10 Manfaat Air Cuka yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Cuka apel yaitu cuka yang dibuat dari buah-buahan dan bahan lainnya seperti gula, apel dan ragi. Biasanya digunakan dalam salad, pengawet makanan, bumbu-bumbu, vinaigrette, dan chutney.

Kebanyakan orang mengetahui cuka apel tidak mempunyai manfaat ataupun khasiat karena tidak tahu cara menggunakannya. Cuka apel merupakan herbal seba guna yang dipercaya dapat menghasilkan dampak posotif untuk kesehatan dan lainnya.

Apakah itu Cuka Apel?

Apakah itu Cuka Apel

Sumber: hellosehat.com

Cuka apel yaitu minuman yang terbuat dari apel dengan cara melumatkan dan memeras cairannya. Setelah mendapatkan cairan apel dari perasan tadi, nanti akan dimasukkan semacam bakteri dan ragi yang dicampurkan ke dalam cairan apel tadi untuk fermentasi alkohol.

Cuka apel mulai dimanfaatkan masyarakat dan dikonsumsi untuk jaga kesehatan tubuh. Bahkan katanya bisa membantu dalam pengobatan suatu penyakit.

Manfaatnya apa saja?

Sumber: tokopedia.com

Terdapat beberapa manfaat cuka apel yang banyak dicari masyarakat untuk memperoleh khasiatnya. Berikut 15 manfaat cuka apel untuk rambut, kecantikan, diet, dan lain-lain.

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

Manfaat cuka air buat rambut

Sumber: awanjakarta.com

Semua orang pastinya mau mempunyai rambut yang indah dan halus dan tidak berketombe. Tentu tak mudah untuk memiliki rambut semacam itu, karena membutuhkan perawatan yang tidak mudah.

Selain melakukan perawatan ke salon atau tempat lain, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk memiliki rambut hitam berkilau. Berikut 5 manfaat cuka apel untuk rambut.

1. Buat Rambut Jadi Berkilau

rambut menjadi berkilau

Sumber: dbs.com

Agar memiliki rambut yang berkilau, maka setelah keramas cucilah rambut Anda dengan cuka apel. Caranya dengan mencampur ½ Sdm dan segelas air, lalu bilaslah rambut dengan campuran cuka dan air tadi. Setelah dibilas, Anda dapat menggunakan campuran cuka apel dengan air hangat untuk kondisioner alami agar rambut lebih bersinar.

2. Mengatasi Rambut Rontok

kenapa bisa rontok

Sumber: merdeka.com

Rambut rontok dapat terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati di kulit kepala. Untuk mengatasi problem tersebut, Anda bisa menggunakan cuka apel yang dicampurkan degan gula merah, lalu gunakanlah cuka apel atau air untuk membilasnya.

Anda juga bisa memasukkan cuka apel dengan air ke dalam alat penyemprot. Kemudian semprotkan ke kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok dan menipis.

3. Bantu Pertumbuhan Rambut

mempercepat rambut tumbuh

Sumber: utaunhp.info

Cuka apel mengandung nutrisi yang dapat merangsang ke folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut Anda cepat. Caranya bagaimana? pertama-tama cuci terlebih dahulu rambut Anda dengan cuka apel sebelum menggunakan sampo atau lainnya.

Lakukanlah cara seperti ini selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Rambut Jadi Lebih Halus

rambut panjang licin

Sumber: review.bukalapak.com

Cuka apel dapat digunakan untuk menghaluskan rambut karena mengandung asam Alpha-Hydroxy yang membantu membuat rambut menajadi semakin halus dan menutup kutikula.

5. Dapat Mengatasi ketombe

mengatasi rambut ketombean

Sumber: hellosehat.com

Cairan dari cuka apel mengandung sifat anti bakteri dan jamur yang dapat membantu dalam mencegah datang atau munculnya ketombe, infeksi kulit, dan rasa gatal-gatal di kepala.

Sifat anti bakteri dan jamur oleh cuka apel juga bisa mencegah pertumbuhan malassezia furtur yang merupakan penyebab dari ketombe.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Manfaat cuka apel buat kesehatan

Sumber: tokolahraga.com

Terdapat beberapa manfaat dari cuka apel yang banyak dicari oleh masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan khasiatnya, salah satunya yaitu kesehatan.

1. Mengatasi Diare

mengatasi diare

Sumber: elshinta.com

Cairan cuka apel terbuat dari buah apel yang sudah di fermentasi. Dengan melakukan fermentasi ini maka menghasilkan senyawa pektin yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus.

Bakteri baik ini berdampak positif jika berada di usus untuk pencernaan, karena dapat melancarkan saluran pencernaan dan menghambat peradangan pada organ cema.

2. Mampu Bantu Turunkan Berat Badan

mampu menurunkan berat badan

Sumber: bangka.tribunnews.com

Salah satu manfaat dari cuka apel ini yaitu dapat menurunkan berat badan. Seorang ahli gizi Debbie Davis RD menyatakan bahwa cuka apel mungkin ada efeknya untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang mempelajari efek jangka panjang dari cuka apel pada kesehatan menemukan bahwa jika mengkonsumsi cuka apel bisa membantu turunkan berat badan, namun dalam jumlah yang sedikit.

Cara minumnya 2 Sdm cuka apel setiap hari sebelum makan selama seminggu. Jika cara tersebut dilakukan, maka berat badan akan turun sekitar 1 sampai 2 kilo.

3. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

mengatur kadar gula dalam darah

Sumber: kesehatan.inindonesia.org

Kali ini merupakan salah satu manfaat dari cuka apel yang terkenal. Terutama bagi penderita diabete, kadar gula dalam darah merupakan salah satu hal yang serius.

Terdapat suatu penelitian yang termasuk dalam jurnal Diabetes Care menyatakan bahwa cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas ulin, terlebih lagi jika Anda memakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Jika saat Anda mengonsumsi cuka apel sebelum makan, maka cuka apel akan bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Hal semacam ini dapat mencegah Anda dari sugar rush, yaitu keadaan kadar gula dalam darah melonjok secara tiba-tiba setelah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohiodrat tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

menjaga kesehatan jantung

cintaihati.com

Ternyata mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah atau juga disebut lipid. Menurunkan kadar lemak dapat bantu mencegah penyakit jantung yang menjadi suatu faktor penyebab impotensi pada laki-laki.

Bagaimanapun juga, cuka apel bukan merupakan obat impotensi yang pertama. Siapapun yang ingin mengandalkan cuka apel sebagai pengobatan alami, harus bijak dan hati-hati.

Menurut para ahli pengobatan impotensi yang baik adalah dengan cara menjaga pola makan dan berolahraga teratur.

5. Mengastasi Sembelit Seperti Maag, Asam Lambung, dan Gangguan Pencernaan Lainnya

mengatasi semua penyakit

codocomo.com

Pendapat dari Carol Johnson, karena cuka apel sifatnya membatasi penyerapan karbohidrat, maka sebagai dari karbohidrat dan pati yang tidak dicerna kemudian akan menjadi makanan untuk bakteri baik yang terletak dalam pencernaan Anda.

Disarankan mengonsumsi cuka apel yang berwarna dan jika didiamkan akan terbentuk ampas di dasar botol.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment