartphone karena lebih kecil dibandingkan dari kamera DSLR dan sejenis kameranya

Rahasia cara memotret yang benar dan baik itu tidak jauh dari komposisi cahaya, karena kebanyakan sensor otomatis keterbatasan cahaya yang ditangkap kamera hp lebih sedikit.

Maka dari itu, Anda harus lebih jelas memastikan bahwa memotret itu yang harus ditempat cukup cahaya masuk ke camera.

4. Pegang Handphone dengan Stabil

Pegang Handphone dengan Stabil

Sumber: infosantai.com

Ketika hasil potretan itu terlihat blur atau tampak kabur satu orang pun tidak ada yang menyukai hasil fotonya. Biasanya dampak dari foto yang blur itu disebabkan oleh adanya objek yang bergerak dan tangan yang tidak stabil.

Supaya terlihat bagus hasil potretan Anda maka berlatih lah dengan menggemam handphone dengan 4 jari disetiap sudut dengan stabil. Supaya tangan tidak bergerak dan lebih stabil, Anda bisa menahan nafas beberapa saat ketika ingin memotret.

5. Mendekat dengan Objek

Mendekat dengan Objek

Sumber: Liputan6.com

Ketika tadi sudah dijelaskan bahwa pegang handphone yang benar dan sekarang bagaimana cara menagambil gambar, atau mendekat dengan objek. Tetapi ketika mengambil gambar dan hasilnya jelek berarti Anda kurang dekat dengan objeknya.

Beribu-ribu keuntungan yang Anda dapatkan ketika memperdekat objek. Apabila Anda memotret objek seperti bunga harus diusahakan kurang dari jarak setengah meter yah.

Sesuatu ini akan membantu Anda mendapatkan fokus yang maksimal sehingga objek tersebut difokuskan akan terlihat sangat lebih tajam. Selain itu juga Anda bisa mendapatkan efek dari background kalau situasinya sangat mendukung.

6. Angle adalah segalanya

Angle adalah segalanya

Sumber: lensa.fotokita.net

Ternyata tidak hanya kamera DSLR saja yang dapat menggunakan kamera handphone pun tetap perhatian angle. Karena salah satu foto angle inilah mengapa fotografi dari handphone dapat menyetarai dengan hasil fotografi DLSR.

Ketika Anda ingin memotret salah satu setidaknya Anda sudah membayangkan seperti apa hasilnya nanti ketika sudah di jepret. Cobalah buat Anda sering-sering melihat hasil angle yang unik sehingga Anda bisa mempunyai imajinasi yang luas.

Angle ini lah merupakan trik paling ter-keren dari fotografi dari handphone yang bisa Anda buat dengan foto nampak unik dan menarik.

Baca juga : Arti Candid dalam Fotografi dan Tips Memotret Candid

7. Gunakan Aplikasi Kamera Bawaan Handphone

Gunakan Aplikasi Kamera Bawaan Handphone

Sumber: androbuntu.com

Mengapa harus memakai aplikasi bawaan? Karena memotret dengan aplikasi bawaan itulah pihak ketiga akan mengurangi kualitas foto Anda, memang sudah ditambahkan dengan filter atau efek dari aplikasi tersebut

Kecuali tujuan Anda ingin berselfie-selfie saja. Akan tetapi kalau mau selfie Anda sudah salah besar pengertian, mengapa bisa begitu? karena disini tidak menjelaskan apa itu tips & trik selfie.

Pengecualian kalau Anda ingin menggunakan salah satu aplikasi bawaan khusus fotografi seperti Camera FV-5. Karena dengan adanya aplikasi ini akan mengoptimalkan fungsi dari smartphone Anda dengan adanya tambahan setting yaitu ISO aperture dan lainnya.

8. Tahan Handphone Sampai Kamera Menyimpan Fotonya Ketika Memotret

Tahan Handphone Sampai Kamera Menyimpan Fotonya Ketika Memotret

Sumber: fotografi.adarma.xyz

Saat Anda lagi fokus menyentuh layar handphone untuk memotret, kamera tersebut tidak akan langsung memotret dan kadang-kadang waktu shutternya lambat sehingga harus membutuhkan Anda lebih sabar ketika memotret.

Sangat jelas berbeda jauh dengan camera DLSR atau sejenis itu lah, dimana ketika tangan akan menekan tombol shutter di situlah objek terpotret.

Maka dari itu artikel ini yang menjelaskan tips diatas menyarankan untuk Anda mencari objek yang diam, agar kamera hp dengan setabil shutter lambat tetap bisa mengambil foto yang bagus.

Salah satu penyakit shutter lagi ini karena kelemahan terhadap pada fotografi handphone.

9. Perhatikan Komposisi Foto

Perhatikan Komposisi Foto

Sumber: fotografikeren.net

Salah satu tepenting dalam fotografi adalah komposisi foto, seperti ada kecocokan dalam berfoto, background, warna dan juga garis. Dari pelajaran komposisi ini lah kita bisa belajar fotografi

Dari komposisi inilah kita bisa menilai dari foto yang memiliki arti dan mana yang sekedar jepret biasa. Manfaat dari komposisi merupakan hal yang terpenting kompleks ketika sedang dipelajarin.

Fotografi paling banyak dan paling orang memakai komposisi adalah rule of third.

10. Aktifkan Garis Kisi Pada Kamera Smartphone

Aktifkan Garis Kisi Pada Kamera Smartphone

Sumber: phinemo.com

Mengaktifkan garis kisi pada kamera sangatlah membantu Anda dalam fotografi handphone. Ketika lagi memotret dengan posisi landscape diusahakan karena objek itu tidak tampak selalu ditengah.

Dengan fitur camera ini akan tersedia pada seluruh handphone zaman sekarang. Mungkin zaman dulu Anda tidak mengerti apa itu fungsi dari garis kisi ini. Sekarang Anda sudah mulai faham tentang apa itu garis kini ini  dan membantu Anda dalam menerapkan prinsip rule of third. 

11. Gunakan Mode HDR di Tempat Kontras Cahaya

 Gunakan Mode HDR di Tempat Kontras Cahaya

Sumber: danymahrez.com

Sebelum digunakan dalam memotret alangkah baiknya Anda haru memahami dulu fungsi dari mode HDR sendiri sehingga Anda lebih faham, dan di situasi manakah yang perlu menggunakan mode HDR ini

Biasanya fitur HDR ini sering digunakan ketika memotret dalam kondisi kontras lebih yang lebih tinggi. Misalkan ketika ada teman Anda atau Anda lagi memotret di siang hari  yang terik lalu objeknya itu berada di bagian tertutup bayangan pohon.

Apasih itu yang namanya HDR, ternyata HDR itu singkatan dari High Dynamic Range. 

12. Gunakan Mode Burst

Gunakan Mode Burst

Sumber: akukamu.id

Beberapa tipe-tipe di smartphone telah menyediakan mode burst atau pilihan supaya kamera memotret foto lebih dari satu atau banyak sekaligus.

Agar momen langkah ini nah Anda untuk memyempurnakan bisa juga terpotret dengan baik, jangan ragu untuk memanfaatkan mode burst ini yah.

Sangat beruntung buat Anda hidup pada era dimana kartu memori yang bergiga-giga di bandrol dengan harga cukup murah. Di tambah zaman sekarang banyak handphone yang menawarkan memori internal lebih dari kebutuhan.

13. Gunakan Fitur Mode Manual/Pro

Gunakan Fitur Mode Manual/Pro

Sumber: pricebook.co.id

Zaman-zaman dulu tidak sebanyak kamera handphone yang dibekali dengan mode manual ini. Tetapi semakin kesini berkembangan teknologi, handphone dengan harga 2jutaan kurang sudah banyak yang dibekali dengan fitur.

Fitur yang satu ini lebih mirip seperti simulasi menggunakan kamera DSLR lohh, Anda bisa mengatur ISO, Manual Fokus, White Balance, Shutter Speed, dll.

14. Manfaatkan Fitur Auto Fokus

Manfaatkan Fitur Auto Fokus

Sumber: itoday.co.id

Semua handphone di zaman sekarang pastinya sudah memiliki fitur auto fokus. Dari harga yang murah hingga sampai harga yang tinggi dan pastinya memiliki fitur ini.

Kalau Anda menggunakan fitur ini ketika memotret objek yang jaraknya kurang dari satu meter atau bisa dibilang dengan fotografi macro. Anda akan lebih mudah dalam memotret tanpa harus susah-susah mengatur keseimbangan fokusnya.

Karena adanya dengan fitur ini hanya lah menyentuh objek pada layar handphone dan menekan tombol shutternya. Anda akan mendapatkan hasil potret dengan efek yang bokeh kalau situasinya tepat.

15. Buat Foto Bercerita

Buat Foto Bercerita

Sumber: solotravelerindonesia.com

Salah satu cara fotografi dari handphone supaya menjadi lebih menarik yaitu dengan adanya teknik ini. Foto-foto akan terlihat lebih menarik dan berkesan karena foto seolah-olah orang bercerita.

Ketika orang banyak yang melihat foto Anda potret tersebut mereka akan mengerti makna dibalik karya foto tersebut. Trip satu ini termasuk lebih mudah buat Anda gunakan ketika sedang traveling jauh atau jalan-jalan. Kebanyakan trik ini disebut dengan sebutan human interest.

16. Sigap Tangkap Momen Berharga

 Sigap Tangkap Momen Berharga

Sumber: snapshot.canon-asia.com

Trik satu ini berkerabat erat dengan tips yang sebelumnya yaitu membuat foto bercerita. Dengan adannya foto bercerita dan menampilkan makna tergantung dengan momen yang Anda potret.

Supaya selalu untuk menangkap momen-momen yang menarik dan langkah, cobalah untuk mengamati kondisi ini di sekeliling Anda. Janganlah terlalu terpaku dengan layar pada gadget dan berhaha-hihi di media sosial.

Smartphome Anda memiliki nilai tambahanan karena bobotnya sangat ringan dan selalu dibawa kemanapun Anda pergih, tidak pernah ditinggalkan. Dengan begitu Anda akan lebih sigap-sigap ketika ingin memotret momen yang langkah ini.

17. Gunakan Tripod

Gunakan Tripod

Sumber: dailysocial.id

Tripod bukan termasuk hal mendesak sih dalam fotografi dari handphone ini. Hanyalah kalau Anda ingin sekali membuat foto sejenis dengan light painting atau speed light trail dengan handphone tripod ini menjadi hal yang Anda butuhkan.

Meski dengan begitu supaya mendapatkan hasil foto yang memuaskan seperti Anda butuhkan aplikasi khusus yang memberikan kelebihan yaitu mengatur segitiga fotografi terutama mengatur dalam shutter speed.

18. Lensa Tambahan

Sumber: jalantikus.com

Bukan kamera DLSR saja yang bisa menggunakan lensa tambahan. Ternyata saat ini sudah banyak yang menjual lensa khusus kamera handphone, fungsi lensa tambahan ini yaitu dapat memberi efek tertentu pada hasil foto.

Hanya saja kualitas lensa ini yang banyak dijual rata-rata kurang memuas, tidak sebagus lensa kamera. Sebenarnya lensa tambahan pada kamera handphone ini tidak terlalu diperlukan.

Lebih bagus Anda menggunakan apa yang tersedia pada handphone Anda sendiri, dengan semaksimal mungkin.

19. Proses Editing

Proses Editing Hasil Fotografi

Sumber: jalantikus.com

Jangan pernah meremahkan proses editing ini, karena kelebihan editing ini muka seseorang yang tampak absurd bisa menjadi sangat menawan dengan proses editing.

Editing dalam artikel ini bukan yang dimaksud seperti itu, melainkan mengedit komposisi dalam foto tersebut.

Ketika Anda memotret mungkin sekilas Anda lihat bagus atau tidak, tetapi pendapat orang lain belum tentu sama denganmu. Maka dari itu cobalah untuk mengedit sedikit demi sedikit hasil fotomu agar terlihat lebih menarik.

Diusahakan dalam berfoto tampilan se simpel mungkin, karena sesuatu yang berlebihan akan terlihat norak bahkan bisa disebut jelek. Anda bisa menggunakan aplikasi ini snapseed untuk membuat foto menjadi lebih menarik.

20. Sering Berlatih

Sering Berlatih

Sumber: daily.oktagon.co.id

Dari semua pengetahuan yang sudah dijelaskan di atas kalau kita sendiri tidak pernah berlatih sama saja bohong.

Kunci dari kesuksesan itu tergantung dari segalanya yaitu “sering berlatih” karena seluas apapun dan sepintar apapun pengetahuan kita kalau tidak ada praktek atau jarang yaa percuma saja.

Sering-seringlah berlatih karena akan membantu Anda lebih ahli dalam menguasai teknik fotografi dari handphone ini. Janganlah hanya sekedar membaca saja tetapi tidak ada usaha, teruslah berburu foto supaya skill dalam fotografi handphone semakin terasah.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment