16 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Tanpa Harus ke Dokter

Banyak orang yang menyepelekan karang gigi, tetapi gigi dan mulut adalah gerbang utama masuknya kuman. Kebanyakan orang yang baru datang ke dokter gigi setelah mengalami sakit gigi atau ketika punya masalah bau mulut.

Orang Indonesia sudah banyak yang mengalami karang pada gigi, salah satunya masalah gigi yang disepelekan, tapi bisa berbahaya jika didiamkan begitu saja.

Tapi bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang sudah membandel tanpa harus ke dokter gigi? Apakah itu aman? Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter, ada baiknya simak artikel ini 8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Tanpa Harus ke Dokter.

Apasih itu Karang Gigi?

 penyebab karang gigi

Sumber: gigiku.id

Karang gigi atau dalam bahasa medis disebut dengan dental calculus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi.

Karang gigi yang memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket, ini akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti penyakit radang pada gusi.

Penyebab dari karang gigi bisa dari penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap. Dari sisa makanan ini menempel pada gigi dalam jangka waktu lama hingga akhirnya mengeras membentuk karang gigi.

Sudah banyak anak-anak yang terkena karang gigi dan akan semakin meningkat risikonya seiring bertambahnya usia. Tidak hanya mengancam kesehatan saja, karang gigi akan membuat Anda tidak percaya diri. Karang gigi akan menyebabkan baunya pada mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Membandel?

cara membersihkan karang gigi sendiri

Sumber: gigiku.id

Biasanya karang gigi terbentuk di atas atau garis gusi pada gigi Anda. Cara untuk membersihkan karang gigi berbeda dengan plak yang bisa dibersihkan hanya dengan gosok gigi saja.

Membersihkan karang gigi dilakukan dengan alat yang disebut dengan medis adalah ultrasonic scaler. Kegiatan memberiskan karang pada gigi ini dinamakan scaling gigi yang hanya dilakukan oleh dokter gigi. Dengan scaling gigi, karang gigi yang sangat keras bisa hilang sekaligus.

Alat khusus ini berkerja sangat detail sekali membersihkan karang gigi, dari sela-sela hingga bagian terdalam gigi. Scaling gigi cara menghilang karang gigi dari bagian garis gusi yang biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Lebih baik membersihkan karang gigi dengan scaling biasanya dilakukan minimal enam bulan sekali. inilah mengapa memeriksa gigi rutin dan teratur enam bulan sekali itu sangat lah penting.

Akan menjadi masalah serius ketika kita sedang berbicara dengan orang lain Anda harus menutup mulut Anda atau membuat orang lain merasakan tidak nyaman karena bau mulut Anda. Langsung simak saja 8 cara menghilangkan karang gigi secara alami.

1. Mengunyah Daun Sirih

obat karang gigi

Sumber: dedaunan.com

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti sangat ampuh sebagai cara mengobati gigi contohnya gigi berlubang dan menghilangkan karang gigi. Apakah Anda pernah melihat nenek atau kakek yang sedang mengunyah tetapi mulutnya berwarna merah?

Ya memang mereka lagi mengunyah daun sirih yang sudah jadi tradisi. Bukan hanya menghilangkan karang pada gigi saja, ternyata daun sirih mempunyai manfaat yang baik yaitu berguna sebagai penguat gigi.

Manfaat dari daun sirih adalah menghentikan pendarahan pada gusi, antiseptik alami, dan juga menghilangkan bau mulut. Anda bisa mencoba dengan cara dikunyah atau di rebus kemudian digunakan untuk berkumur.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

karang gigi lepas sendiri

Sumber: halosehat.com

Semua orang sudah mengetahui dari buah dan sayur memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, demikan pula bagus untuk mulut. Untuk menghilangkan karang pada gigi bisa mengunyah buah atau sayur secara rutin.

Anda dapat menghilangkan karang gigi, apa lagi apel, wortel, melon, dan seledri. Selain itu untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tak sedappun dapat berkurang karna dari mengonsumsi buah dan sayuran.

3. Minyak Kelapa

karang gigi in english

Sumber: arrozak.com

Minyak kelapa salah satu bahan minyak yang bisa dijadikan obat kumur yang berfungsi sebagai obat karang gigi dan bisa dipakai juga untuk mengatasi perubahan warna gigi. Memang rasanya tidak enak, tetapi minyak ini terbukti efektif mengembalikan warna gigi.

Efek yang Anda alami tidak akan seefektif “bleaching” yang dilakukan dengan alat khusus atau langsung dari dokter gigi, tapi kandungan senyawa asam laurat dalam minyak kelapa dapat membasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning.

4. Baking Soda

cara membersihkan karang gigi dengan garam

Sumber: arrozak.com

Baking soda punya tekstur yang kasar sehingga bisa membantu angkat noda yang menempel di gigi Anda. Baking soda memiliki sifat basa juga bisa menetralkan asam di mulut akibat sisa makanan dan bakteri yang bisa merusak enamel gigi.

Baking soda juga dapat bertindak sebagain agen penyeimbang asam dari jus lemon, yang berfungsi sebagai pemutih gigi. Anda juga dapat bergantian menggunakan jus lemon dan air putih sebagai pelarut baking soda tiap hari sekali untuk menghindari kerusakan gigi.

5. Menggunakan Kulit Jeruk

karang gigi hitam

Sumber: arrozak.com

Cara yang paling sederhana menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat selanjutnya dengan menggunakan kulit jeruk.

Jeruk merupakan buah dengan banyak vitamin dan nutrisi. Vitamin yang terdapat dalam jeruk adalah vitamin C juga baik untuk kesehatan mulut Anda, oleh karena itu Anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C sebagai pasta gigi.

Caranya sangat mudah sekali, sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, terlebih dahulu dibersihkan kulit jeruknya. Lalu digosokkan langsung pada gigi yang berkarang. Gosok sampai rata dan bersih.

Jangan langsung berkumur dengan air putih, biarkan semalaman. Esok harinya baru berkumur dengan air putih. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang memuaskan.

6. Keju

obat karang gigi

channel-e.id

Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa dengan mengunyah keju ternyata ada manfaat melunakan karang gigi dan mencegahnya datang kembali.

Keju juga memiliki kandungan aktif yang memproduksi asam dengan tingat yang sama sehingga pelunakan karang gigi jauh lebih mudah

7. Cengkeh

karang gigi hitam

Sumber: hallosehat.com

Cengkeh salah satu obat alami yang bisa mengobati sakit gigi, cengkeh juga kaya akan senyawa anti plak yang bisa membantu mengurangi pembentukan plak serta mengurangi peradangan pada gusi.

Caranya sangat mudah sekali kalaw Anda ingin memakainya, hanya menghaluskan beberapa butir cengkeh kemudian campurkan dengan minyak zaitun untuk membentuk pasta yang nantinya akan digunakan untuk menggosok gigi.

8. Lidah Buaya

cara membersihkan karang gigi dengan garam

Sumber: journal.sociolla.com

Salah satu bahan alami dengan gel ini bukan hanya memiliki khasiat saja, khasiat yang banyak bagi kecantikan, namun juga bermanfaat untuk kesehatan gigi.

Gel yang ada di lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan karang yang cukup parah.

Cara pemakainya cukup gampang, oleskan saja gel lidah buaya pada gigi yang berkarang, diamkan selama beberapa menit kemudian kumur dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan setiap hari agar hasil yang memuaskan

Semoga gigi Anda bisa terlihat bersih ketika mencoba cara menghilangkan karang dengan cara alami dan pastinya Anda ngobrol sama orang lain tidak malu karena dari gigi karang Anda sudah menghilang dan nafas dari mulut Anda sudah lega bersih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment