Pengertian Seni Patung

Pengertian Seni Patung – Berkali-kali kalian melihat atau menemukan sebuah patung? Bisa dikatakan seni patung itu merupakan bentuk seni tiga dimensi dari buatan tangan manusia yang menghasilkan nilai estetika atau keindahan.

Mengapa patung bisa dikatakan 3 dimensi? karena memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (volume) serta dapat lihat dari segala arah.

Banyak sekali patung yang bisa kalian temukan. Salah satunya dibangun sebagai bentuk monumen atau mengingat jasa seseorang, bisa dikatakan sangat penting oleh suatu kelompok sosial sebagai dari peringatan kejadian pada masa lalu.

Dari pada masih bingung apa itu patung dan jenis-jenisnya? langsung saja kuy kita bahas satu persatu tentang seputar patung, cekidot.

Pengertian Seni Patung

Pengertian seni patung, patung torso, lambang patung

Sudah dijelaskan bahwa pengertian seni patung itu merupakan hasil ekspresi jiwa manusia atau jiwa seseorang. Keindahan tersebut sangat menonjolkan dari segi patung karena visual melalui media tiga dimensi.

Karena dari bentuk sisi patung memiliki berbagai ukuran, dari ukuran yang kecil untuk hiasan di atas meja hingga ukuran yang besar. Biasanya ukuran pada patung yang besar banyak sekali dikenal sebagai monumen.

Tetapi ada juga patung yang ukurannya besar sebagai tanda penghormatan terhadap jasa seseorang pada masa lalu. Yaitu pada contohnya patung Budha, patung Pangeran Diponegoro, patung Wage Rudolf Supratman dan lain-lain.

Pada abad ke-20 seorang seniman patung bekerja menggunakan ruangan, cahaya dan alam menjadi salah satu perluasan konsep patung tradisional.

Contohnya pada seni lukis, seni patung ini awal mulanya dihasilkan dalam kegiatan upacara keagamaan. Setelah itu patung merupakan perwujudan para tokoh nenek moyang atau orang berjasa yang disembah oleh seseorang masyarakat primitif.

Masyarakat primitif percaya kepada alam kehidupan setelah mati, sehingga bagi mereka yang berjasa di bangunlah suatu bentuk sebagai lambang yaitu bahan utamanya batu. Bisa dikatakan perkembangan seni patung ini sangat cepat sekali karena rekaman perkembangan kebudayaan manusia.

Sangat menjelaskan jalan kehidupan pada manusia dan ide ide zamannya yang ditampilkan dalam bentuk fisik yaitu patung. Pada zaman Yunani kuno dan Abad Pertengahan orang lebih menyukai patung dengan bentuk manusia.

Para seniman patung modern lebih banyak menguraikan ide dan segi ideal masyarakatnya.

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

pengertian menurut para ahli, orang sukses, orang make jaz

Mungkin pengertian diatas sudah jelas mengenai seni patung tetapi, pada umumnya. Pengertian kali ini menurut para ahli, berbeda-beda pendapat tetapi intinya cuman satu. Apa saja sihh, makin kepo yahhh. sekilas berikut ini yaitu:

Menurut Kamus Besar Indonesia

Sudah tertera di dalam kamu besar Indonesia bahwa benda tiruan, dalam berbentuk manusia dan hewan dengan cara pembuatan dengan dipahat.

Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia Indonesia yaitu seni patung sculpture memiliki arti seni pahat atau bentuk tubuh patung yang padat hingga diwujudkan dalam tiga dimensional.  Biasanya ciptaan bisa berupa bentuk timbul (relief) atau patung yang di buat dari media kayu maupun logam.

Soenarso dan Soeroto

Menurut ahli Soenarso dan Soeroto dia berkata seni patung adalah semua karya dalam bentuk meruang.

Mikke Susanto

Menurut  ahli Mikke Susanto dia bercakap seni patung itu sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif atau aditif. Arti dari kata subtaktif yaitu mengurangi bahan seperti memotong maupun menatah dan kata aditif yaitu membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak.

B.S Myers

Seorang ahli B.S Myers mengatakan atau mendefinisikan seni patung yaitu karya tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apa pun atau di bi bidang manapun pada suatu bangunan.

Karya satu ini diamati dengan cara mengelilinginya, sehingga harus nampak mempesona atau mempunyai makna pada sebuah titik seginya.

Mayer

Menurut seorang ahli dengan nama Mayer dia berkata menambahkan bahwa seni patung berdiri sendiri dan memang benar-benar berbentuk tiga dimensi.  Dari semua segi manapun bisa dilihatnya, Akan dihadapkan kepada bentuk yang bermakna.

Sudah sangat jelas sekali dari atas tentang pengertian secara umum dan pengertian para ahli mengenai seni patung. Bisa disimpulkan, bahwa karya seni memiliki media yang sangat luas.

Sejarah Seni Patung

Sejarah seni patung, patung anak, patung rusak

Patung mempunyai sejarah unik di Indonesia, erat kaitnya dengan perkembangan seni ukir. Menurut beberapa para ahli literatur, orang Indonesia itu telah mengenal seni ukir sejak tahun 1500 SM.

Pada zaman nenek moyang kita di Indonesia saat itu sudah melakukan mengukir kapak batu dengan menggunakan alat sederhana. Begitu juga dengan motif yang dibuatnya pun masih sangat sederhana yaitu berupa garis, titik maupun lengkung.

Seni ukir mengalami perkembangan yang drastis pada tahun 500-300 SM. Dalam dekade sendiri, masyarakat memiliki perbedaan tersebut yaitu menggunakan bahan perunggu, emas dan perak untuk mengukir. Tetapi, ada juga yang mengenal teknik cor sendiri, sehingga motif pada ukiran menghasilkan beragam.

Di Indonesia dengan hadirnya agama agama seperti Islam, Hindu dan Budha, seni ukir ini langsung mengalami perkembangan pesat. Masyarakat banyak sekali membuat ukuran pada candi maupun itu kecil atau besar dan prasasti sebagai bentuk penghormatan terhadap raja.

Di waktu itu juga, masyarakat mulai mengukir candi, batu nisan, keris dan alat-alat kesenian lainnya. Di zaman inilah nenek moyang kita sudah mulai mengenal seni patung ataupun seni pahat.

Fungsi Seni Patung

Fungsi seni patung, gigi roda, roda yang berputar

Pada zaman dahulu sudah ada seni patung, tetapi dahulu kala dibuat hanya untuk kepentingan keagamaan. Dari zaman Hindu dan Budha patung-patung ini dibuat untuk menghormati dewa atau orang yang di jadikan teladan.

Waktu yang terus berjalan begitu juga dengan perkembangan patung, dibuatnya patung tersebut untuk monumen atau peringatan suatu peristiwa besar pada suatu bangsa, kelompok ataupun perorangan.

Zaman sekarang kini sudah berbeda, seni patung sudah banyak sekali diciptakan untuk mengekspresikan diri penciptanya karena lebih bebas dan bervariasi. Tujuan dari pembuatan patung untuk dinikmati nilai keindahan bentuknya. Pada umumnya berdasarkan pembuatan seni patung ada 5 macam yaitu :

  1. Patung religi, selain dapat dinikmati keindahannya tujuan utama dari pembuatan patung ini adalah sebagian sarana beribadah, bermakna relijius.
  2. Patung monument, keindahan dan bentuk patung yang dibuat sebagai peringatan peristiwa bersejarah atau jasa seorang pahlawan.
  3. Patung arsitektur, keindahan patung dapat dinikmati dari tujuan utama patung yang ikut aktif berfungsi dalam kontruksi bangunan.
  4. Patung dekorasi, untuk menghias bangunan atau lingkungan taman.
  5. Patung seni, patung seni untuk di nikmati keindahan bentuknya.

Patung-patung hasil dari para pengrajin, tentunya memiliki keindahan yang dibuat selain untuk dinikmati sengaja untuk dijual tentunya dengan nilai tinggi.

Jenis-Jenis Seni Patung

jenis-jenis seni patung, korek api, abstrak

Tidak terasa kita sudah masuk jenis-jenis patung saja, hehehe terlalu semangat membacanya nihh. Jenis-jenis patung ada banyak sekali yang dibuat oleh manusia. Bisa dikatakan jenis ini dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu berdasarkan bentuk serta jenisnya.

Makin penasaran yahhh, langsung saja scroll ke bawah untuk lebih lanjut. Gaskenn.

Berdasarkan Bentuk

Sudah dijelaskan diatas bahwa jenis patung dibagi menjadi dua dan ini yang pertama yaitu berdasarkan bentuknya. Nah, setelah itu seni patung terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Figuratif
    Pertama ada jenis patung figuratif adalah patung yang dibentuk dengan meniru bentuk yang ada dalam kehidupan nyata. Salah satu contohnya seperti bentuk manusia, bentuk hewan atau bentuk tumbuhan yang dibuat sedemikian menyerupai bentuk aslinya.
  • Non Figuratif
    Kedua ada jenis patung non figuratif adalah merupakan jenis patung yang bentuknya tidak menyerupai bentuk aslinya (tidak sama). Contoh pada jenis patung ini biasanya hanya menampilkan garis, lekukan atau bagian tertentu dari suatu objek.

Berdasarkan Jenis

Sudah dijelaskan diatas bahwa jenis patung dibagi menjadi dua dan ini yang kedua yaitu berdasarkan jenisnya. Nah, setelah itu seni patung terbagi menjadi dua kelompok yaitu :

  • Zonda Bosse
    Pertama ada jenis patung zonda bosse merupakan bentuk patung yang berdiri sendiri (tidak memiliki kanan dan kiri) dan tidak ada kata menempelkan pada satu sisi.
  • Relief
    Kedua ada jenis patung relief merupakan patung yang menempel pada permukaan dinding. Pada umumnya patung relief ini menceritakan adegan penting yang terdapat dalam suatu cerita.

Mungkin dari kedua perbedaan sudah benar-benar jelas dan mengerti.

Teknik Seni Patung

Teknik seni patung, palu thor, terlur dadar

Seseorang yang memiliki tangan-tangan keterampilan bisa menjadi sebuah karya seni. Pastinya setiap keterampilan harus melewati proses pembuatannya, ada juga beberapa cara pembuatan yang digunakan. Langsung saja cek kalau mau membuatnya, kuyy.

Teknik Butsir

Teknik pertama ada butsir dimana pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan lunak / mengurangi bagian-bagian yang tidak diperlukan, contohnya seperti tanah liat, gips malam dan bahan yang berstruktur lunak. Hingga bahan-bahan tersebut di proses dan menciptakan karya patung yang memiliki nilai estetika.

Teknik Pahat

Teknik kedua ada pahat dimana teknik ini dilakukan pembuatan patung dengan bahan dasar keras, contohnya kayu, tulang, batu ganit, batu granit dan bahan yang berstruktur keras. Cara kerja teknik ini yaitu mengurangi bagian-bagian tertentu, setelah pada bahan dasar hingga membentuk patung yang diinginkan.

Bisa juga dengan sebutan cara membuang bagian demi bagian, sedikit demi sedikit dengan cara memahat dan ditinggalkan bagian bentuk yang sudah ditentukan.

Teknik Modeling

Teknik ketiga ada modeling dimana teknik ini dilakukan pembuatan patung dengan memanfaatkan bahan plastis, yaitu tanah liat dan plastisin. Teknik modeling ini memiliki bahan yang dipergunakan adalah bahan yang mempunyai sifat elastis, jadi dari bentuk yang dikehendaki diperoleh dengan cara menambahkan bahan baru.

Bahan yang digunakan dalam teknik yaitu tanah liat, semen, gips, lilin, dan bubur kertas. Suatu karya pada seni patung bahan plastis seperti ini memungkinkan se pembuat menggunakan proses subtraktif dan aditif. 

Teknik Tuang (Mengecor)

Teknik keempat ada tuang atau sering disebut dengan mengecor. Menurut Sahman ia mengatakan bahwa casting artinya mencetak, yaitu suatu cetakan adonan yang bersifat cair dengan menggunakan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Suatu proses ini dengan cara pembuatan patung dengan bahan dasar logam. Sebelum pembuatan patung pastinya diawali dengan memanaskan logam hingga mencair, kemudian dituangkan ke dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnnya.

Bahan yang digunakan bukan dari cairan logam saja, dari material lain bisa loh seperti semen, gipsum, logam, fiber glass dan masih banyak sebagainya.

Teknik Merangkai

Teknik kelima ada aseembling dimana teknik ini dengan kenal dengan sebutan merangkai. Teknik membuat seni patung ini dengan cara merangkai dari berbagai macam bahan.

Bahan-bahan untuk membuat patung dari cara ini yaitu kain bekas, karet, logam, kulit, kaca, plastik, kayu dan lain-lain.

Teknik Menyusun

Teknik keenam ada constructing dimana teknik ini sudah banyak dikenal dengan kata menyusun atau merakit. Arti dari kata constructing yaitu dengan kata menyusun atau merakit komponen dari suatu logam atau besi dengan menggunakan alat las sebagai membantu menyambung.

Tetapi dari pengertian lain constructing menurut Sahman ia mengatakan membentuk dengan jalan menyusun, merangkai, menggabungkan sehingga memperoleh bentuk yang direncanakan dengan media perekat sesuai.

Bahan atau alat yang digunakan dari cara satu ini yaitu mesin las, lem, palu, dan lain-lain. Pada umumnya teknik ini sering digunakan untuk menciptakan patung dengan menyusun bahan sejenis.

Teknik ini sangat membedakan dari teknik yang lain, karena memiliki merakit ya, hampir mirip dengan permainan puzzle.

Alat dan Bahan Seni Patung

alat-alat membuat patung, tang, gergaji, alat-alat

Ketika sudah memahami penjelasan seni patung dan sudah membahas tentang teknik sebuah patung. Sekarang kita membahas alat dan bahan seni pada patung atau bisa disebut dengan peralatan yang digunakan untuk membuat patung tergantung kepada bahan dan tekniknya.

Lalu apa saja sih alat-alat yang digunakan dalam pembuatan patung sendiri, dari pada penasaran langsung saja scroll ke bawa kuyy :

  • Butsir adalah suatu bahan atau alat bantu pembuatan patung terbuat dari kayu dan kawat.
  • Meja putar yaitu sangat penting sekali menggunakan meja ini, untuk membuat patung dan dapat di gerakan dengan cara diputar, fungsinya untuk memudahkan dalam mengontrol bentuk dari berbagai arah.
  • Pahat
  • Palu kayu
  • Cetakan ini sangat berfungsi untuk mengencangkan ikatan kawat dan memotong ikatan kawat.
  • Sendok adokan jangan lupa karena ini untuk mengambil adonan dan menempelkan pada kerangka patung.
  • Tanah liat jangan lupa dipersiapkan karena memerlukan butsir dan sudip untuk mengambil dan menambah atau menambahkan bahan serta menghaluskan permukaan yang sulit di jangkau secara langsung oleh tangan.
  • Berbahan kayu dalam pembuatan patung sangat banyak sekali menggunakan dan memerlukan pisau, kapak, martil, gergaji serta ampelas.
  • Berbahan logam alat ini bisa membuat suatu karya patung dengan menggunakan kompor pengecoran, alat cetak dan gurinda\
  • Berbahan batu bisa juga dibuat patung sedikit mudah untuk digunakan dengan alat bantu pahat baja, martil besi, grenda.
  • Berbahan semen dan alat yang diperlukan yaitu pisau, martil dan tang.

Contoh Patung dan Penjelasan Lengkap Dengan Gambar

Banyak sekali di dunia ini contoh patung dari yang imitatif, deformatif, abstrak dan lain-lain. dari pada penasaran apa saja patungnya dan bagaimana bentuk dari patung tersebut, langsung saja kuyy.

Contoh Patung Corak Imitatif

Contoh Patung Corak Imitatif, patung buaya, patung hiu

 

Nomer pertama ada patung lebih menirukan dari bentuk alam seperti manusia, binatang dan tumbuhan. Patung-patung ini lebih memperlihatkan berdasarkan fisio plastis atau bentuk fisik baik anatomi, proporsi, maupun gerak.

Contoh Patung Corak Deformatif

Contoh Patung Corak Deformatif, patung orang, patung macan, patung lucu

Nomer kedua ada patung dari bentuknya sudah banyak berubah dari tiruan alam. Mengapa bisa begitu? Karena bentuk-bentuk alam diolah, lalu digubah menurut gagasan dan imajinasi seorang pematung.

Perubahan pada patung dari bentuk alam menjadi bentuk baru ini masih terkait dengan sifat-sifat fisik. Dari bentuknya saja sudah imajinasi dan geometris selanjutnya muncul corak kubistis.

Corak satu ini terlihat tampak pada karya pematung yaitu : But Mochtar, G Sidharta dan pematung lainnya. Suatu contoh patung corak deformatif “Dewi Kebahagiaan” yaitu karya G Sidharta.

Contoh Patung Corak Nonfiguratif

Contoh Patung Corak Nonfiguratif, patung abstrak, patung memiliki jual tinggi

Nomer ketiga ada patung tampak bagus tetapi memiliki nonfiguratif atau sering disebut abstrak. Pada umumnya sudah banyak yang meninggalkan bentuk-bentuk alam untuk perwujud aslinya atau abstrak.

Biasanya corak pada patung ini memiliki corak abstrak dipengaruhi oleh aluran konstruksi. Patung ini dipandang sebagai bentuk konstruksi

Cinta akan keindahan adalah selera. Penciptaan keindahan adalah seni.

Ralph Waldo Emerson

Mungkin diatas beberapa yang terkait dengan pengertian seni patung. Jangan pernah mengeluh cape atau mengeluh malas hanya untuk belajar dan meluaskan wawasan di dunia dan lebih gampang lagi membaca di arrozak.

Sampai jumpa di lain waktu, kita membahas apa lagi nih? komen di bawah. Terima kasih sudah membaca semoga kalian makin pintar ketika mengetahui tentang artikel ini, enjooyyyyy!.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment