9 Oleh-oleh Khas Jogja yang Terkenal Murah dan Lagi Ngehits Abis

Liburan memanglah asik apa lagi liburannya bersama keluarga ke kota Jogja dan membawa oleh-oleh. Kota Jogja paling banyak wisatawan yang berkunjung, wisatawanya pun bukan dari Indonesia saja sudah banyak negara-negara lain liburan di Jogja.

Setelah puas berkeliling di kota Jogja, jangan lupa juga banyak oleh-oleh yang enak dan murah di tambah makan bersama keluarga. Bingung ketika mau belanja oleh-oleh apa? mungkin ulasan beberapa oleh-oleh khas Jogja.

8 Oleh-oleh Khas Jogja Yang Terkenal Sangat Murah dan Lagi Ngehits Abis

  1. Bakpia
  2. Cokelat Monggo
  3. Gudeg
  4. Salak Pondoh
  5. Walang Goreng (Belalang Goreng)
  6. Kerajinan Perak
  7. Gerabah Kasongan
  8. Kaos Dagadu Djogja

1. Bakpia

oleh oleh khas jogja kekinian

Sumber: pegipegi.com

Ada yang kurang kalau jalan-jalan ke Jogja enggak beli bakpia? Ya, mengapa dari dulu orang kalau dari Jogja selalau bawa bakpia. Karena oleh-oleh khas Jogja paling enak itu bakpia, toko-toko di Jogja yang menjual bakpia sudah sangat banyak, tetapi toko bakpia tidak pernah sepi pengunjung.

Karna banyak pengunjung yang ingin merasakan atau membeli oleh-oleh bakpia, setiap hari pasti ada even baru tentang bakpia. Sudah banyak rasa hingga pengunjung ingin menyicipkan rasa-rasa baru dan tentunya paling enak.

Hari ke hari yang terus berjalan muncul lah salah satu bakpia dengan inovasi baru seperti Bakpia Kencana, yang saat ini lagi ngehits di kalangan wisatawan.

Bakpia premium ini memiliki delapan varian rasa dan yang jadi unggulan bagi wisatawan adalah cokelat, green tea, keju, dan ubi ungu. Dengan teksur cukup lembut dan isian yang enggak tanggung-tanggung lidah bergoyang dengan rasa sangat sedap.

Sedikit tips membeli bakpia, minta ke penjual untuk mencicipi dan memastikan baru tidaknya bakpia ini. Apabila dikunyah dan ditekan masih lunak dan mudah hancur saat di kunyah, artinya masih layak konsumsi dan tahan lama bisa dibawa pulang.

Sebaliknya apabila agak keras, sebaliknya jangan dibeli kemungkinan buatanya yang sudah lama dan tidak bagus dikonsumsi (kadaluarsa). Makanan ini lebih baik di konsumsi maksimal 3 hari dari pembuatan.

2. Cokelat Monggo

oleh oleh khas jogja untuk wanita

Sumber: news.indotrading.com

Anda ingin oleh oleh khas Jogja ala Eropa? Datang saja ke Cokelat Monggo. Tidak usah jauh-jauh untuk merasakan sensai nikmat cokelat ala Belgia. Anda bisa menikmati di kota Yogyakarta, dengan ciri Khas Jogja dengan cita rasa Belgia, namanya Cokelat Monggo.

Cokelat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang asli dari Jawa, Sulawesi dan Sumatera. Pemilik Cokelat Monggo ini salah satu pria berkebangsaan Belgia, sehingga dia bisa bagai mana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat khas cokelat di negrinya.

Memang pemiliknya orang asing, Cokelat Monggo tetap membawa unsur budaya Jawa. Hal ini dengan kata namanya ‘Monggo’, yang dalam bahasa jawa berarti ‘silakan’.

Apabila Anda ingin membeli bisa datang ke jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Disini, selain membeli cokelat Anda juga bisa melihat langsung cara pembuat cokelat dari dapurnya yang hanya disekat dinding kaca.

3. Gudeg

oleh oleh khas jogja 2018

Sumber: halhalal.com

Belum pernah ke Jogja namanya kalo belom pernah nyicipi khas Jogja. Mungkin Anda bingung nama makanan ini apa? Dari tadi ngeliatin makanan ini dan membayangin kayanya enak gitu. Ini salah satu makanan khas Jogja adalah Gudeg.

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang baling terkenal se-nusantara, sehingga Yogyakarta mendapat sebuah Kota Gudeg.

Sangking terkenal makanan ini banyak orang yang suka dengan makanan gudeg, ingin membawa pulang gudeg tetapi khawatir basi? Tenang, jaman makin canggih Anda bisa membawa gudeg kering sebagai oleh oleh khas Jogja.

Gudeg sebenarnya mempunyai dua jenis, gudeg kering dan gudeg basah, sangat cocok membawa gudeg kering, untuk di bawa pulang ke kota asal. Gudeg kering dan gudeg basah tidak banyak perbedaan.

Proses memasaknya saja membutuhkan waktu yang cukup lama hingga rasanya yang cenderung lebih manis dari gudeg basah. karena dari rasa yang sangat dasyat hingga lidah bergoyang bebas.

Gudeg kering bisa bertahan lama sampai 3 hari, untuk menyimpanan lebih baik diletakkan di lemari es.

Tempat yang menjual gudeg kalengan ini lokasinya Guged Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang5, Yogyakarta. Anda bisa menyicipi di tempat ini dan memesan paket untuk di bawa pulang.

4. Salak Pondoh

oleh oleh khas jogja terbaru

Sumber: kompasiana.com

Keberadaan di Gunung Merapi nampaknya memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta dan warga sekitarnya. Tanah di beberapa daerah seperti Magelang, Muntilan dan Sleman sangat subur dan cocok untuk di jadikan budidaya buah salak pondoh.

Salak pondoh mempunyai ciri khas sendiri daging yang kering berwarna putih dan rasanya sangat manis dan segar.

Sekali mencicipkanya, tidak bisa sekali pasti inginya lebih dari satu. Buah salak pondoh ini salah satu termasuk satu oleh oleh khas Jogja yang paling terkenal dan wajib Anda membawa pulang dari kota Jogja.

Menariknya lagi, terdapat satu tempat agrowisata salak pondoh yang terletak di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Kawasan ini seluas 27 hektar ini memiliki perkebunan salak dilengkapi dengan taman bermain anak, kolam renang dan juga kolam pancing.

Selain dapat membeli salak di kawasan agrowisata, Anda juga bisa dengan mudah menemukan salak pondoh ini di kios-kios buah di sepanjang jalan kota Jogja.

5. Walang Goreng (Belalang Goreng)

oleh oleh khas jogja dan harganya

Sumber: wisatajawatimur.xyz

Satu lagi oleh-oleh khas dari Gunung Kidul Yogyakarta yang wajib dicicipkan dijamin ketagihan, yaitu Walang Goreng atau Belalang Goreng. Makanan ekstrem dan unik ini bisa Anda dapatkan dengan mudah saat berlibur ke kabupaten ini.

Ada banyak kios-kios yang kecil bisa dibuat dadakan yang menjual belalang goreng di sepanjang jalan di Gunung Kidul, dan tentu karna dari masakan yang mendadak sangatlah enak di konsumsi.

Harga belalang goreng juga tidak terlalu mahal, beragam jenis kemasan. Terkadang ukuran satu toples kecil, harganya Rp. 6000/bungkus. Sedangkan ukuran satu toples yang besar harganya Rp. 12.000/bungkus. Harga bisa berubah kapan saja karena dari musim.

6. Kerajinan Perak

oleh oleh khas jogja selain makanan

Sumber: oleholehkhasjawa.com

Oleh-oleh khas Jogja selain dari makanan adapula aneka kerajinan perak. Kerajinan perak saat ini menjadi cinderamata khas Jogja yang dikagumi oleh wisatawan.

Di Kotagede, Anda bisa mengunjungi show room kerajinan perak atau datang ke rumah-rumah perajin secara langsung bertemu bagai mana cara bikinya.

Bentuk kerajinan perak di sini sangatlah bergam unik, mulai dari perhiasan sampai giasan dinding/ meja. Kualitasnya pun jangan diragukan. Sangking bagusnya kerajinan perak disini banyak dikirim ke luar negri sejak zaman Belanda.

7. Gerabah Kasongan

oleh oleh khas jogja terbaru

Sumber: khasjogja.id

Satu lagi kerajinan tangan khas Jogja yang paling terkenal selain perak, yaitu Gerabah Kasongan. Gerabah Kasongan adalah oleh-oleh khas Jogja yang tak boleh Anda lupakan ketika liburan ke Jogja.

Jika sebelumnya Anda telah berburu macam kerajinan perak di Kotagede, sekarang saatnya berburu macam kerajinan dari tanah liat di Desa Kasongan.

Gerabah khas Desa Kasongan ini telah dipercaya oleh masyarakat karna memiliki kualitas yang sangat bagus. Gerabah bisa Anda temui dalam beragam bentuk mulai dari guci, lampu hias, vas bunga sampai asbak.

Anda juga bisa lihat proses pembuatan gerabah mulai dari pembentukan hingga sampai pengecetan. lokasinya yaitu di Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Kaos Dagadu Djokdja

oleh oleh jogja kekinian

Sumber: khasjawa.com

Oleh-oleh makan, kerajinan sudah, sekarang tinggal beli Kaos Dagadu buat kaos sehari-hari atau juga ada kaos yang bagus dari kata-kata lucu, hingga Anda bisa ketawa.

Dagadu ada arti sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti (Matamu). Sangat terlihat jelas sekali, terlihat di logo kaos yang berbentuk sebuah mata.

Untuk Anda mau membelinya,  Anda bisa menemukan kaos ini di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza dan di Yogyatourium Dagadu Djokdja Jl. Gendongkuning 128, Yogyakarta.

Cukup sekian, semoga bermanfaat buat Anda ketika liburan bingung mau beli oleh apa-apa. Dan setelah membaca artikel ini bisa kebayang mau beli apa. Terima Kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment