Kerajinan Tangan Dari Bambu

Kerajinan tangan dari bambu – Kalian tidak menyadari bahwa para leluhur Bangsa Indonesia kita yang sering memanfaatkan bambu untuk kehidupan sehari-hari di zaman penjajahan. Begitu dengan zaman sekarang, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari sebutir nasi atau mencari usaha.

Segala sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan se kreatif mungkin hingga bisa dijual. Kerajinan tangan dari bambu yang memiliki nilai fungsi estetika yang tinggi.

Banyak sekali karya-karya yang bisa Anda buat se kreatif mungkin, berikut beberapa hasil karya dari bambu. Scrol kebawah yaahhh untuk info lebih lanjut, cekidot.

Kerajinan Tangan dari Bambu dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari bambu sudah banyak sekali yang mengolahnya sehingga karya tersebut terkenal di Internasional. Oleh karena itu, kami disini ingin memberikan beberapa contoh kerajinan tangan dan miniatur dari bahan dasar bambu.

Apabila hasil dari kalian berkualitas tinggi Anda bisa menghias ruangan atau diperjualbelikan ke Nasional maupun Internasional.

Meja dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, meja dan kursi

Sumber: canva.com

Pertama hasil kerajinan tangan dari bambu ada sebuah meja. Sangat bagus dan unik bukan? kreatif sekali pengrajin tersebut? Sebenarnya, meja dari bambu ini sangat cantik dan cocok untuk dijadikan pajangan. Sudah banyak orang yang diluar sana membuat meja dari bambu ini.

Meja ini dari beberapa potongan-potongan bambu, dan disusun menjadi rapih. Untuk Anda yang ingin membuat seperti gambar diatas harus menyiapkan bahan dan alatnya, yaitu

Alat dan Bahan:

  1. Bambu (ukuran sesuai dengan keinginan Anda, intinya jangan terlalu tinggi).
  2. Gergaji.
  3. Cat.
  4. Lem.
  5. Tali tambang.
  6. aksesoris lainnya.

Cara Membuatnya:

  1. Pertama-tama Anda harus memotong bahan dasar yaitu bambu, memotong menjadi berbagai bentuk sesuai dengan benda yang nanti Anda buat.
  2. Langkah kedua dengan cara di amplas atau dihaluskan dari rambut kecil bahan dasar tersebut, supaya tidak bahaya dan amat di sentuh.
  3. Setelah melalui penghalusan dari rambut halus, kemudian susun bambu menjadi bentuk yang kamu suka dan inginkan atau contoh diatas.
  4. Langkah selanjutnya Anda harus sambung menyambung susunan bambu ini menjadi satu dengan menggunakan lem.
  5. Setelah itu ikat kembali menggunakan tali tambang, supaya tambah kuat dan erat dari bambu ke bambu yang lain.
  6. Setelah selesai mengikat dari satu ke yang lain, biasa menambahkan hiasan atau dekorasi seperti di cat.
  7. Satu demi satu dengan cara yang mudah dilalui akhirnya miniatur meja unik Anda selesai sudah siap dipajang dan dipamerkan.

Ayunan dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, ayunan

Sumber: canva.com

Hasil karya selanjutnya ada ayunan yang terbuat dari bambu. Tentunya kerajinan semacam ini berguna sekali untuk kaum yang malas gerak, karena ayunan terbuat dari bambu alam sangatlah aman dan menghilangkan strees.

Hasil karya satu ini tentunya menjadi salah satu dekorasi taman yang asik dan unik. Bukan itu saja, semacam ini sangat menarik untuk anak dan saudara Anda untuk mencobanya.

Bukan itu saja bung, ayunan dari bahan bambu ini bisa menghasilkan nilai jual yang tinggi, bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Jadi ingin membuatnya? Kalian bisa menggunakan cara dibawah ini.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu besar (semakin besar semakin kuat).
  2. Gergaji
  3. Lem
  4. Tali tambang.
  5. Cat khusus untuk mengkilapkan bambu.

Cara Membuatnya:

  1. Cara pertama pilihlah bambu yang besar dan kuat, bertujuan untuk alas dari ayunan.
  2. Siapkan bambu besar dan kuat sekitar 6-8 buah bambu.
  3. Ikatlah antara bambu ke bambu yang lain atau dengan cara di lem.
  4. Setelah itu, membuat ayunan atau tali tambang, diikat kuat dengan bambu atau di lem.
  5. Jangan lupa untuk mempercantik ayunan di cat supaya mengkilat.
  6. Setelah itu ikatkan pada penahan seperti pohon atau tiang lainnya. Dan ayunanpun dah jadi.

Lonceng dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, lonceng

Sumber: canva.com

Selanjutnya ada sebuah barang yang memiliki suara khas yaitu klung, klung, klung, apakah itu? ya suara itu dinamakan lonceng dari bambu. Mungkin nama ini asing di telinga Anda, bahwa lonceng itu biasanya terbuat dari besi, logam, baja dan kini terbuat dari bambu.

Yah, bahan dasar dari bambu yang membuat barang ini unik dan memiliki nilai alamnya. Bagaimana keren bukan salah satu karya ini? hasil karya ini bisa dijadikan sebuah bisnis. Untuk Anda yang ingin membuatnya bisa menggunakan cara di bawah ini.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu.
  2. Pisau.
  3. Gergaji.
  4. Bor listrik.
  5. Batok kelapa.
  6. Amplas.
  7. Husting.
  8. Tali.

Cara Membuatnya:

  1. Cara pertama Anda harus memilih bambu dengan ukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, perkiraan ukurannya sedang-sedang saja.
  2. Kurang lebih ukuran yang digunakan 15-16 cm dan jumlah bambu yang dibutuhkan sebanyak 5 buah bambu.
  3. Setelah memilih ukuran bambu, Anda harus mengukur panjang bambu kira-kira 6 cm dan sebanyak 6 sebagai jangkar individu.
  4. Langkah selanjutnya potonglah bambu tersebut dengan gergaji, ingat potongan harus benar-benar rapih karena ini menyangkut dari segi suara.
  5. Setelah dipotong memakai gergaji, jangan lupa dibagian dalam bambu harus Anda bersihkan serat-seratnya dengan menggunakan pisau.
  6. Setelah bersih dari serat-serat, selanjutnya bagian bawah bambu kudu Anda membuat melengkung.
  7. Bagian terpenting! Bambu tersebut dihaluskan menggunakan amplas.
  8. Setelah bambu halus, bambu tersebut harus diberi lubang dengan posisi bagian atas bambu dengan menggunakan bor listrik.
  9. Sesudah itu, Anda harus membelah menjadi dua bagian atau setengah lingkaran batok yang sudah disediakan tadi.
  10. Untuk mempercantik sebuah karya Anda harus amplas lagi batok kelapa tadi.
  11. Kemudian lubangilah batok tersebut untuk tempat tali tersebut.
  12. Rapih sudah membolongkan batok tersebut, selanjutnya ikat masing-masing bambu dengan tali, kemudian sambungkanlah ke batok kelapa.
  13. Selanjutnya Anda masukkan tali tersebut ke lubang batok kelapa kemudian tarik ke atas.
  14. Setelah langkah diatas Anda lakukan, maka berikutnya yaitu lakukan simpul tali guna membuat lonceng angin dan mengunci talian disatukan.
  15. Tambahan khusus untuk kerajinan Anda bisa menggunakan pelitur agar lonceng lebih terlihat menarik dan indah.

Pot Bunga dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, pot bunga

Sumber: canva:.com

Bernama ibu-ibu, banyak sekali ibu-ibu zaman dahulu hingga zaman sekarang yang mengoleksi sebuah tanaman. Tanaman tersebut pasti membutuhkan sebuah teman yaitu pod.

Tidak usah khawatir untuk membeli pot bunga yang mahal, Anda bisa menggunakan bahan alami yaitu menggunakan bahan dari bambu. Keunggulan dari sebuah pot bunga menggunakan bambu adalah taman menjadi indah, ramah lingkungan dan dilihat pandangan lebih menarik.

Lalu Anda bingung bagaimana cara membuatnya? baik, dibawah ada cara-cara untuk membuatnya pot dari bahan bambu, langsung scrol kebawah saja.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu Besar.
  2. Tali Tambang.
  3. Lem Paling Kuat.
  4. Gergaji.
  5. Tanaman bunga hias atau tanaman yang Anda inginkan.
  6. Tambahkan cat untuk menarik perhatian.

Cara Membuatnya:

  1. Cara pertama Anda harus mencari bambu dengan ukuran diameternya besar, karena dalam bambu yang besar bisa menampung lebih banyak tanah hingga indah dilihat.
  2. Cara kedua yaitu harus membentuk atau menyusun bambu tersebut pada bambu panjang seperti halnya anak tangga.
  3. Setelah itu Anda bisa mengikat dengan tambah atau dengan cara di lem. Ingat, menggunakan lemnya harus benar-benar kuat.
  4. Bambu tersebut harus dilubangi dengan ukuran tanaman yang hendak Anda tanam.
  5. Cara terakhir yaitu harus memasukkan tanaman hias Anda ke dalam lubang bambu tersebut, lalu susun dengan rapih tempat yang ingin di pajang.

Bingkai Foto dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, bingkai foto

Sumber: canva.com

Keinginan orang tua memiliki anak kecil yang lucu dan comel. Ketika sudah besar, kelucuan tersebut pastinya menghilang begitu saja. Untuk mengingat buah hati dimasa kecil jangan lupa dipajang fotonya.

Zaman sekarang tidak perlu membeli bingkai foto yang mahal, Anda bisa menggunakan bahan alami yang bisa dijadikan bingkai foto. Tanpa Anda sadari yaitu berbahan dasar bambu. Langsung saja kebawah untuk cara membuat bingkai foto.

Alat dan Bahan:

  1. Bahan utama bambu kering.
  2. Bolpoin & penggaris.
  3. Lem fox.
  4. Gergaji.
  5. Pisau.
  6. Amplas.
  7. Cat mengkilap.

Cara Membuatnya:

  1. Pertama-tama Anda harus mengambil sebuah bambu yang cukup tua dan memiliki ruas buku yang agak panjang.
  2. Cara kedua Anda harus memotong bambu yang masih bulat dengan gergaji, lalu sesuai ukuran foto yang akan Anda gunakan.
  3. Bambu tersebut di belah menjadi empat sama besar dan lebar.
  4. Lalu belahan-belahan bambu dihaluskan menggunakan pisau dengan cara di raut.
  5. Jangan lupa, amplas bambu sampai halus dan benar-benar bersih dari rambut kecil. Supaya tidak bahaya ketika disentuh siapapun, tentunya makin indah.
  6. Dikasih ruang sedikit kesan garis diukur dari 1cm, ambil pisau yang berujung tajam tancapkan ujung pisau dan ketukan sedikit kayu pada pisau, lalu congkel angkat dan tarik. Supaya mendapatkan garis lurus pada bambu.
  7. Pada ujung bambu jangan lupa dipotong kurang lebih 90 derajat, menggunakannya bisa garis diagonal lantai rumah Anda.
  8. Lalu disambungkan keempat sudut bambu, gunakan satu biji isi setepler dan ketok dengan palu kecil.
  9. Jangan lupa disentuh dengan warna pada bambu, untuk warna Anda bisa menggunakan sesuai keinginan dan untuk menambahkan keindahan bingkai bisa gunakan manik-manik yang Anda sukai.

Pagar Taman dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, pagar rumah

Sumber: canva.com

Taman begitu luas dengan warna begitu hijau, itu mah idaman semua orang. Tetapi akan lebih mantap taman Anda memiliki pagar alami, yaitu terbuat dari bambu.

Ya,pagar bambi di zaman sekarang sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak yang memakainya. Taman akan terlihat indah, bersih dan joss ketika ada pagar terbuat dari bambu. Jadi ingin membuatnya? langsung saja dibawah cara membuatnya.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu
  2. Gergaji
  3. Cangkul atau linggis, buat menggali tanah.

Cara Membuatnya:

  1. Langkah pertama yaitu potong sebuah bambu dengan ukurannya sesuai dengan keinginan Anda sendiri.
  2. Berapa banyak potongan bambu yang dibutuhkan? Tergantung dengan seluas taman Anda.
  3. Kemudian Anda harus menggali tanah menggunakan linggis atau cangkul. Jangan terlalu dalam untuk menggali tanah, terpenting bambu pagar kuat dan tidak goyang.
  4. Pagar bambu pun siap untuk taman Anda.

Lampu Taman dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, lampu hias

Sumber: canva.com

Setelah taman Anda terpenuhi dengan pagar bambu jangan lupa untuk membuat lampu taman yang terbuat dari bambu. Lampu taman ini paling cocok menemani Anda dimalem hari apa lagi Anda jomblo.

Bukan hanya lampu taman saja terbuat dari bambu, lampu kamar juga bisa terbuat dari bambu lohh, seperti gambar diatas cantik bukan? Cara ada di bawah.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu panjang
  2. Bohlam atau lampu
  3. Golok atau pisau
  4. Penutup lampu
  5. Tali tambang ukuran kecil

Cara Membuatnya:

  1. Tentunya siapkan bambu memiliki ukuran yang panjang.
  2. Potonglah bambu panjang tersebut menjadi sama panjangnya.
  3. Bambu yang bulat dibagian ujung dibentuk seperti rangka kelopak bunga.
  4. Tempatkan lampu neon atau lampu minyak didalamnya.
  5. Jangan lupa, tutup bambu dengan penutup lampu.

Hiasan Dinding dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, hiasan dinding

Sumber: canva.com

Rumah adalah istana dan tempat tinggal yang nyaman, tetapi ketika rumah tidak ada pajangan kelihatan kumuh. Pasti setiap rumah memiliki hiasan dinding, ntah itu hiasan apa saja.

Kalian bisa membuat hiasan dinding ini caranya hanya memanfaatkan sisa bambu dari kerajinan yang telah Anda buat sebelumnya. Fisik dari bambu jangan terlalu lebar dan jangan terlalu kecil, kurang lebih dengan ukuran sedang-sedang saja.

Cara pembuatannya  sangat mudah sekali, langsung cek dibawah yah.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu.
  2. Gergaji.
  3. Amplas.
  4. Pisau atau cutter.
  5. Tali.
  6. Cat.

Cara Membuatnya:

  1. Cara pertama Anda harus menyediakan sebuah batang bambu dengan jumlah sekitar 6-8 buah.
  2. Lalu, potong batang bambunya. Untuk ukurannya Anda bisa sesuaikan dengan hati keinginan.
  3. Selanjutnya, untuk membentuk suatu dinding, Anda bisa menggunakan tali untuk mengikat beberapa bambu yang sudah dipotong tersebut.
  4. Untuk menarik hati seseorang, Anda bisa membuat gambar beberapa lukisan atau warnai beberapa bagiannya.
  5. Setelah lukisan selesai, tunggu sampai mengering.
  6. Satu demi satu langkah dilewati dengan mudah, akhirnya sebuah karya hiasan dinding pun siap dipamerkan.

Bingkai Cermin dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, cermin

Sumber: canva.com

Di atas sudah kita jelaskan bahwa bambu bisa membuat ruangan menjadi istimewah. Pastikah, bahwa sebuah cermin salah satu peralatan rumah bahkan bisa dibilang pribadi, sangat diperlukan bagi semua orang.

Pada umumnya sebuah cermin disetiap rumah hanya berbentuk begitu-begitu saja atau sama saja dengan orang lain. Tohhh pastinya sangat bosan dong melihat cermin berbentuk itu saja.

Untuk menghilangkan rasa bosan Anda bisa mengubah sebuah cermin ini menjadi sebuah barang yang wow. Dengan cara merubah sebuah cermin menjadi kerajinan tangan dari bambu berbentuk cermin. Cara membuat, contoh alat dan bahan ada dibawah yah.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu.
  2. Gergaji.
  3. Amplas.
  4. Lem.
  5. Tali.
  6. Cermin dengan ukuran lonjong atau bulat.

Cara Membuatnya:

  1. Cara pertama potonglah sebuah bambu yang sudah Anda siapkan, dengan ukuran bentuk yang lebih pendek akan tetapi tidak terlalu tipis.
  2. Setelah memotong bambu, Anda harus menghaluskan bambu menggunakan amplas.
  3. Setelah bambu halus, langkah berikutnya ikatlah beberapa potongan bambu. Bertujuan tidak lain dan tidak bukan agar membentuk sebuah lingkaran atau bentuk lain yang sekiranya sesuai dengan bentuk cermin yang Anda miliki.
  4. Lalu Anda buat empat lingkaran dari bambu yang ukurannya diameter berbeda satu sama lain.
  5. Setelah itu, Anda harus lakukan menyatukan keempatnya menjadi satu freme utuh untuk cermin.
  6. Cara terakhir dengan cara tempel cermin tersebut dengan menggunakan lem tepat di permukaan bambu paling belakang.
  7. Cara demi satu persatu telah Anda selesaikan dengan benar, maka cermin bambu dengan tema Anda sendiri bahkan keren juga dan siap digunakan dirumah.

Gelas dan Teko dari Bambu

kerajinan bambu, kerajinan tangan dari bambu, gelas dan teko

Sumber: canva.com

Ketika ada tamu datang kerumah pastinya harus menyediakan minuman atau makanan. Salah satu alat pastinya menggunakan gelas dan teko. Sudah banyak orang yang menggunakan teko dan bahan dari tersebut menggunakan kramik.

Zaman sudah berubah, kini keberadaan gelas mempunyai estetika yang tinggi, khususnya jika model unik dan bahan dasar yang menarik. Hanya disini kami ingin memperlihatkan bahwa gelas dan teko terbuat dari bambu.

Sangat jarang sekali orang yang memiliki gelas ini yang bahan dasarnya dari sebuah bambu. Mungkin Anda ingin mempunyainya, ett jangan beli, kalian bisa membuatnya loh, langsung kebawah saja.

Alat dan Bahan:

  1. Bambu tua.
  2. Kuku bambu.
  3. Amplas.
  4. Gergaji.
  5. Cutter.
  6. Cat.

Cara Membuatnya:

  1. Pertama-tama Anda harus mencari bambu tua setelah itu dikeringkan.
  2. Setelah bambu dikeringkan dari beberapa hari lalu digunakkan, pastikan bahwa bambu tersebut tidak mengempes karena terlalu muda.
  3. Setelah itu, Anda harus mengambil bagian tulangnya atau biasa disebut dengan cincin pemisah bambu.
  4. setelah tulangnya diambil, bambu tersebut dipotong dengan ukuran gelas yang ingin Anda buat.
  5. Ketika sudah dipotong biasanya bambu tersebut hampir mirip dengan gelas.
  6. Jangan lupa yang terpenting dengan ampas yaitu menghaluskan bagian luar bambu agar Anda bisa mengecatnya nanti.
  7. Ketika sudah halus bambunya, lalu Anda ukir atau pahat dengan bentuk yang Anda inginkan, salah contohnya ukiran bunga di samping gelas atau Anda bisa mengukir di bagian mulut bambu.
  8. Bagian bambu sudah halus dan dipercantik dengan ukiran yang unik, untuk menambahkan nilai plus Anda bisa memberikan cat dan gambarlah apapun yang Anda inginkan.
  9. Setelah itu, tambahkan syal atau semacamnya agar hiasan nya benar-benar terasa.
  10. Jangan lupa juga untuk bagian dalamnya juga harus Anda haluskan supaya lebih indah juga bisa dicat.
  11. Dan terakhir akhirnya selesai juga gelas dan teko siap dipakai
Hembusan angin laut kala senja benar-benar istimewa saat itu. Semilir tiupannya biasanya kurasa sendiri dalam bilik rumah berdinding bambu.

yaa, mungkin itu saja yang bisa dijelaskan dengan detail. Dari sebuah bambu bekas menjadi sebuah karya yang begitu wow. Jadi jangan pernah anggap sebuah itu tidak terpakai.

Jadi Anda ingin membuatnya? diatas sudah menjelaskan bahan dan cara membuatnya jadi tidak pusing lagi dahhh hanya saja mengikuti yang sudah diurutkan. Selamat mencoba, kalian bisa.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment