Nasehat Islami

Arrozak.com – Manusia adalah makhluk yang berakal budi mampu menguasai makhluk lain. Tetapi bertambahnya usia biasanya manusia itu memiliki banyak masalah atau beban hidup di dunia untuk menghilangkan butuh nasehat islami.

Ketika sudah banyak masalah dalam hidupnya manusia ini bisa strees menghadapi masalah yang terus menambah. Orang-orang yang memiliki masalah pasti pasti kelihatan dari wajah yang berubah, ditambah sering diam ketika ada keramaian.

Salah satu cara membuat masalah itu kelar dengan adanya menyelesaikan masalah tersebut, tetapi hal paling penting yaitu nasehat islami untuk orang yang memiliki masalah. Cara untuk nasehat teman dengan cara islami seperti apa ? langsung saja scroll kebawah.

Nasehat Selalu Mengingat Allah SWT

masjid nabawi, masjid di arab, nasehat islami

Hai orang-orang yang beriman, ingatlah nama Allah, dan rayakanlah itu di pagi dan sore hari.

(QS. Al-Ahzab: 41-41)

Semua kata-kata mutiara atau nasehat islami dari ayat Alquran pada bagian atas dikhususkan bagi umat Muslim (beriman) agar selalu mengingat nama Allah sepanjang hari bahkan sejam sekali dengan cara berzikir.

Di mana pun Anda berada, di mana pun Anda berada, selalu bangga.

Cara ini salah satu yang diperintahkan untuk mengingat Allah SWT. Banyak kebaikan yang bisa Anda dapatkan, lebih dari ini.

Selain hadiah (Insya Allah), hati seseorang akan damai dan damai.

Balik lagi dalam kutipan diatas, lebih baik menghabiskan waktu luangmu untuk berzikir atau bertasbih dibandingkan dengan melakukan hal-hal yang kurang penting seperti melamun, gosip, bermain game, menonton film atau acara yang tidak mendidik dan hal lain-lain.

Sungguh, Allah yang Mahakuasa mencintai dan memperhatikan hamba-hamba-Nya yang mengingat.

 Nasehat Deskripsi Ketulusan

berjalan lurus, nasehat islami, gurun pasir

Seseorang yang tulus pada Rabb-nya seperti seseorang berjalan di atas pasir, tidak mendengar suara langkah kakinya tetapi melihat langkah kakinya.

(Ibnu Mas’ud) 

Banyak sekali orang-orang yang tidak ikhlas dengan apapun itu, salah satu contoh kehilangan harta. Yah betul sekali, di zaman sekarang orang kehilangan harta bisa menyebabkan kebakaran jenggot.

Maksudnya apa kebakaran jenggot? Di zaman sekarang orang-orang banyak sekali meninggalkan kewajiban dia sebagai muslim yaitu sholat 5 waktu, karena orang sekarang banyak kerja lalu lupa untuk mengerjakannya.

Orang-orang pada zaman ini takut harta yang ia punya hilang dengan begitu saja. Tapi ingatlah wahai sodara muslim ku, harta yang kalian punya itu hanya titipan dari Allah SWT, Jangan pernah kalian sombong dengan harta mu itu, hanya dengan hitungan detik harta tersebut bisa hilang.

Jadi, dalam kehidupan itu harus ada kata ketulusan yang tertanam dalam jiwa, semakin kita dengan tulus percaya bahwa ada kebijaksanaan yang baik.

Nasehat Sedikit Bersyukur

jakarta, gedung-gedung tinggi, nasehat islami

Dan sangat sedikit dari hamba saya yang berterima kasih.

(QS. Saba ‘: 13)

Dengan kata bersyukur sangat penting sekali dalam hidup kita di zaman sekarang, karena menjadikan hati kita menjadi tenang.

Dengan selalu ada kata bersyukur dalam setiap keadaan dapat mendatangkan ketenangan dalam hidup. Sehingga Anda selalu berada dalam perasaan yang selalu stabil sehingga membuat hidup Anda menjadi lebih tentram dan damai.

Karena dengan selalu bersyukur disetiap keadaan, Anda jadi tahu bagaimana cara menciptakan kebahagiaan Anda sendiri. Cara yang simpel dengan cara menerapkan ini Anda tidak mudah diliputi penyakit hati contohnya iri, dengki, sombong, benci dan lain-lain.

Orang orang di zaman sekarang banyak sekali yang tidak bersyukur, padahal dalam hidupnya sudah terpenuhi.

Nasehat Hanya Cobaan

orang terkaya, nasehat islami, uang kuno

 Memang, harta Anda dan anak-anak Anda hanyalah cobaan (untuk Anda), dan dengan Allah adalah hadiah yang besar.

(QS. At-Taghabun: 15)

Dalam kehidupan fana ini, kita selalu dihadapkan pada dua situasi, bahagia atau sengsara.

Perubahan pada suatu keadaan itu bisa terjadi kapan saja sesuai dengan takdir Allah Ta’ala. Sementara semenjak diciptakan, tabiat dasar seorang manusia memang tidak pernah merasa puas.

Seringkali, ketika diberi kesenangan, manusia lalai dan tidak pasti. Demikian juga, jika diberikan waktu yang sulit, itu akan menjadi sedih dan seluruh dunia tidak akan bahagia.

Sejatinya bagi seseorang mukmin, segala yang terjadi pada dirinya, seharusnya tetap menjadi kebaikan bagi dirinya. Yahh, begitulah keistimewaan seseorang mukmin sejati.

Nasehat Jangan Berhenti Jadi Baik

menolong orang, memberikan solusi, nasehat islami

Jangan berhenti jadi baik. Karena Allah swt berfirman, “Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasannya)”.

(QS. Al-Zalzalah: 7)

Terkadang, dalam hubungan sesama manusia satu sama lain sering bersikap egois. Terkadang pada diri sendiri bersikap baik pun susah sekali. Contohnya saja, terlalu cuek dianggap tidak perhatian.

Terlalu keras bernahi mungkar dianggap tidak toleran. Dalam hati mencarikan suasana namun justru menciderai persahabatan. Hendak memberi solusi atau nasehat dikira menjatuhkan kehormatan diri, atau mengkritik dianggap sok suci.

Apa saja yang kita lakukan atau kerjakan seakan-akan salah dimata semua orang, kebaikan memang sangat mahal.

Sebaliknya, jikalau kita mempunyai pikiran positif dengan tidak mengedepankan anggapan orang lain kita hanya fokus pada Ridho Allah.

Tanamkan dalam jiwamu berprasangka baik pada siapapun ialah hal yang baik dan patut menjadi prinsip diri. Lihatlah segalanya dalam suatu bingkai kebaikan, tidak peduli bagaimana orang lain menilai.

Jika kita melakukan cara yang benar dengan itikat baik dari agama, maka tidak perlu khawatir, maka Allah adalah tujuan utama. 

Pentingnya kita memiliki saudara muslim, karena sering diberikan nasehat islami yang membuat kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Nasehat Pecinta Dunia

kuburan, kuburan sepi, TPU, nasehat islami

Allah SWT berkata, “Berapa lama Anda tahu Anda hidup di bumi?”.

(QS. Al-Mukminun: 112)

Memang di zaman ini banyak sekali orang orang yang seolah olah ingin menghabiskan umurnya untuk mengejar dunia. Banyak sekali manusia yang sudah tertipu oleh dunia, dikira dunia ini akan terus ada padahal dunia hanyalah semata.

Dia pun merasa dunia ini adalah segala galanya dan harus di kejar kalau perlu dengan berbagai cara.

Dari beberapa orang sudah percaya bahwa kehidupan dunia hanyalah sementara. Keindahannya, kesenangan  dan kenikmatannya pasti itu akan punah dan terjadi.

Semua orang meyakini ini, tapi sangat banyak orang orang yang seolah olah tidak lebih tahu, melupakan atau pura pura lupa karena dunia memang sepintas kelihatan menggiurkan atau ketagihan.

Ketahuilah wahai saudara muslim ku, bahwa yang harus kita kejar adalah akhirat bukan dunia. Jikalau kita memilih dunia, akhirat tidak bisa ikut tetapi kalau kita memilih akhirat otomatis dunia dan seisinya pun mengikuti.

Jangan salah pilih. Pentingnya nasehat islami dari seorang kawan itu saling membantu.

Nasehat Apa yang Kau Cari?

lembah-lembah, balon udara, nasehat isalmi

Dan memang itulah kehidupan nyata, andai saja mereka tahu.

(QS. Al-Ankabut: 64)

Seandainya hidup itu hanyalah untuk mencari makan, minum, kerja dan mengejar mimpi-mimpi besar lainnya. Bahasa yang kasarnya babi di hutan sama saja seperti hidup untuk mencari makan dan minum.

Sering jadi bahan candaan bahwa jodoh tak perlu di cari, kalau memang jodoh tidak akan kemana. Kata sebuah “takdir” jodoh sudah ditentukan dan tak mungkin tertukar dengan orang lain.

Begitu juga dengan rezeki yang tidak akan tertukar dengan siapapun, demikian pula kematian hal yang sudah psati terjadi, tinggal menunggu giliran pada saatnya datang.

Maka disaat seperti yang dialami semua kita perlu merenung, ternyata hakikat manisa ada pada roh, jiwa dan pemikiran sebagai sumber hidup yang butuh kehadiran ilahi.

Kita sebagai manusia butuh kehadiran nilai berkah dalam nafas kehidupan keseharian yang mewarnai setiap kerja-kerja manusia.

Begitu banyak dari apa yang kita cari di dunia ini benar-benar merupakan berkat ilahi dalam berkatnya sehingga setiap jiwa, niat, pikiran, tindakan selalu di bawah pengawasan dan bimbingan ilahi, dalam setiap pekerjaan kita.

Nasehat Siapa Cinta Allah?

orang sholat, orang bertobat, nasehat islami

Memang, Allah mencintai mereka yang bertobat dan mencintai mereka yang selalu disucikan.

(QS. Al-Baqarah: 222)

Seseorang hamba yang lemah harus lebih mengenal Rabb-nya, harus mengenal Allah, mengapa? agar ia cinta kepada Allah dan Allah cinta kepadanya.

Perlu kalian fahami bahwa dari salah satu sifat Allah bahwa Allah sayang kepada hamba-nya melebihi kasih sayang ibu kepada anaknya.

Hendaknya kalian tidak terlalu yakin bahwa kita hamba kesayangan Allah. Maksudnya yaitu jangan sampai kita tertipu dengan berbagai nikmat dan kemudahan yang diberikan oleh Allah di dunia ini.

Hendaknya kita tidak hanya bersandar dengan sifat “Allah sangat sayang kepada hambanya” yang menyebabkan kita lupa dan lalai bahwa Allah juga memiliki azdab yang besar dan sangat pedih.

Allah berfirman,

Ramalan: و َّن عذذابِي هُوَ الْعَذَابُ الأَلأَيمَ

Yang berarti: “Beri tahu hamba saya bahwa saya benar-benar pemaaf dan penyayang, dan bahwa hukuman saya memang merupakan siksaan yang pedih.” (QS. Al-Hijr: 49-50).

Nasehat Pilih Kekasih

Sunrise, pemandangan alam, nasehat islami

Wanita yang baik untuk pria yang baik dan pria yang baik untuk wanita yang baik (lagi pula).

(QS. An Nur: 26)

Sudah sangat jelas kutipan diatas dengan kata-kata islami dalam Al-quran. Bahwa setiap muslim terutama yang masih belum menikah harus menjaga tingkah lakunya terhadap lawan jenis.

Jadilah pria atau wanita yang jika ingin menikah kelak pantas mendapatkan atau dipilih sebagai pasangan dari pria dan wanita yang baik menurut Islam.

Salah satu hal ini menjadi suatu menjaga kehormatannya. Sahabat yang baik itu memberikan temannya sebuah nasehat islami ketika ingin menikah.

Nasihat ziarah ke Jalan Allah

Gunung-gunung, nasehat islami,

“Barangsiapa yang akan bermigrasi di jalan Allah, mereka akan menemukan di negeri ini tempat emigrasi yang hebat dan rezeki yang hebat.”

(QS. An-Nisa: 100) 

Inti dari migrasi kepada Tuhan adalah meninggalkan apa yang Allah benci untuk mencintai.

Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata, “Seorang Muslim adalah orang dari Muslim lain yang bebas dari kekerasan verbal dan fisik. (HR. Bukhori dan Muslim)

Dengan kata hijrah ini sangat berat, karena orang yang menitinya dianggap orang yang asing diantara manusia sendirian walaupun tetangganya banyak.

Kemudian, dia meninggalkan semua pendapat manusia dan membuat Rasul menilai semua hal yang bermasalah dalam semua masalah agama. Kata hijrah adalah pengakuan Muhammad Muhammad.

Nasehat Tidak Seenaknya Terhadap Orang Lain

bunga bali, bunga cantik,

Takutlah pada doa orang-orang yang tertindas, karena tidak ada hijab di antara mereka dengan Allah (untuk mengabulkan. “

HR Muslim 

Kalimat dalam bentuk nasehat Islam diatas sudah sering diucapkan atau diperdengarkan banyak orang.

Balik lagi dengan orang yang mendengarkan sebuah nasehat ini, kebanyakan tidak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena bertindak berdasarkan nafsunya semata.

Pada tahun dimana sebutan zaman now sekarang sudah banyak tindakan semena-mena, tanpa disadari terjadi disekeliling kita. Tidak perlu disebut satu persatu, kalian bisa cari di sosial media atau bisa juga terjadi di kehidupan sehari-hari kita.

Pesan dari satu ini intinya janganlah kita berbuat hal-hal yang dapat menyakiti orang lain. Diri kita diperintahkan untuk selalu menjaga sikap dan lisan kepada orang lain, tidak hanya kepada pemeluk satu agama saja, tetapi terhadap pemeluk agama lainnya.

Jikalau seseorang kita tersakiti atau orang yang teraniaya seperti peringatan hadist diatas, maka apapun yang mereka doakan (untuk kebaikan mereka atau bisa jadi keburukan bagi si penganiaya) akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Ingat pesan ini, jangan pernah membuat seseorang menderita karena tindakan bodoh kita.

Saran untuk Mengatasi Masalah Tuhan

Danau toba, ranu kumbolo,

Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.

(QS. Yusuf: 86)

Yakin lah, bahwa semua orang pasti pernah merasakan sesuatu yang tidak diinginkan. Semua orang pasti juga pernah mempunyai masalah dan problem kehidupan. Dengarkanlah sebuah nasehat islami teman Anda.

Dalam menyikapi masalah dalam kehidupannya, orang memiliki beragam tindakan untuk memecahkannya.

Pasti ada yang menceritakan kehidupan buruknya atau disebut dengan uneg-unegnya kepada keluarga, sahabat, atau kepada benda-benda mati. Tanpa disitu, anak zaman sekarang sering kita jumpai tidak sedikit orang yang selalu ia curhatkan di jejaringan sosial media.

Memang, semua masalah satu orang tidak mudah disebarluaskan dan dikomunikasikan kepada setiap orang dari mereka. Hampir semua masalah yang dihadapi seorang Muslim hanya ditujukan kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Seorang Muslim hanya akan menunjukkan kelemahannya kepada Tuhan, bukan kepada yang lemah. 

Dikarenakan itu kita memiliki dzikir لَا حَوْلَ وَ لَا قوَّةّ إِلَّا بِا الله yang artinya adalah tidak ada daya untuk menghindari kemaksiatan dan upaya untuk melakukan ketaatan kecuali kekuatan dari Allah.

Jadi sering mengeluh kepada Tuhan ketika kita memiliki masalah yang sulit, jangan mengeluh kepada yang lemah juga. Berdoalah kepada Tuhan dengan cara yang bijaksana.

Jangan menyerah

Hijrah itu berat, namun kita akan terbiasa. Jangan menyerah hanya karena cibiran orang. Jangan didengar! Lebih baik dengar saja seruan Allah.

Itu dia nasehat Islami yang kita pelajari hari ini, jangan pernah malu untuk berubah lebih baik. Jangan pernah gengsi untuk berubah lebih baik.

Semoga bermanfaat buat kita semua, dan berguna untuk kita terapi, sekian terima kasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment