Penyebab Gigi Berlubang dan Mengobati Gigi Berlubang

Kita semua tidak mau yang namanya sakit gigi, yang namanya sakit gigi itu lebih sakit dari pada sakit hati. Untuk bernafas saja tak sedep, gigi yang berlubang rasanya nyut-nyutan lebih sakit dari pada luka luar.

Gigi yang berlubang bisa kehilangan gigi seumur hidup, yang namanya ngerasain sakit itu maunya berobat, tetapi berobat gigi itu tidak murah dengan berobat sakit panas.

Sakit gigi / gigi yang berlubang tidak memandang anak-anak dan orang dewasa, kerusakan gigi dapat terjadi di usia kapanpun.

Artikel ini menjelaskan Penyebab Gigi Berlubang dan Mengobati Gigi Berlubang. Mungkin kalian makin penasaran, langsung saja kita simak penjelasan artikel ini.

Kalian semua ingin menghindari kerusakan gigi, karena dapat menyebabkan rasa sakit, nafas tak sedap dan gigi jadi berlubang bahkan kehilangan gigi. kondisi umum dan ketika biasanya berpengaruh kepada anak-anak dan orang dewasa, kerusakan gigi dapat terjadi di semua usia.

Apakah Kerusakan Gigi Itu dan Bagaimana Bisa Terjadi?

akibat gigi berlubang tidak dicabut

Sumber: gigiku.id

Kerusakan gigi bisa terjadi makanan / minuman yang banyak mengandung gula, jika gigi sudah merasakan sakit yang cukup dasyat itu adalah bibid dari kerusakan pada gigi.

Proses terjadinya berlubang jika gigi yang sakit dan dibiarkan tak diobati, maka itu akan menimbulkan lubang pada gigi.

Apabila Anda sering mengonsumsi makanan bergula atau bertepung, mungkin Anda akan mengalami sakit gigi yang dinamakan plak.

Bakteri yang bertumpuk  di dalam mulut dan membentuk substansi lengket yang dinamakan plak, plak yang menempel pada gigi apabila di biarkan, cepet atau lambat akan mengeras menjadi tarta (karang gigi).

Bakteri pada plak, atau tarta (karang gigi), memproduksi asam yang akan mendemineralisasi email luar dan keras gigi pada Anda. Ini akan menghasilkan titik halus atau yang disebut Gigi Berlubang.

Jika lubang ini semakin dalam, maka dapat dihasilkan menembus lapisan dalam gigi yang lebih halus. Jika menembus lebih dalam lagi, sehingga bisa menjangkau tepat ke pulpa gigi.

Bentuk kerusakan gigi yang parah ini dapat terasa sangat dasyat menyakitkan dan menyebabkan kehilangan gigi.

Apa Saja Gejala-Gejala Kerusakan Pada Gigi?

Secara mata Gigi Berlubang kadang hanya terlihat sebagai titik hitam atau cokelat tapi seringkali tampak jelas sebagai lubang pada X-ray.

Karena itu jangan dilewatkan pemeriksaan gigi rutin. Apa saja gejala-gejala yang mungkin menandakan bahwa Anda mengalami kerusakan pada gigi adalah:

  • Bernafas saja tak sedap terus menerus atau rasa tak enak di mulut.
  • Gigi sensitif.
  • Rasa sakit yang ditimbulkan oleh adanya kontak dengan makanan atau minuman panas, dingin dan bergula.
  • Noda putih pucat pada gigi.

Merawat Kerusakan Gigi dan Gigi Berlubang

Tergantung pada tingkat keparahan gigi Anda. Dokter gigi mengatakan, Anda mungkin akan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memberikan pasta gigi dan pernis fluoride – hal ini hanya akan efektif sebagai pencegahan atau jiga lubangnya masih sangat kecil
  • Mengganti bagian gigi yang rusak dengan menambal, memasang mahkota atau topi gigi, tergantung pada besar dan dalamnya lubang yang di alaminya.
  • Melakukan perawatan saluran akar jika saraf giginya meradang. Hal ini termasuk menghilangkan bakteri dari akar, menutup rapat pada lubang gigi tersebut dan menambalnya, serta membuatkan mahkota tiruan jika dibutuhkan.

Cara Mencegah Kerusakan Gigi dan Gigi Berlubang

Cara paling mudah dan paling efektif mencegah kerusakan pada gigi Anda adalah dengan mencegah penimbunan plak. Karena plak terbentuk secara konstan, maka pentingnya kita untuk terus memberisihkannya setiap hati.

Karenanya penting untuk terus melakukan rutinitas kesehatan mulut dengan ketat:

  • Mengurangi minuman bergula dan makanan bertepung.
  • Gosoklah gigi setidaknya 2kali sehari selama minimal dua menit setiap waktunya.
  • Pertimbangan untuk memakai dental sealant (lapisan pelindung yang ditempelkan pada permukaan pengunyah gigi belakang).
  • Gunakan pasta gigi Pepsodent yang mengandung flouride dan dirancang khusus untuk mengangkat plak dan mencegah kerusakan gigi.
  • Pastikan untuk memakai floss setidaknya sekali sehari. Sangatlah penting untuk membersihkan area-area di antara gigi yang sulit dijangkau, dimana partikel makan tersangkut dan menyebabkan penmbunan bakteri.
  • Dan terakhir, berkumurlah dengan mounthwash Pepsodent.

8 Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami

Mencegah lebih baik, dari pada mengobati. Belum ada kata terlambat, mungkin kali ini Anda lagi merasakan sakit gigi yang cukup dasyat. Sampai kali ini Anda mau ngapa-ngapainpun males karna dari sakit gigi tersebut

Mungkin ini ada 8 cara untuk mengobati gigi Anda yang alami dan mudah di temukan di sekitar anda.

1. Bawang Putih

perawatan gigi berlubang

Sumber: gigiku.id

Bawang Putih berfungsi sebagai anti bakteri dan direkomendasikan untuk mengatasi gigi berlubang. Selain itu, manfaat bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dan membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat.

Cara pemakainnya cukup mudah, dengan cara menumbuk halus 1 siung bawah putih dengan sedikit garam lalu ditempelkan pada gigi yang sakit.

2. Garam

ulat pada gigi berlubang

Sumber: garam.com

Garam dapat digunakan sebagai mengobati sakit gigi Anda. Garam dapat mengandung sodium yang tinggi dapat membasmi antiseptik dan antibakteri penyebab gigi berlubang.

Anda bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur-kumur alami untuk mengurangi peredangan serta nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di mulut.

Cara pemakainnya cukup mudah, Masukkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut, gunakan sebagai obat kumur setiap kali anda selesai sikat gigi agar bakteri di mulut anda dapat dibasmi sampai bersih.


3. Jeruk nipis & Lemon

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya

Sumber: lemonlime.com

Asam dalam jeruk nipis & lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbar. Selain lemon dan jeruk nitip juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab sakit gigi berlubang.

Cara pemakainnya cukup mudah, peras 2buah lemon / jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu di gunakan berkumur-mukur hingga bersih.


4. Cengkeh

gigi berlubang besar

Sumber: lugualami.net

Cengkeh salah satu dari bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Cengkeh bersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri membuat cengkeh menjadi salah satu bahan yang penting untuk mengatasi masalah sakit gigi.

Tak hanya itu saja, cengkeh juga mampu mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi berlubang.

Cara pemakainnya cukup mudah, dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Cara kedua bisa digunakan 2 larutan atau 3 tetes minyak cengkeh dengan ¼ sendok teh minyak biji wijen. Celupkan kapas bersih pada larutan tersebut dan tepuk-tepuk pada gigi yang berlubang. Lakukan pengobatan ini pada malam hari sebelum Anda tidur.

5. Oil pulling

menambal gigi berlubang sendiri

Sumber: gigiku.id

Oil pulling suatu teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayuverdic – berasal dari budaya India, ini telah digunakan berapa tahun yang lalu. Manfaat dari oil pulling yang ditawarkan berupa oral detoksifikasi.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau mintak zaitun berkumur-kumur dengan teknik minyak.

Cara pemakainnya adalah:

  • Ambil satu sendok makan salah satu minyak yang udah direkomendasikan di atas
  • Gunakan berkumur selama 20 menit
  • Bersihkan mulut Anda dengan air hangat, bisa di campurkan garam ke dalam air
  • Sikat gigi seperti biasa
  • sebaiknya dilakukan pada pagi hari, ketika perut belum diisi apapun. (masih kosong)

6. Daun Jambu biji

cara mengatasi gigi berlubang

Sumber: go-dok.com

Daun Jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut Anda.

Selain itu daun jambu biji juga efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, analgesi, dan antiiflamasi yang kuat.

Anda bisa mengelolaannya hanya mengunyah jambu biji. Atau Anda bisa merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

7. Serai

gigi berlubang parah busuk

Sumber: halosehat.com

Manfaat serai dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Selain itu serai juga dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi Anda.

Caranya sangat mudah sekali, cukup merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

8. Daun Sirih

penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya

Sumber: dedaunan.com

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti sangat ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi. Apakah kalian pernah melihat nenek atau kakek Anda mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah.

Yang mereka kunyah adalah daun sirih yang sudah jadi tradisi. Daun sirih mempunyai manfaat yang baik yaitu berguna sebagai penguat gigi.

Menghentikan pendarahan pada gusi, antiseptik alami, dan juga menghilangkan bau mulut. Anda bisa menirukan dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

Penyesalan Datangnya Terakhir

Rawatlah gigi Anda sebelum terlambat. Banyak orang-orang dewasa maupun remaja giginya sudah rusah atau bolong, hanya gara-gara hal sepele.

Apa lagi kalo gigi Anda sudah di serang oleh penyakit gigi, apa lagi kalau gigi kamu sampai hitam, rusak dan bolong, tidak akan ada orang satupun yang akan melihat Anda tersenyum/ tertawa, karena gigimu yang rusak tersebut.

Semoga Anda membaca Artikel ini bisa lebih baik lagi dengan gigi Anda.

“Sayangilah Gigimu, Sebagaimana Menyangi Orang Tua Mu”

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment