Pengertian Seni Grafis

Pengertian seni grafis – Datang lagi kedalam artikel yang setiap hari menggali penjelasan tentang kesenian. Artikel satu ini menjelaskan pengertian seni grafis merupakan salah satu ungkapan visual ke dalam bidang dua dimensi. Sebagian besar cara dalam menciptakan karya seni rupa dengan memanfaatkan media-media cetak.

Bagi kamu yang memiliki hobi menggambar, melukis, disain atau mempelajari jenis seni murni yang satu ini, pastinya sangat cocok sekali pada diri kamu. Tidak itu saja, apalagi ditambah di dunia digital mengenal istilah disain grafis yang bisa dijadikan bisnis kecil yang terbilang menguntungkan.

Tidak usah lama-lama dengan basa-basi, langsung saja kita memperjelas untuk lebih faham, cekidot.

Pengertian Seni Grafis

pengertian seni grafis, cara membuat grafis, gambar grafis

Pada umumnya seni grafis adalah pembuatan seni dengan melakukan teknik cetak di atas permukaan kain, kertas, karton dan media sejenisnya. Kebanyakan hasil-hasil dari seni grafis bisa disebut dengan karya seni orisinil yang dapat diperbanyak dengan cara yang mudah

Tetapi seni grafis termasuk dalam karya seni rupa dua dimensi. Si pembuat atau yang membuat kebanyakan menggunakan berbagai media mulai daru cara tradisional hingga cara kontemporer. Yang dimaksud yaitu dari tinta/cat air, pastel minyak, cat minyak dan juga pigmen padat larut air.

Pengertian seni grafis satu ini bisa diartikan sebagai gambaran yang nyata, meskipun begitu seni ini membutuhkan medium lohh. Medium yang digunakan dalam seni ini beragam mulai dari kanvas, papan, dan apapun barang medium bisa dilakukan.

Sedangkan media yang bisa digunakan yaitu mulai dari kertas, papan kayu, aluminium dan apapun yang bisa dilukis pada media tersebut.

Sejarah Grafis

sejarah grafis, pengertian grafis, gambar grafis

Sejarah pada seni grafis awalnya berkembang di negara China. pada itu, bisa digunakan untuk menggandakan tulisan-tulisan keagamaan. Tetapi, tulisan tersebut diukir pada media kayu dan di cetak diatas kertas. Waktu terus berjalan, Negara China menemukan kertas secara massal pada tahun 105 yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Yi

Suatu karya seni dengan media kayu ditemukan di negara asoa yang memiliki kultur tua dan kuat seperti Korea, Jepang dan China. Bangsa Romawi sudah mengenal lama teknik cetak ini, pada itu digunakan untuk menghias jubah dengan cetak stempel.

Tetapi, pada waktu menentukan pada teknik cetak ini kurang berkembang karena bangsa eropa tidak mengenal kertas. Teknik grafis mulai berkembang di negara Eropa pada abad ke 13, setelah itu ditemukan mesin cetak oleh Gutterberg yang juga mendirikan pabrik kertas pertama di Italia. Pada saat itu lah berkembang di Eropa.

Pertama kali seni grafis masuk di Indonesia merupakan media alternatif bagi seniman yang sudah mengerjakan di bidang lain, contohnya seperti melukis atau mematung. Dengan berjalan waktu, seni grafis muncul sekitar tahun 1950-an, para tokoh yaitu Abdul Salam (Yogyakarta), Mochtar Apin (Bandung), Marasutan (Jakarta) dan Suromo.

Suatu karya seni yang dibuat oleh Abdul Salam adalah membuat karya dengan teknik cukil kayu atau woodcut dan kebanyakan karyanya yaitu poster perjuangan.

Fungsi Grafis

fungsi grafis, cara membuat grafis, gambar-gambar grafis

Seni grafis memiliki fungsinya lohh, ada beberapa fungsi dari ini bagus buat kita sendiri dan orang lain. Apa saja sih fungsi dari grafis ini? penasaran yah! langsung saja yukkk.

Menambah Nilai Keindahan

Fungsi pertama dalam seni ini akan menambah nilai keindahan pada sebuah media. Salah satu contoh, ketika seni grafis diterapkan pada sebuah kaos maka seni tersebut dapat menambah keindahan pada baju kaos.

Keindahan memiliki banyak sifat-sifatnya yaitu dua dimensi membuat seni ini bisa memperindah banyak media contohnya, bergambar hewan, bergambar pemandangan, bergambar abstrak dan lain-lain.

Menyampaikan Pesan

Fungsi kedua dalam jenis seni satu ini bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan bagi yang melihatnya. Terkadang pesan ini disematkan oleh para seniman dalam sebuah torehan pada seni. Berbagai macam pesan berupa bersifat dan tersirat.

Ungkapan Ekspresi Seni

Fungsi ketiga ada seorang seniman terkadang membutuhkan suatu cara untuk mengungkapkan ekspresi seni. Harus kamu fahami seni grafis ini mampu menyalurkan ekspresi seni tersebut dengan baik. Apalagi dengan adanya seni termasuk kedalam seni yang fleksibel.

Jenis-jenis Grafis

Mungkin sudah ada yang tahu bahwa jenis-jenis ini apa saja, dan juga ada yang belum tahu mari kita jelaskan. Pada umumnya ada 5 jenis teknik cetak seni grafis yang perlu fahami dan ketahui. Dari lima teknik yaitu cetak saring, cetak tinggi, cetak datar, cetak dalem dan cetak foto.

Dari pada penasaran apa itu beda cetak satu dengan cetak dua, langsung saja kuyy kita perjelas satu persatu.

1. Grafis Cetak Saring (Silkscreen)

Grafis Cetak Saring (Silkscreen), sablon, sablon murah, gambar membuat sablon baju

Jenis pertama ada cetak saring yang satu ini lebih sering dibicarakan yaitu cetak sablon. Pada grafis ini, kamu membutuhkan cetakan yang terbuat dari kasa (screen). Bahan dari kasa ini bersifat elastis, lentur dan juga halus. Jenis cetak satu ini banyak sekali kalian temukan.

Dari beberapa seniman terkenal sering sekali menggunakan teknik satu ini. Siapa saja sih seniman tersebut? antara lain, Robert Indiana, Edward Rusca, Chuck Close dan Joseft Albert. Cetak saring ini terbilang cukup banyak peminatnya, dikarenakan caranya yang cukup mudah.

2. Grafis Cetak Tinggi (Woodcut)

Grafis Cetak Tinggi (Woodcut), cara membuat mudah, grafis mudah

Jenis kedua ada cetak tinggi yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan cetak timbul. Mengapa sering di katakan cetak timbul? karena memang hasil karya seni grafis ini terlihat lebih timbul dari medianya.

Kamu harus tahu bahwa cetak yang satu ini juga dikenal dengan cetak cungkil. Mengapa di katakan cetak cungkil? karena memang pembuatannya dengan cara di cungkil-cungkil begitu.

Media yang digunakan dalam cetak tinggi juga ada banyak. Media-media yaitu terdiri metal, triplek, papan kayu, hardboard, dan karet. Pada abad ke 14 cetak tinggi ini lah paling populer, karena dibuat oleh orang mesir.

Seseorang penemu grafis cetak tinggi adalah Johanes Gutenberg. Sudah banyak sekali seniman kelas dunia yang terkenal dengan teknik ini. Seniman-seniman tersebut yaitu H.Holbein, Kaboel Suadi, dan Ando Hirosigge

3. Grafis Cetak Datar (Lithography)

Grafis Cetak Datar (Lithography), gambar bunga, gambar mudah, grafis mudah

Jenis ketiga ada cetak lithography yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan cetak datar. Lalu apa sih yang dimaksud dengan Lithography? Yaitu kata yang berasal dari bahasa Yunani, graphien artinya menulis dan Lithos artinya batu.

Bisa kita simpul kan bahwa lithography adalah seni cetak yang menggunakan media batu. Dalam suatu pembahasan ini ialah jenis batu khusus yaitu batu kapur.

Tidak sembarang batu kapur yang dipakai suatu cetak ini yaitu batu kapur yang berbentuk lempengan. Batu itupun tampak seperti kertas tebal yang berwarna cokelat. Pada umumnya seorang seniman menggunakan batu kapur karena jenis batu ini bisa menghisap tinta.

Seniman yang menggunakan cara ini harus melukis di atas lempengan batu kapur tersebut. Lempengan ini berbentuk seperti lembaran kertas. Hasil dari lukisan cetakan dengan cara ini terlihat sangat klasik dan maco. Sudah terbukti beberapa seniman dunia yang menggunakan teknik ini yaitu Joan Miro, Pablo Picasso, dan Emil Nolde

4. Grafis Cetak Dalam (Intaglio)

Grafis Cetak Dalam (Intaglio), gambar pemandangan, gambar sawah, gambar padi

Jenis keempat ada cetak dalam yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan intaglio. Apa sih yang dimaksud dengan intaglio? yaitu teknik menggores media dengan menggunakan benda tumpul. Kebanyakan contoh dari cara ini adalah logam. Ketika ada sedikit goresan maka akan bersifat permanen atau sulit untuk dihilangkan.

Ada 4 jenis cara cetak dalam yang perlu kamu ketahui. Keempat teknik cetak dalam tersebut yaitu dry point, mezzotint, etsa dan engraving. Dari pada bingun apa saja dan untuk lebih lengkapnya berikut ini penjelasan dari keempat teknik tersebut:

  • Drypoint. Teknik drypoint merupakan teknik yang menggunakan benda runcing untuk mengukir media. Benda runcing akan menekan permukaan media sehingga membentuk lukisan.
  • Mezzotint. Mezzotint adalah teknik mengerok halus permukaan logam. Teknik ini menggunakan efek gelap terang yang dominan.
  • Etsa. Teknik ini menggunakan bantuan asam nitrat (HNO3). Cairan asam ini akan ditorehkan ke atas lempengan tembaga. Penggunaan teknik ini seperti mengukir menggunakan zat cair. Hanya saja dalam hal ini yang diukir adalah lempengan tembaga. Pada zaman dahulu teknik ini digunakan untuk mengukir baju perang.
  • Engraving. Pada teknik ini, seniman harus menggunakan alat yang disebut dengan burin. Alat ini berguna untuk mengukir logam. Permukaan logam akan diberi cat, setelah itu, seniman harus mengukir logam tersebut menggunakan burin. Setelah itu permukaan logam akan dibersihkan dari cat dan yang tersisa hanya tinggal cat pada bagian logam yang diukir.

5. Grafis Cetak Foto

Grafis Cetak Foto, mudah cetak foto, bagus cetak foto

Jenis kelima ada cetak yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan cetak foto. Pada umumnya orang sering sekali menggunakan ini, karena dalam cara ini kamu bisa menggunakan kamera sendiri. Setelah itu, gambar pada kamera kamu bisa dicetak menggunakan alat print. cara ini juga sering disebut teknik fotografi.

6. Grafis Cetak Stensil

grafik mudah, gambar rojer, rozer, gambar joker, Grafis Cetak Stensil

Jenis keenam ada cetak yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan cetak stensil. Apasih yang dimaksud dengan cetak stensil? yaitu teknik mencetak dengan menggunting kertas sesuai bentuk. Bisa juga dengan tulisan yang diinginkan kemudian kertas tersebut ditempel kan dengan kain atau papan yang akan diberi cat.

Ketika itu kertas tersebut di cat atau disemprot. Sehingga saat dicabut, hasil dari cat pada kain atau papan akan seperti kertas yang di gunting. Biasanya cetak stensil ini bisa dibilang dengan spanduk dan papan peringatan.

7. Grafis Cetak Kolagrafi

cetak mudah, gambar burung, burung indah, Grafis Cetak Kolagrafi

Jenis ketujuh ada cetak yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan cetak kolagrafi. Apa sih yang dimaksud dengan cetak kolagrafi? ialah teknik mencetak dengan cara menempelkan objek pada kanvas dan seluruhnya diberi cat. Jangan lupa objek tersebut dilepas, sehingga menghasilkan bagian yang tidak terkena cat akan membentuk objek dan tampak cekung.

Keunggulan adalah seni yang dimenangkan oleh pelatihan dan pembiasaan.

Artikel ini hanya bisa memberikan teori seni grafis pada kalian. Masalah hasil dalam karya grafis ini semua, tergantung pada kalian semua ingin membuat atau tidak? ingin bagus atau jelek. Kunci dari semua pekerjaan adalah niat dan mau bekerja keras hanya ingin mendapatkan karya indah tentunya bagus.

Pada zaman sekarang pengertian seni grafis adalah sesuatu yang sangat di apresiasi sekali. Bukan itu saja, bahkan ada banyak orang yang khusus mempelajari seni yang satu ini.

Tetap semangat dalam membuat suatu karya tersebut, jangan pantang menyerah. Terimakasih sudah mengelik artikel ini dan membacanya, semoga bermanfaat buat kita semua, Aamiin.

Leave a Comment