8 Manfaat Lari Pagi yang Belum Anda Ketahui

Ketika kita bangun tidur di pagi hari, pastinya badan pada pegel dan tidak frees karna jarang olah raga. Untuk menghilangkan itu semua Anda bisa memanfaatkan dipagi hari dengan manfaat lari pagi, karena mampu membuat badanmu terasa lebih segar dan bugar.

Karena di pagi hari Anda bisa menikmati udara bersih dan suasana pagi sebelum melakukan aktifitas ke-seharian. Bukan itu saja manfaat dari lari pagi juga bisa menurunkan berat badan, yang Anda berat badannya melebihkan batas.

Aktivitas lari pagi ini seharusnya sudah menjadi salah satu rutinitas kita. Beragam-ragam manfaat lari pagi bagi kesehatan, memang sudah bukan rahasia lagi.

Berapa Lama Sebaiknya Lari Pagi Dilakukan?

Untuk benar-benar mendapatkan hasil yang memuaskan dari manfaat lari pagi ini, maka harus perlu serius melakukan rutinitas ini. Banyak yang awalnya semangat untuk melakukan rutinitas ini, setelah itu tidak semangat lagi kedepannya.

Apabila ingin hasilnya bagus dari manfaat lari pagi, waktu yang diperlukan juga harus di sesuaikan dengan baik. Jangan berlari dengan durasi yang sedikit, kebanyakan orang berlari dalam 8 hingga 15 menit saja sudah berhenti.

Dan sebaliknya, jika berlari terlalu lama juga kurang baik buat tubuh, dan justru akan membuat tubuh kita kelelahan. Agar proses pembakaran lemak dalam tubuh dengan efektif, lakukan hal ini ketika lari pagi.

  • Biasakan untuk berlari selama 45 menit.
  • Dalam seminggu usahakan dilakukan sebanyak 3-4 kali.
  • Lakukan rutinitas itu dengan baik hingga menjadi kebiasaan.
  • Carilah rekan/teman lainnya untuk turut membantu membiasakan rutinitas ini
  • Berlarilah dengan santai dan dengan penuh kegembiraan, santai asal pasti

Jika ingin lebih nyaman Anda bisa berlari sambil dengarkan musik lewat mp3 player. Selain tubuh Anda sehat dan pikiran Andapun akan terasa lebih senang. Antara berikut 8 Manfaat dari lari pagi.

1. Menurunkan Berat Badan

manfaat lari pagi untuk diet

Sumber: manfaatlaripagi.com

Banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berad badannya. Tak jarang diantara mereka yang melakukannya dengan cara-cara gila, yang sangat disayangkan menyiksa tubuh untuk mencapai tujuan tersebut.

Contohnya diet mayo, diet GM, diet bayi atau diet OCD ala presenter Deddy Corbuzier. Diet-diet yang disebutkan ini menggunakan metode mengatur pola makanan dengan harapan mendapatkan tubuh yang ideal.

Meskipun hasilnya cukup cepat, namun cara-cara tersebut tidak akan bertahan lama ‘hanya sesaat’. Sebab cara menurunkan berat badan harus diimbangi dengan olahraga.

Mengapa Anda tidak mencobanya menurunkan berat badan dengan cara lari pagi? Salah satu manfaat dari olahraga lari pagi adalah menghilangkan lemak di dalam tubuh.

Dengan lari santai kurang lebih sejauh 1 mil saja, lemak yang ada di dalam tubuh Anda bisa membakar 100 kalori tubuh. Tinggal Anda secara rutinitas lari pagi agar dapat membakar lebih banyak kalori lagi.

Dengan begitu, berat badan Anda akan turun derastis dari sebelumnya. Namun, Anda wajib mengatur pola makan sehingga hasilnya lebih maksimal dan tidak dapat gemuk lagi.

2. Memperkuat Tulang

manfaat lari pagi untuk wanita

Sumber: helosehat.com

Lari pagi juga mempunyai manfaat memperkuat tulang, di setiap langkah lari. Anda akan memberikan sejumlah besar tekanan pada tulang seiring telapak kaki Anda menyentuh tanah. Lama kelamaan, lari memperkuat tulang.

Alasan mengapa olahraga lari pagi disebut sebagai aktivitas berdampak tinggi adalah karena tekanan pada tulang dan sendi saat berlari jauh lebih tinggi dari pada aktivitas lainnya kaya berjalan kaki.

Lari memperkuat tulang, tapi manfaat lari untuk tulang juga berpengaruh pada kepadatan tulang tersebut. Kepadatan ditentukan seberapa banyak jumlah mineral pembentukan tulang.

Orang dengan kepadatan tulang yang rendah berisiko terkena osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang melemah dan tulang rusak dengan sendirinya.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 manfaat lari pagi sebelum sarapan

Sumber: cintaihati.com

Sebuah lembaga survei nasional mengungkapkan, ada 3 faktor penyebab penyakit jantung. Diantaranya yang kecanduan merokok, kurangnya aktivitas fisik serta makan tidak seimbang. Jika itu sebuah kebiasaan, sebaiknya mulai dari sekarang ubah gaya hidup Anda.

Jantung adalah organ yang sangat penting pada tubuh manusia. Biasannya orang yang memiliki penyakit jantung, menjalani hidup dengan banyak aturan agar kondisi jantungnya stabil. Lebih baik jika Anda merawatnya dari sekarang.

Olahraga menjadi cara terbaik dan simple melatih kondisi jantung Anda, salah satunya yaitu lari pagi. Ada banyak cara tahapan lari yang bisa Anda praktekkan guna memacu detak jantung Anda.

Mulai dari jogging, jalan santai, jalan cepat, sprint dan lari kardio. Anda bisa bikin jadwal lari pagi, supaya berlatih setahap demi setahap agar kesehatan jantung Anda terjaga dengan baik.

4. Membakar Kalori

manfaat lari pagi bagi pria

Sumber: sentralfitnes.com

Banyak orang yang melakukan aktivitas lari pagi karena alasan ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Memang benar, bahwa lari pagi dapat mengurangi berat badan hingga 60 kalori untuk seriap KM yang Anda tempuh dengan berlari.

Jika Anda menghabisakan 20 menit untuk lari sejauh 2.4 km, kalori saat lari yang Anda bakar adalah 144 kalori. Apabila Anda lari dengan kecepatan lebih tinggi dan bisa menempuh jarak 2kali lebih cepat dalam waktu jangka yang sama, kalori yang Anda bakar adalah 288 kalori.

Jika tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya intensitas latihanlah yang lebih ditingkatkan agar mendapatkan efek yang sama dan bagus. Pastikan bahwa Anda tidak memaksakan diri karena olahraga berlebihan justru berbalik merugikan kesehatan dan lebih fatal.

5. Tidak Mudah Sakit

 manfaat lari pagi untuk tinggi badan

Sumber: halosehat.com

Namanya yang olahraga pasti kehindar dari penyakit apapun, tetapi bagaimana dulu cara berolahraganya. Olahraga di pagi hari juga termasuk terhindarnya dari segala penyakit.

Orang yang rutin berlari akan terhindar dari sakit flu hingga 18% dibandingkan mereka yang jarang berlari di pagi hari. Apalagi musim-musim pancaroba yang ada di Indonesia, sangat rentan membuat tubuh kita mudah terserah penyakit.

Sebaiknya kita rutinitas membiasakan diri untuk berlari pagi agar kesehatan fisik kita tetap terjaga. Ya, kurang lebih 2-4 hari dalam seminggu.

6. Terhindar dari Stress

manfaat lari pagi untuk kecantikan

Sumber: halosehat.com

Lari pagi juga merupakan aktivitas yang menyenangkan, di pagi hari keluar rumah dan menghirup udara segar. Kita juga bisa melakukannya dengan orang lain sambil berbicara atau sambil mendengarkan musik di handphone kita.

Kondisi tersebut sangat membantu pikiran kita menjadi lebih mood / fresh, seperti yang didapat dari berbicara sama orang lain. Dampaknya pikiran Anda akan lebih tenang dan membuatnya segar kembali untuk siap melakukan aktivitas yang melelahkan.

Baiknya lagi buat Anda, saat pikiran kita telah tenang maka produktifitas kerja kita akan semakin konsentrasi dan meningat lebih baik dari sebelumnya. Sekali dua kali Anda lari pagi banyak manfaat lari pagi.

7. Baik Untuk Pernafasan

manfaat lari sore

Sumber: fitnessformen.co.id

Banyak olahraga yang dapat mengoptimalkan sistem pernafasan, contohnya lari di pagi hari. Manfaat lari di pagi hari bagi mereka yang memiliki sakit asma merasakan dampak yang baik bagi pernafasannya.

Apalagi buat kita yang sehat, pasti merasakan sistem pernafasan terasa lebih baik.

Sebuah penelitian yang melibatkan orang menderita penyakit asma, dan kemudian wajib berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya setelah berlari di pagi hari dengan rutin selama 3 bulan tidak pernah mengalami kambuh lagi.

Bahkan mereka lebih lega bernafasnya di bandingkan sebelumnya.

8. Memperbaiki Kualitas Tidur

manfaat lari pagi tanpa alas kaki

Sumber: merdeka.com

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia (susah tidur) yang di latih untuk rutin melakukan lari di pagi hari, berhasil membuat mereka mengatasi waktu tidurnya 18 menit lebih cepat.

Selain itu mereka mengaku merasa tidurnya lebih cepat dan nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari.

Manfaat dari jogging ini sama kaya lari pagi bisa menjadi referensi bagi Anda penderita insomnia untuk memperbaiki waktu tidur agar kembali lebih normal.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment