Inilah 13 Makanan Khas Bogor yang Akan Memanjakan Lidah Kamu

Makanan khas bogor ada beraneka ragam. Kota Bogor atau biasa disebut dengan kota hujan ini memiliki kuliner yang lezat dan pemandangan alam yang indah.

Banyak orang Jakarta liburan ke kota Bogor, memanfaatkan waktu libur mereka walaupun 1 atau 2 hari saja untuk berkunjung ke kota Bogor, untuk melepas penat dan kesibukan di kota Jakarta.

Yakin Ngga Mau ke Bogor?

Selain objek wisata yang sangat indah, kota Bogor juga terkenal dengan banyak kuliner yang enak yang bisa Anda cicipi. Kuliner di Bogor sangat terkenal dengan makanan khasnya yang lezat dengan harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang sedang liburan ke Bogor berikut akan kami ulas Inilah 8 Makanan Khas Bogor yang Akan Memanjakan Lidah Kamu

1. Asinan Bogor

makanan khas bogor yang terkenal

Sumber: travelingyuk.com

Dari namanya saja, sudah bisa mengetahui bahwa makanan ini memang berasal dari kota Bogor. Sebelumnya asinan berbahan dasar dari jagung, asinan khas yang satu ini berbahan dasar sayuran segar.

Asinan Bogor ini enak dimakan siang ataupun malam, kuliner yang sangat segar ini sangat populer di kota Bogor dan menjadi favorit para pendatang yang berwisata ke kota ini.

2. Laksa Bogor

makanan tradisional khas bogor

Sumber: nontonklik.blogspot.com

Laksa Bogor kuliner dengan berbahan utama bihun ini disajikan dengan kuah kuning yang gurih, dengan campuran oncom di dalamanya.

Salah satu tempat laksa yang sangat terkenal di kota Bogor adalah Laksa Pak Inin berlokasi di jalan Soemanta Diredja, Cijeruk kota Bogor.

Bagi Anda yang ingin menyicipkan laksa bogor ini dengan akses yang lumayan jauh dari kota Bogor. Bagi Anda yang ingin ke rumah makan Pak Inin sebaiknya menggunakan jasa online atau butuh sahabat dan keluarga untuk menemani.

Anda juga bisa mencari altenatif resto lain yang menyediakan Laksa Bogor bagi Anda yang tidak ingin bingung mencari lokasi, namun bagi Anda yang ingin merasakan salah satu penyedia Laksa Bogor yang paling lezat di Bogor rasanya menempuh jarak yang sedikit jauh dari pusat kota tidaklah masalah.

3. Toge Goreng

toge goreng bogor

Sumber: foody.id

Toge Goreng salah satu makanan yang terkenal di kota Bogor, seperti namanya kuliner ini berbahan dasar sayur toge dan merupakan kuliner khas Bogor yang bisa disebut legendaris.

Cara membuatnya adalah terdiri dari taoge yang direbus bersama mie basah. Lalu dimasak di atas nampan kaleng bulat di atas tungku dengan kayu bakar yang membara, setelah matang toge dan mie basah dipindahkan ke piring.

Lalu itu ditambah irisan ketupat dan tahu dan disiram dengan kuah tauco yang memiliki khas sedikit agak pedas. Jika kalian suka pedas bisa ditambahkan dengan sambal khusus taoge goreng

Salah satu tempat toge goreng yang terkenal cukup ramai yaitu Toge Goreng Haji Omah di buka sejak 1970, Anda bisa bayangkan bagaimana pengalaman dari resto yang menyediakan kuliner ini.

Buat Anda yang sedang berwisata ke kota Bogor jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi resto Toge Goreng Haji Omah ini, karna dari rasanya cukup menampol dan dibuka pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Baca Juga : 8 Curug Indah dan Cantik di Bogor yang Akan Membuatmu Ketagihan.

4. Asinan Jagung Bakar

tempat makanan khas bogor

Sumber: arrozak.com

Makanan khas bogor yang terkenal berikutnya adalah Asinan Jagung Bakar. Tetapi kuliner ini memang jarang ditemukan di kota-kota lain Indonesia, bisa dibilang makanan ini makanan khas dari kota Bogor.

Sehingga bagi Anda yang berkunjung ke kota Bogor jangan sampai ketinggalan untuk menyicipi asinan jagung bakar. Kuliner yang satu ini bisa dibilang sederhana penyajiannya, biasanya yang namanya asinan berbahan sayuran atau buah, tetapi di kota Bogor punya keunikan asinan yaitu bebahan dasar jagung.

Banyak wisatawan asin maupun wisatawan lokal memang sangat mengidolakan rasa dari asinan jagung bakar ini, bukan dari segi rasa saja yang bikin lidah Anda goyang asinan jagung bakar ini memiliki harga yang murah meriah.

Asinan jagung bakar bukanlah termasuk kuliner terbaru di kota Bogor, tetapi bisa dibilang salah satu kuliner legendaris yang pernah ada di Bogor, kenapa di bilang legendaris? karna asinan ini sudah ada sejak 1968.

Cara penyajiannya terbilang cukup mudah, jagung manis pilihan yang dibakar kemudian disiram dengan air cabai dan ditambahkan cuka, kemudian diberi tambahan gula pasir supaya rasa lebih segar, asam dan manis.

Sangat cocok bagi siapa saja yang sedang berwisata di kota Bogor ini, jangan sampai ketinggalan kenikmatan lezatnya kuliner ini.

5. Ubi Bakar Cilembu

oleh oleh khas bogor kekinian

Sumber: bukalapak.com

Makanan khas bogor berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota Bogor yaitu Ubi Bakar Cilembu, makanan ini memang bukan berasal dari kota Bogor namun sangat terkenal dan banyak di kota Bogor.

Rasa dari ubi bakar cilembu ini dengan tekstur yang sangat lembut dan rasa yang manis kaya dia, sering kali orang menyebutkannya dengan sebutan Ubi Madi Cilembu. Cara olahan dari ubi bakar yaitu di oven dan di bakar sehingga akan lumer cairan seperti madu yang membuat cita rasa sangat manis.

Ubi bakar cilembu enak di santap ketika Anda liburan atau menginap di villa daeran kota bogor yaitu Villa Khayangan Jonggol, villa khayangan enak buat ngumpul bersama keluarga mau bersama sahabat. Bukan hanya tempat penginepan saja, di sana terdapat kolam renang dan penuh dengan spot foto yang keren.

Baca Juga : 8 Oleh-oleh Khas Jogja yang Terkenal Murah dan Lagi Ngehits Abis.

6. Bolu Lapis Sangkuriang

minuman khas bogor

Sumber: syahidhas.com

Makanan khas bogor yang salah satu sangat terkenal dari lezatnya yaitu Bolu Lapis Sangkuriang, jika sebelumnya makanan khas berupa makanan utama atau makanan berat, namun kali ini Anda bisa mendapatkan makanan ringan atau snack berupa bolu bisa di dapatkan di kota Bogor.

Keunikan dari bolu ini yang berbahan dasar talas, yang mana sejak dari zaman dahulu kota Bogor sangat identik dengan oalahan talas. Namun Anda masih mengira talas olahan makanan pedesaan di Bogor sekarang tidak lagi.

Talas yang kini diolah menjadi bolu yang lezat dan bergizi ini sangatlah populer di kota Bogor. Dengan tekstur yang lembut dan aroma talas khas bolu ini mampu bertaahan hingga 7 hari didalam lemari es cocok buat Anda menjadikan oleh-oleh

Tidak perlu khawatir untuk mengkonsuminya karna bolu ini pembuatan tanpa bahan pengawet sama sekali sehingga sangat sehat dan bervitamin.

7. Kacang Bogor Istana

makanan khas bandung

Sumber: tokopedia.com

Selain bahan dasarnya talas, ternyata di kota Bogor juga sangat terkenal makanan khas dengan olahan kacang, kacang Bogor adalah salah satu makanan khas yang sangat mudah dijumpai, namun tentu bergantung pada masa panen kacang.

Anda yang ingin menyicipkan kacang Bogor ini Anda bisa dateng di bulan februari hingga april, biasanya sangat mudah ditemukan bulan-bulan itu.

Kacang Bogor berbeda dengan jenis makanan kacang didaerah lain di Indonesia, kacang Bogor ini lebih renyah karena pengolahan kacang ini di oven bukan di goreng kaya seperti kacang lainya.

Kacang Bogor Istana tersedia beberapa rasa, mulai dari original, keju, balado, dan lainnya. Keunikan dari kacang ini yaitu namanya kacang Bogor namun asal mula kacang ini bukan dari kota Bogor namun dari Afrika barat.

Kacang ini tekenal lebih tahan hidup di berbagai kondisi tanah, kacang ini sekilas mirip dengan kacang tanah karna dari bentuknya,

8. Roti Unyil

doclang bogor

Sumber: bogor.net

Makanan khas Bogor yang terkenal lezat dan imut yaitu Roti Unyil, roti yang satu ini memiliki nama unik karena bentuknya yang kecil bahkan bisa habis hanya dengan satu kali makan.

Teksturnya sangat lezat dan sangat cocok dijadikan cemilan, meskipun ukurannya yang kecil roti unyil adalah olahan roti yang kaya gizi dan juga mengenyangkan.

Makanan khas Bogor ini juga bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Bogor karena dikemas dengan baik dan rapi sehingga sangat baik untuk dijadikan hadiah atau oleh-oleh setelah liburan ke kota Bogor.

Demikian 8 makanan khas Bogor yang terkenal lezatnya dan murah yang wajib Anda cicipi saat berada di kota Bogor dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh buat keluarga yang di rumah.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment