Inilah 10 Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Susu merupakan salah satu olahan protein hewani yang berasal dari mamalia ‘Sapi’. Banyak orang mengonsumsi susu setiap hari karena, dari manfaat susu sangatlah banyak dan bagus buat kesehatan tubuh.

Sekarang produk susu saat ini sangat mudah untuk ditemukan, dan bermacam-macam olahan dari susu contohnya manfaat susu kedelai. Dari zaman dulu susu di gunakan sebagai bahan pokok manusia karena termasuk dari 4 sehat 5 sempurna.

Mungkin Anda sering mengkonsumsi susu setiap hari, tetapi Anda tidak tau manfaatnya apa saja? Artikel ini menjelaskan 8 manfaat susu bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Susu Sapi

manfaat susu sapi

arrozak.com

Sapi adalah hewan mamalia yang merupakan ternak penghasilan susu yang sangat dominan dibandingkan ternak perah lainnya. Sapi perah sangat efisien dalam mengubah makanan ternak berupa konsentrat dan hijauan menjadi susu yang kental dan sangat banyak manfaat bagi kesehatan.

Di negara-negara yang maju, sapi pernah dipelihara dalam populasi yang tertinggi, karena merupakan salah satu sumber kekuatan ekonomi bangsa. Sapi juga pernah menghasilkan susu yang keseimbangan nutrisi sempurna yang tidak dapat digantikan bahan makanan lain.

Susu sapi memiliki darah putih bagi tubuh karena mengandung banyak vitamin dan berbagai macam asam amino yang cocok bagi kesehatan tubuh. Susu mengandung vitamin A dan vitamin B2, selain protein juga terdapat macam-macam asam amino.

Dengan mengkonsumsi susu minimal segelas dalam sehari, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari susu bagi tubuh, Seperti :

1. Sumber Kalsium dan Protein

manfaat susu untuk anak

arrozak.com

Didalam susu terdapat mengandung kalsium dan protein dengan tingkat tinggi, lebih dari kebutuhan harian yang terhadap zat ini. Susu sudah banyak pengolahannya yang rendah lemak, seperti yogurt atau keju rendah lemak.

Susu juga memberikan sertiga dari asupan kalsium dan protein harian yang dirasakan dari 17% estimasi asupan protein harian.

2. Menguatkan Tulang

manfaat susu kedelai

gigiku.id

Perkembangan tulang pasti membutuhkan kalsium, susu merupakan sumber kalsium yang cukup banyak dan sangat bagus untuk perkembangan anak dan pemberkuat tulang. Manfaat dari kalsium dapat menjaga kekuatan dan meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat mengkonsumsi susu setiap harinya dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Kalsium susu produk olahannya lebih mudah diserap dari pada berbagai jenis sayuran lainnya.

Bukan kalsium saja, susu juga mengandung magnesium, fosfor, dan protein yang juga berperan dalam proses memperkuat tulang dan Manfaat Lari Pagi juga bisa memperkuat tulang.


3. Menjaga Kesehatan Gigi

manfaat susu beruang

gigiku.id

Susu mengandung kalsium dan fosfor berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan gigi. Salah satu jenis protein yaitu Kasein yaang terdapat di dalam susu, sangat berfungsi untuk melindungi gigi dan membentuk lapisan pelindung di atas enamel, yang dapat mencegah kersusakan pada gigi dan pembentukan plak pada gigi.

Iodium yang sedikit, terdapat di dalam susu juga dapat membantu membuatnya terbebas dari berbagai kuman dan menguatkan gigi. Fosfor juga mempunyai fungsi di dalam susu juga membantu menjaga kesehatan gusi.

Di dalam susu juga memiliki vitamin D berperan untuk mencegah terbentuknya sitokin yang dapat menyebabkan berbagai gaguan pada gusi. Selain vitamin D ada juga Riboflavin atau vitamin B2 berfungsi untuk mencegah terbentuknya ulkus  ‘luka terbuka’ pada mulut dan membantu kesehatan rongga mulut.

Baca Juga : Penyebab Gigi Berlubang dan Mengobati Gigi Berlubang.

4. Membantu Pembentukan Otot

manfaat susu untuk dewasa

arrozak.com

Susu terdapat protein bisa membantu pembentukan otot. Protein dalam susu terdapat dua jenis yaitu kasein dan whey merupakan jenis protein yang terdapat dalam susu.

Protein whey sangat mudah dicerna dan dipecah menjadi asam mino yang mudah diserap ke dalam tubuh. Oleh karena itu, minum susu apa bila otat Anda ingin kelihatan gede dan gagah tampak lebih besar.

5. Menjaga Berat Badan

manfaat susu untuk orang dewasa

manfaatlaripagi.com

Banyak orang yang bilang kalo kita meninggalkan susu pada program dietnya. Padahal manfaat susu juga mengandung berat badan, bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu.

Susu juga dapat menjadi cemilan sehat, beragam jenis yang sudah banyak orang variasi ditambahnya susu contohnya potongan buah-buahan ke dalam segelas susu segar untuk di makan malam hari, roti tawar atasnya ditambahkan susu, dan yoghurt.

6. Menyehatkan Tubuh

manfaat susu untuk anak

arrozak.com

Susu memiliki banyak khasiat, salah satu manfaat dari susu adalah menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Manfaat susu murni akan mengurangi produksi kolestrol, dan bertindak sebagai antasida.

Vitamin A, B, dan vitamin D dalam susu juga akan membantu membangun penglihatan yang baik. Susu juga bermanfaat membantu menurunkan risiko kanker tertentu.

Sudah banyak jenis-jenis susu yang ada di pasaran, seperti secara keseluruhan lemak, 3% lemak, rendah lemak dan gingga bebas lemak. Jika Anda khawatir dengan hormon pertumbuhan yang digunakan dalam susu, maka pilihan susu murni.

Dengan semua jenis-jenis susu yang tersedia, Anda harus bisa menemukan susu yang sesuai dengan diet dan kebutuhan gizi Anda.

7. Kecantikan Kulit

 manfaat susu untuk kecantikan

arrozak.com

Ratu, cleopatra, dari Mesir kuno yang mandi susu untuk membantu perawatan kulitnya agar tetap lembut, kenyal, dan bercahaya. Sebenarnya susu juga memiliki manfaat yang sama, atau Anda hanya minum segelas susu dengan rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Susu juga memiliki beberapa nutrisi dan kandungan asam amino yang membantu kulit untuk terlihat baik. Susu mengandung asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliant yaitu enzim yang membantu untuk kulit agar lembut dan halus.

Dan bukan itu saja, ternyata ada kandungan antioksidan yang dapat membantu  mencegah racun lingkungan dan kerusakan pada kulit. Sebaliknya, apabila Anda memiliki alergi terhadap susu atau produk susu, susu justrus memperburuk kulit Anda.

8. Mengurangi Stress

halosehat.com

Bukan kesehatan tubuh saja fungsi susu, tetapi susu juga bisa menghilangkan stress. Cara yang bagus untuk mambantu mengusir stress setelah lelah seharian. Manfaat minum susu yang hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan dapat menenangkan saraf pada tubuh

Susu juga memiliki terbuktinya dapat mengurangis gejala PMS (Sindrom Pra Menstruasi) dan dapat meningkatkan energi. Apabila Anda merasakan letih, cobalah minum segelas susu saat Anda sedang rileks sambil berendam mandi busa.

Manfaat Lainnya Dari Susu

Mungkin Anda sudah membaca manfaat susu yang di atas sana, ini manfaat lainnya yang ada di dalam susu manfaat lain dari susu bagi kesehatan Anda adalah :

  • Menurunkan kadar kolesterol LDL.
  • Membantu menjaga hidrasi tubuh Anda .
  • Sumber tenaga dan menurunkan stress akibat sindrom premenstrual.
  • Membantu mengatasi gejala gangguan lambung.
  • Membuat otot dan saraf yang tegang untuk rileks sehingga membuat tidur lebih nyeyak.
  • Menurunkan resiko terjadinya kanker usu besar dan rektum (kolorektal), kanker usus besar dan kanker payudara.

Mungkin hanya membaca artikel ini, Anda bertambah pengetahuan dan lebih mengerti lagi manfaat susu. Dari mengertinya manfaat-manfaat susu mungkin kedepannya Anda sering mengkonsumsi susu. Semoga semuanya terbukti dan sering-sering minum susu.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment