Pengertian Seni Musik

Pengertian seni musik – Sebagian orang menyukai musik, tetapi ada juga orang yang tidak menyukainya. Mungkin setiap hari orang menderkan musik untuk mengusir kejenuhan atau sebagai obat untuk menenangkan diri. Manfaat dari seni musik sangat banyak, salah satunya tertera diatas bisa dijadikan sebagai obat kejenuhan dan memiliki banyak lagi manfaatnya.

Paling banyak orang yang menyukai musik, belum tentu orang yang menyukai musik itu belum faham dengan pengertian musik. Apasih yang dimaksud pengertian seni musik itu? Supaya lebih jelas dan lebih faham dari pembahasan satu ini, lebih baik menyimak artikel ini dengan sebaik mungkin, satu artikel akan menjelaskan mengenai pengertian musik menutup para ahli dengan secara umum.

Pengertian Musik

pengertian seni musik, seni musik, musik daerah, musik tradisional, musik modern

Sumber: bahassemua.com

Ada beberapa pengertian pada musik, tetapi secara umum itu hanya ada 2 jenis-jenis musik yakni musik tradisional dan juga musik modern. Beberapa contoh dari jenis genre musik modern seperti pop, jazz, rock, hip-hop, R&B, metal, reggae, dangdut dan lainya. Setiap orang memiliki kesukaan atau selera dalam musik tersendiri.

Masih membayang-bayangkan apa sih arti musik itu sendiri? Mungkin musik itu harus berupa sebuah lagu yang dirilis di pasaran, begitu? Sudah tertera di bawah ada beberapa arti dari definisi dan pengertian seni pada musik, secara umum, menurut KBBI ataupun menurut para ahli.

Baja juga: Pengertian Seni Rupa

1. Definisi Musik Secara Umum

headset bluetooth, headset gaming, headset gamers, headset keren, headset murah

Sumber: my-melody48.blogspot.com

Pengertian pertama secara umum merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung banyak irama, musik merduh dan keharmonisan tergantung dari suara yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan suatu irama. Musik yang memiliki arti tersendiri yaitu sebuah fenomena yang sangat unik bisa dihasilkan oleh sebeberapa alat musik.

Menderkan musik ternyata ada fungsinya loh seperti hiburan, untuk alasan ekonomi atau bisnis, untuk ekspresi, menghilangkan bosan, untuk upacara atau ritual, untuk menenangkan hati, untuk mediasi dan lai-lainya. Musik akan dipecahkan menjadi 2 secara umum yaitu musik tradisional dan musik modern.

2.Arti musik menurut KBBI

belajar rajin, mari belajar, semangat belajarnya, seni musik

Sumber: pixabay.com

Pengertian Kedua tentang musik tetapi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu suatu ilmu atau seni menyusun nada bisa juga dibilang suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan salah satu temporal untuk menghasilkan komposisi (nada atau suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Menurut KBBI definisi musik itu juga bisa diartikan sebagai suatu nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengadunglah irama, lagu dan keharmonisan. Mungkin masih bertanya sana dan sini tentang apa itu keharmonisan yaitu terutama yang menggunakan alat-alat bisa dapatkan hasil bunyinya itu.

3.Pengertian musik menurut para Ahli

Menurut para ahli, menurut orang ilmuan, seni musik, membicarakan yang bener, mengumpul bersama orang pintar, berbicara

Sumber: hipwee.com

Pengertian yang ketiga ada menurut para ahli, sebenarnya banyak sekali pengertian musik ini para ahli, tetapi saya akan mempersingkat menjadi 3 para ahli, baik ahli luar negri maupun ahli dalam negeri.

  • Menurut Ade Prianto Nugroho

Salah satu definisi musik merupakan seni yang melukiskan dengan tema keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari-suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

  • Menurut Sylado

Menurut para ahli yang kedua yaitu sylado suatu wujud yang hidup beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. ia jelaskan dan mengatakan bahwa alunan musik itu nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmat musik.

  • Menurut David Ewen

Terakhir munurut para ahli yaitu dengan David Ewen seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik itu vokal maupun instrumentalnya. Salah satu mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari beberapa suatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosionalnya.

Baca juga: Pengertian Kebudayaan

Jenis-jenis Seni Musik

jenis-jenis musik, musik keren, musik modern, musik tradisional

Sumber: tirto.id

Zaman semakin tua semakin berkembang, sama dengan musik yang mengalami perubahan pada perbedaan jenis musik pada setia masannya. Memiliki jenis-jenis seni musik adalah sebagai berikut;

1. Musik Tradisional

Musik tradisional adalah salah satu warisan nenek moyang kita di setiap-setiap suku bangsa di Indonesia. Pasti disetiap daerah Indonesia memiliki instrumen atau memiliki musik yang berbeda-beda, biasanya digunakan hanya untuk keperluan yang berbeda.

Ciri-ciri musik tradisional:

  • Memiliki bagian dari budaya sendiri.
  • Menggunakan instrumen musik pada khas daerah.
  • Menggunakan kosa kata bahasa daerah dalam setiap syairnya.
  • Umumnya musik tradisional itu tidak memiliki notasi.
  • Mudah dipelajari secara lisan.

2. Musik Kontemporer

Kedua ada jenis musik kontemporer yaitu jenis musik satu ini mulai memperkenalkan berbagai elemen musik baru, waktu itu sudah digunakan pada priode sebelumnya. Jenis musik kontemporer ini mulai muncul lagi dan tambah berkembang pada tahun 1990-an.

Ciri-ciri musik kontemporer:

  • Memiliki ritme yang lebih lengkap.
  • Terdapat harmoni yang tidak selaras (disonon).
  • Melodi pada liriknya cenderung lebih sedikit.
  • Mengunakan suara elektronik dan sintetis.
  • Umumnya menggunakan alat perkusi atau alat tiup.

3. Musik Modern

Jenis yang ketiga ada jenis musik modern adalah musik kreasi baru yang bersifat dinamis dan sudah menggunakan teknologi pastinya, baik itu dari sisi instrumennya maupun dari dalam penyajiannya.

Ciri-ciri musik modern:

  • Melibatkan alat-alat musik modern.
  • Menyentuh teknologi maju, baik itu instrumen ataupun penyajiannya.
  • Cenderung lebih cepat tempo pada musik.
  • Sering digunakan sebagai sarana aktualisasi diri dan komersial.
  • Menggunakan bahasa nasional atau internasional.

Unsur-unsur Seni Musik

unsur-unsur seni musik, pengertian seni musik, ciri-ciri seni musik, pengertian seni musik

Sumber: madinggalasta.blogspot.com

Seni musik juga memiliki unsur, beberapa unsur penting di dalamnya sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Langsung saja kita tengok apa saja unsur-unsur seni musik adalah sebagai berikut;

1. Melodi

Unsur pertama yaitu melodi hanya untuk susunan rangkaian dari tiga nada atau lebih yang terdengar berurutan secara logis, memiliki irama dan mengungkapkan gagasan.

2. Irama

Irama adalah ukuran waktu musik yang berputar lebih cepat atau tempo yang menentukan ketukan dalam keseluruhan musik. Apasih yang dibilang dengan irama? irama itu terbentuknya dari rangkaian bunyi dalam waktu yang berbeda sehingga membentuk pola irama.

3. Harmoni

Harmoni yaitu paduan yang teratur antara melodi dan nada secara terus, terus dan menerus sehingga menghasilkan keindahan komposisi musik tersebut.

4. Birama

Birama itu unsur seni musik berupa ketukan maupun ayunan dengan cara berulang-ulang kali secara teratur dalam tempo serentak. Biasanya ketukan birama itu bisa ditulis dengan 2/4,2/3,3/4 dan seterusnya.

5. Tangga Nada

Unsur yang kelima ada tangga nada yang sudah disusun secara berjenjang dimana setiap nadanya terdapat jarak tertentu. Tangga nada ini bisa terbagi dua, yaitu salah satunya tangga nada diatonik ada 7 nada dan pentatonik ada 5 nada.

6. Tempo

Tempo adalah tingkatan kecepatan dalam suatu musik yang ditentukan oleh banyaknya ketukan dalam satu menit atau beat. Dengan semakin cepat pada ketuka dari sebuah musik yang dimainkan maka nilai temponya akan semakin besar.

7. Dinamika

Musik memiliki dinamika, nah dinamika itu tingkatan sangat lembut dan kerasnya suara musik ketika dimainkan sehingga tidak bisa terdengar datar atau menonton.

8. Timbre

Unsur terakhir ada timbre yang memiliki fungsi kualitas atau warna suara dalam seni musik. Timbre ini sangat tergantung pada sumber suara dan cara bergetar pada instrumen. Salah satu contohnya; dengan nada yang sama, unsur timbre yang dihasilkan oleh piano akan berbeda dengan timbre dengan timbre gitar.

Baca juga: Pengertian Seni Tari

Fungsi Seni Musik

fungsi seni musik, musik menghibur, musik favorit

Sumber: wallpaper.mascuk.com

Disetiap barang atau pengertian pada seni musik pasti memiliki fungsinya tersendiri, kali ini saya akan jelasnya fungsu dari seni musik tersebut. berikut ini fungsi seni musik yang dikelompokan dalam beberapa bagian-bagian tertentu yaitu;

1. Sarana ekspresi diri

Terkadang orang yang memainkan alat musik lebih mudah memberikan ekspresi ungkapan perasaan pemainnya dan nada-nada yang di hasilkan ke dalam musik juga mewakilkan ekspresi ketika yang dikeluarkan. Contohnya ketika ekspresi sedang sedih, nada pada tempo yang dimainkan dengan lambat dan halus, ketika perasaan senang, membunyikan nada yang bertempo cepat dan menggebuk-gebu.

2. Saranan hiburan

Ketika lagi sedih, lagi galau, fikiran karuan, cocok sekali seni musik ini merupakan pilihan yang tepat untuk hiburan. Pada umumnya setiap orang memerlukan musik hanya untuk menjaga moodnya tetap stabil. Hati-hati jika mengunakan musik terlalu berlebihan dapat melalaikan orang dari aktivitas sehari-harinya.

3. Sarana terapi

Tanpa disadari seni musik ini sebagai sarana terapi sudah dikenal sejak perang dunia ke-II untuk mengobati para mengobati para korban dalam peperangan. Sampai saat ini para manusia yang memiliki penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh salah satunya menggunakan terapi musik, karena fungsi dari seni musik mampu menyegarkan kembali sisem kerja otak.

4. Sarana upacara

Umumnya upacara di Indonesia ini seperti upacara kenegaraan, perkawinan, keagamaan, kelahiran dan upacara kematian menggunakan iringin dari seni musik. Beberapa daerah di Indonesia juga ada yang menyakini bahwa alat-alat musik memiliki kekuatan tersendiri.

5. Sarana komersial

Khusus untuk para seniman atau musisi, seni musik itu dijadikan salah satu sember mata pencaharian paling banyak. Mereka memiliki cara mainya misalkan merekam karya seninya lewat sebuah kaset atau CD yang kemudian dijual lagi ke pasaran. Hasil penjualan tersebut dari musik itu dijadikan penghasilan sehari-harinya mereka para pembuat musik dan sebagai hobi dipekerjaannya.

6. Sarana tari

seni tari ini sangat erat sekali sebagai hubungan dengan seni musik. Pada keduanya memiliki kesamaan pola dan ritme satu sama lainnya, salah satu tarian tanpa iringan irama musik akan terasa hampa dan menyulitkan se penari karena penari membutuhkan tempo dan ritme untuk gerakannya. Di Indonesia, umumnya setiap daerah-daerah pasti diiringi dengan alat musik. Oleh karena itu tarian daerah hanya bisa diiringi dengan musik daerahnya sendiri.

Anak Muda Kreatif

pecinta musik, musik rock, musik klasik, musik dangdut

Sumber: Taman Budaya Yogyakarta

Mungkin beberapa ringkasan penjelasan dari seni musik, unsur-unsur, fungsi, serta jenis-jenis musik yang lainnya. Semoga artikel ini berguna untuk saya dan untuk pembaca yang belum faham tentang penjelasan seni musik ini.

Hidup itu seperti musik yang harus kita dengar, rasakan dan kita nikmati

Sudah tertera diatas bahwa hidup itu seperti musik, ntah itu dengarkan kita rasakan dan dinikmati. Khususnya untuk anak-anak muda agar dapat berkontribusi terhadap lingkungan dan karya seni apapun.

Salah satu kita maju dengan adanya pengalaman untuk berkomunikasi yang lebih kreatif, semangat terus untuk memperbarui wawasan anda, terima kasih sudah membaca, enjooooyyyy!.

Show Comments

One Response

  1. dito dzaki

Leave a Comment