Pengalaman Selama Organisasi – Menceritakan Seruhnya Berorganisasi

Setiap orang mempunyai pengalaman organisasi sendiri. Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Sebelum menceritakan tentang pengalaman saya dalam berorganisasi, ada baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organisasi itu.

Menurut secara umum organisasi adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), secara Wikipedia organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Tapi, menurut para ahli Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan menurut saya organisasi adalah sekelompok orang atau individu dimana mereka mempunyai suatu tujuan yang sama.

Dengan kita mengikuti organisasi kita belajar menghargai pendapat orang lain, memahami dan menghargai sifat orang lain, belajar menemukan pendapat, belajar untuk menjadi dewasa, berjiwa kepemimpinan, mendapat wawasan, menambah pengalaman, belajar mandiri dan masih banyak lagi hal positif yang didapat dalam organisasi. Banyak sekali organisasi yang ada disekolah, saya memberi contoh organisasi apa yang saya pernah ikuti, yaitu Pramuka dan OSIS .

Pengalaman pertama saya ialah mengikuti organisasi Pramuka. Di organisasi tersebut kegiatan saya bisa dibilang cukup aktif dilingkungan sekolah. Pertama kali saya mengikuti lomba Perkusi (Barang-barang bekas yang bisa di mainkan secara musik). Menurut saya organisasi Pramuka itu asik dan luas pengetahuannya tetapi saya hanya bertahan di Pramuka sampai 4 Bulan doang, alesan saya keluar dari organisasi Pramuka karna saya takut bentrok sama OSIS.

Pengalaman yang kedua saya mengikuti OSIS adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah. Awalnya saya sangat ragu, saat mengikuti organisasi OSIS karena saya  tidak tau apa-apa tentang Berorganisasi, yaa masih di bilang bocah. Setelah itu saya mengikuti tahapan seleksi OSIS seleksinya itu terdapat Akademik, wawancara tentang organisasi, dan tes fisik. Setelah saya lewat kan satu persatu tahapan dan akhirnya Alhamdulillah saya kepilih calon OSIS baru. Ada 150 orang yang mengikuti seleksi OSIS tetapi setelah di seleksi yang terpilih hanya 70 orang, termasuk saya.

ldkosissmpn27

Setelah itu saya mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) atau disebut juga pelatihan sebelum menjadi osis dimana kita dilatih cara berbicara didepan umum, memecahkan sebuah masalah, membuat proposal, mengatur waktu, dan masih banyak lagi. Saya bertemu banyak sekali teman-teman baru yang seangkatan dengan saya namun tidak dekat secara langsung hanya tahu dia seangkatan dengan saya.

Setelah LDK yang berada disekolah selesai, para peserta yang sudah diseleksi yang terbaik dari yang terbaik mendapatkan kesempatan untuk masuk keseleksi tahap berikutnya, kali ini seleksinya diadakan disekolah, selama 2 hari 1 malam. Disana kami diuji mental dan ketahanan tubuh juga kekompakan. Dari mulai dibangunkan saat tengah malam, mendengarkan renungan, penyiraman air kembang 7 rupa, menjelaskan apa itu organisasi dan pengarahan dari pembina OSIS yang tidak lain adalah ketua komite, kepala sekolah, dan para guru, dan paginya kami senam dan outbond

Dari 70 orang yang mengikuti LDK selama 2 hari 1 malem dan akhirnya acara puncak yang kami tunggu-tunggu adalah Pelantikan. Karna dari sebuah di lantiknya kami semua menjadi OSIS yang sebernya. Setelah kami dilantik, tugas pertama saya dan teman-teman OSIS adalah membuat Proker (Program Kerja), dimana kegiatan tersebut berisi : tujuan dan tugas-tugas kami dalam menjalankan kewajiban sebagai OSIS.

Jabatan saya waktu di organisasi OSIS adalah sebagai Koordinator SEKBID 4 tentang “Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, dan olahraga sesuai bakat dan minat”. Sebelumnya saya di calonkan calon ketua OSIS, setiap tahap saya mengikuti persyaratan calon ketua OSIS. Visi, Misi & Moto saya sudah ada dalam diri saya, saya sudah merasa pede untuk maju di jabatan calon ketua. Pada hari kampanye saya mengundurkan diri tanpa alesan yang jelas, saya merasa nyesal setelah itu saya lebih tau tentang organisasi yang sesungguhnya. Karna berjuang di organisasi tidak harus jabatan yang tinggi, cukup jdi koordinator sekalipun kalo kita mempunyai jiwa berorganisasi dan kedewasan.

osissmpn27

Banyak sekali hal yang berkesan yang tidak saya lupakan sampai seumur hidup. Sebagai Koordinator SEKBID 4 saya bisa membantu program Sekolah acara Class Meeting pada akhir tahun, apel pembukaan Class Meeting dan apel penutupan Class Meeting. Di bulan Mei ada 2 acara yang pertama itu acara Stop Narkoba yang kedua acara Bersilahturahmi antar pengurus OSIS se-Kecamatan yang sangat saya tunggukan sebagai Ketuplak (ketua pelaksaan), dari perkumpulan OSIS se-Kecamatan kami semua sering pengalaman yang kami dapat saling memberi motivasi dan perkenalakan seluruh pengurus OSIS se-kecamatan.

Meskipun saya terkadang ketinggalan materi pelajaran, dihari libur dimana semua orang dapat beristirahat namun saya harus rapat dengan OSIS yang lain, untuk melaksanakan proker-proker yang kami buat. Dan setelah rapat kami semua pengurus OSIS inisiatif menyuci lapangan sekolah, yaa memang itu konyol dan tidak ada di program kami. Kami tidak kenal lelah, tetapi kami mencari pengalaman di masa organisasi. Karna kalo bukan sekarang kapan lagi? karna di setiap organisasi itu berbeda-beda karakter orang dan beda cara mainnya. Organisasi itu jngan di bawa serius, karna itu sebuah pengahancurnya organisasi.

osissmpn27kotabekasi.blogspot.com

Yang saya tunggu-tunggu dimana event ini sangat bergengsi Acara LOMBA OSIS AWARD Tahun 2017. Alhamdullilah OSIS SMPN 27 Kota Bekasi Masa Bakti 2016-2017 ya memang kami pulang hanya membawa 1 piala tapi bagai kami semua itu sudah merasa bangga. Kesuksesan bukan di lihat dari kemenangan, tetapi bagaimana prosesnya ketika kita ingin sukses. Dan sebelum berangkat ke acara OSIS AWARD saya bukan termasuk KARISDA tetapi saya di pilih oleh pembina saya, ini adalah suatu kebanggan bagi saya di tunjuk untuk mengikuti lomba OSIS AWARD.

Pengalaman selama saya menjadi OSIS adalah memiliki teman-teman baru bukan hanya didalam lingkungan sekolah tetapi diluar sekolah, belajar berinteraksi dengan orang-orang besar seperti saat mencari sponsor keperusahaan besar, melatih mental berbicara, belajar bersabar, dan yang paling berkesan untuk saya adalah saya diminta untuk menjadi MC dalam suatu event acara perlombaan 17 Agustus 2017 yang kami adakan disekolah, tidak semua orang memiliki pengalaman yang mengesankan seperti ini, dan saya sangat menikmatinya.

Belajar berorganisasi tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca ataupun teori, tetapi dengan cara berpengalaman berinteraksi langsung didalam organisasi itu. Organisasi dapat menambang wawasan pengetahuan yang tidak didapatkan dipelajaran sekolah dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja dalam tim, maka dari itu pengalaman berorganisasi sangat dibutuhkan apa lagi saat didunia kerja. Ini lah saya yang sebernarnya setelah masuk dalam organisasi. Sedikit pengalaman saya yang dapat saya tulis disini semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi kita semua.

Show Comments

2 Comments

  1. Tio Kristian

Leave a Comment