23+ Jajanan Pasar yang Masih Eksis Meski Zaman Sudah Berubah

Indonesia itu sangatlah kaya. Salah satu kekayaan di Indonesia yaitu alam dan kebudayaannya, tetapi kulinernya juga salah satunya. Salah satu kekayaan di Indonesia yaitu kuliner yang terlihat dari aneka jajanan pasar yang dimilikinya.

Di zaman yang sudah berubah ini tetapi masih ada nama-nama makanan yang tak punah. Jenisanya pun sangat beragam, mulai dari yang rasanya manis, pedas, dan gurih.

Hingga sampe kini, jajanan pasar masih banyak dicari oleh orang-orang yang mencintai kuliner. Bukan untuk cemilan pribadi saja atau keluarga tetapi juga untuk suguhan para tamu pada hari-hari besar.

Mungkin Anda penasaran, langsung saja beberapa jajanan pasar yang masih eksis meski zaman sudah berubah!!.

1. Jajanan Pasar Putu

22 resep jajanan pasar terpopuler

Sumber: ngalam.co

Kue putu adalah kue yang bahan dasarnya tepung beras butiran kasar, parutan kelapa dan didalamnya terdapat gula jawa.

Kue putu ini bukan di masak tetapi dikukus diletakkan bambu yang dipadatkan dan terdapat angin tiupan uap yang lewat dari bambu ini yang salah satu khas orang menjual putu yang bunyinya “nyuuuuuuuttt“.

Kebanyakan orang yang menjual kue putu ini dengan keadaan matahari terbenam hingga larut malem karna orangnya mau jualannya di jam-jam segitu.

2. Kue Putu Ayu

22 resep jajanan pasar terpopuler

Sumber: Vemale.com

Orang Indonesia sangatlah kreatif kuliner yang telah melahirkan kue putu ayu. Kalo dibandingkan dengan kue putu, kue putu ayu ternyata bisa tahan lama dan biasa dijual di banyak toko kue.

Kue putu ayu banyak sekali model cetakkannya tetapi salah satunya membentuk seperti bunga. Penampilannya sangat bagus dan warnya yang cantik menjadi dasar namanya kue putu ayu.

Tekstur dan rasanya agak beda jauh dengan putu bambu. Putu bambu itu sangat kepyar (mudah tercerai-berai), sedangkan putu ayu itu lebih padu dengan tekstur mirip dengan kue bolu, ini alasannya orang yang suka dengan putu ayu.

Baca juga : 10 Jajanan Anak SD yang Terkenal Murah dan Enak

3. Jajanan Pasar Kue Mangkok

resep kue jajanan pasar terlaris

Sumber: cookpad.com

Kue magkok adalah makanan zaman nene moyang kita yang sekarang masih eksis sampe sekarang. Kue ini sangat mudah dibuat karna bahannya terdapat tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus.

Keunikan dari kue ini bentuknya seperti mangkok dan mekar pada ujungnya, kue yang biasa dijual di pasar tradisional ini diperkenalkan oleh Tiongkok selatan dan imigrasi, yang kemudian mengalami indigenisasi.

4. Kue Muffin

resep jajanan pasar murah meriah

Sumber: selerasa.com

Banyak negara-negara berupa eropa lainnya yang jajanan pasar seperti muffin menjadi jajanan pasar tradisional yang sangat umum.

Namun, negara atau tanah air cinta Indonesia kita ini kue seperti ini masih banyak dijadikan kue camilan ketika lagi santai di sore hari. Kue ini sangat cocok untuk mengganjel perut apabilla tidak sempat sarapan di pagi hari.

Bukan dari luarnya saja yang bikin ngiler ternyata kue yang satu ini isian yang bisa kita pilih sendiri, yaitu: choco chips, keju, daging asap, serutan wortel, dan kismis yang rasanya tentu sangat enak-enak.

5. Kue Bikang

 aneka jajanan pasar modern

Sumber: kuepraktis.yaho-mart.com

Kue Bikang adalah salah satu jenis olahan yang dikenal luas diseluruh nusantara. Di Jawa khususnya Jawa Tengah banyak sekali orang mengenal kue ini dengan nama Coro Bikan  atau Coro Bikang.

Jajanan pasar ini pada umumnya berwarna merah muda, putih, coklat dan hijau yang berbentuk bundar dan seperti mengembang di tengahnya. Bukan dari luarnya saja yang menarik tetapi rasanya juga menompol loh, bikin ketagihan!!.

Baca juga : 12 Jajanan Anak Sekolah yang Bikin Kamu Kangenin Ketika Lulus

6. Kue Pandan Bolu

jajanan pasar kekinian

Sumber: vebma.com

Kue pandan bolu yang mengambang sempurna tentunya enak dilihat, tetapi bagaimana cara Anda membuatnya. Mungkin kali ini saya akan sedikit kasih tips untuk Anda yang ingin membuatnya.

Ingat pastikan memakai telur bersuhu ruangan khusus (jangan baru dikeluarkan dari lemari es), kemudian kocok telur sampai benar-benar mengembang barulah dicampur dengan bahan kering lainnya yang sudah Anda siapkan.

Selain itu, janganlah sampai lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu sebelum adonan siap diganggang kurang lebih 5 menit. Jangan sampai biarkan adonan yang siap dipanggang terlalu lama berada di suhu ruangan, (penyebab bantat).

Mungkin hal ini sepele bagi Anda tapi ini hal yang akan menyebabkan adonan turun dan mengalami bantat ketika saat sudah matang. Di jamin mendapatkan balu pandan yang bagus dengan mengembang sepurna dan berteksur sangat lembut.

7. Jajanan Pasar Kue Lapis

aneka jajanan pasar yang mudah dibuat

Sumber: mommyasia.id

Banyak orang yang mengenal kue ini dengan sebutan kue lapis karena biasanya kue ini terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Kue ini sudah banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.

Keunikan dari kue ini yaitu dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Makanan ini dijamin enak dan sehat karena pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami.

Pewarna yang sudah pasaran atau sudah banyak orang bikinya dengan pewarna sirup bunga mawar (merah) dan pandan (hijau).

8. Kue Lapis Legit

jajanan pasar kekinian

Sumber: okebandung.com

Kue lapis legit namanya kue yang dimana sangat enak dan jenis kue basah yang bentuknya berlapis-lapis dengan aroma bumbu yang harum. Kue ini sangat gampang dibuat  karna dari bahan dasarnya yaitu tepung dan telur.

Memang membuat kue legit membutuhkan sebuah sedikit ketelitian dalam membuatnnya, karena kue ini memiliki 3 lapisan yang setiap setiap lapisan tersebut cara masaknya berbeda.

Dari keunikan dari tubuh kue lapis legit ini ternyata menyimpan rasa yang sangat indah apabila sudah didalem mulut, sampe-sampe mulut tidak bisa diem.

9. Jajanan Pasar Getuk

 jajanan pasar dari singkong

Sumber: kueresep.com

Getuk salah satu makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, getuk ini berbahan utama ketela pohon atau singkong.

Cara membuat getuk tergolong sangat mudah, karena hanya dengan merebus singkong kemudian setelah sudah mateng tambahkan garam dan gula yang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling. Lalu untuk penghidangan biasanya ditaburkan dengan parutan buah kelapa.

10. Getuk Lindri

 jajanan pasar dari singkong

Sumber: resepsedapku.com

Getuk lindri sebenernya sama dengan getuk biasa, karena zaman semakin moderen keluarlah getuk lindri hanya sedikit variasi saja.

Dibuatnya sangat mudah dengan cara singkong digiling hingga halus ditambah gula pasir, kemudian dibubuhi pewarna makanan dan vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil tetapi memanjang dan dirapatkan.

Memanjang ini serupa dengan mie hingga berbentuk memanjang dengan ketebalan sekitar 2cm dan lebar 4cm, setelah itu dipotong-potong berbentuk panjang sekitar 5cm dan lebarnya 4cm.

Baca juga : 11 Jajanan Kekinian Cocok Buat Ngumpul Bareng Sahabat

11.  Jajanan Pasar Wajik

aneka jajanan pasar modern

Sumber: menjualkerupuk.com

Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Orang Sumatra nyebut kue wajik disebut puluh manis.

Zaman yang sekarang berbeda dengan zaman dulu sampai sampai wajik sekarang memiliki varian, namun yang sangat terkenal adalah wajik ketan.

Wajik ketan terbuat ya dari beras ketan lah yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula merah sehingga berminyak dan terasa sangat lembut.

Setelah mateng lalu diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris dalam bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk dari belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik.

12. Wajik Kletik

aneka jajanan pasar modern

Sumber: menjualkrupuk.com

Inilah contoh varian lain dari kue wajik. Wajik kletik berasal dari daerah Blitar. Bahan utama wajik kletik juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan. Bedanya dengan wajik biasa yaitu wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot.

Unikya dari bungkus wajik ini dengan kulit jagung yang disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama dari pada wajik biasa.

Itulah ulasan-ulasan jajanan pasar yang masih eksis meski zaman sudah berubah!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment