Pengertian Seni Rupa

pengertian seni rupa, gambar seni rupa, gambar seniman, gambar lukisan

Pengertian Seni Rupa – Seiring waktu berlalu, berkembangnya pula dengan zaman. Hampir sama dengan seni yang mengalami berbagai perubahan terhadap zaman yang semakin berkembang. Ketika orang jenius berkumpul dan membicarakan tentang seni memang tidak ada habisnya tersendiri.

Seni memiliki wujud dari ekspresi seseorang dalam menciptakan imajinasinya yang berisikan beribu-ribu cerita, kegalawan, keindahan alam, serta curahan hati seseorang membuat sebuah karya seni baru.

Seseorang lebih gampang untuk memahami karya seni, bisa mendalami makna yang terkandung dalam hasil karya tersebut. Ketika Anda mempunyai keinginan untuk memahami seni rupa, alangkah baiknya untuk menyimak artikel ini dengan sebaik baiknya.

Pengertian Seni Rupa

gambar pengertian seni rupa 2 dimensi, gambar pengertian seni rupa menurut para ahli, gambar pengertian seni rupa terapan, gambar pengertian seni rupa murni, gambar contoh seni rupa, gambar unsur seni rupa, gambar fungsi seni rupa, gambar jenis jenis seni rupa
Sumber: cybertokoh.com

Mungkin Anda sendiri sudah ada yang faham dengan seni rupa, Apa sih yang dimaksud dengan seni rupa? Pengertian seni rupa yaitu suatu cabang dari seni yang bisa menghasilkan karya-karya seni. Bisa juga disebut dengan kualitasnya yang di rasakan oleh manusia dengan secara kasat mata.

Mungkin sudah ada sedikit faham tentang penjelasan diatas pengertian seni rupa tersebut? Ya bisa dibilang begitu, berbagai otak seseorang yang menciptakan sebuah karya seni itu akan menjadi sebuah ekspresi, kecintaan, keindahan alam dan masih banyak lagi.  Tergantung dalam sebuah media yang terlihat secara kasar mata maupun secara langsung bisa juga disentuh, broo.

Salah satu contoh saja, merupakan hasil karya lukisan seorang pelukis yang menuangkan waktu hanya imajinasi dan mengekspresikannya dari kuas hingga ke kanvas. Lalu bisa menghasilkan sebuah lukisan indah maupun lukisan abstrak dengan paduan corak warna yang menarik hati.

Berbeda keindahan dan kecantikan warna yang berpadu dalam satu hanya untuk menarik isi hati seseorang yang melihatnya hingga menggeleng-gelengkan kepala. Tanpa kalian sadari seni lukisan ini bisa menjadi seseorang terhibur ketika melihat sebentar saja.

Sudah dijelaskan di atas bahwa cabang seni ini seseorang bisa menunjukkan ekspresi dalam dirinya untuk semua orang. Berbeda bentuknya, kini seni rupa akan dipecah menjadi dua bagian, yaitu;

  1. Seni 2 Dimensi, adalah karya seni yang bisa dilihat dengan mata dari satu sudut pandang saja dan memiliki dimensi lebar dan panjang. Salah satu contoh dari 2 dimensi yaitu; seni lukis, seni grafis, seni relief dan lainnya.
  2. Seni 3 Dimensi, adalah karya seni yang bisa dilihat dengan segala sudut pandang yang memiliki bentuk seperti bangunan ruangan dan mempunyai volume dimana dimensinya terdiri dari lebar, panjang dan tinggi. Salah satu contoh dari 3 dimensi yaitu; seni patung, seni keramik, seni arsitektur, seni kriya, dan lainnya.
Baca juga: Pengertian Seni Musik

Unsur-unsur Seni Rupa

gambar pemandangan laut, gambar pemandangan indah, gambar pemandangan nelayan, gambar seni karya, gambar terkece, gambar keren
Sumber; ragaminformasi.com

Sudah saya jelaskan diatas dan kalian sudah mulai faham tentang seni rupa, apa sih yang dimaksud dengan seni rupa itu? Bahasa umunya seni yaitu membentuk ekspresi dari seseorang dengan menumpahkannya sebuah hasil dari karya yang memiliki nilai nilai keunikan tersendiri, berbagai macam caranya.

Ternyata bukan itu saja, yang harus kamu mengerti dan kalian fahami jika seni rupa itu memiliki beberapa unsur toh. Dari pada penasaran apa aja sih unsur-unsurnya, kali ini kita akan bahas unsur yang terdapat dari seni tersebut.

  • Unsur Titik

Unsur titik yaitu unsur terkecil dibandingkan dengan unsur lainnya dan merupakan salah satu kunci jalannya dari semua ide seni yang akan dibuat oleh seseorang seniman.

  • Unsur Garis

Unsur yang kedua yaitu memiliki garis salah satu menjadi unsur penyambung dari titik ke titik yang lain. Biasanya garis tersebut akan membentuk sebuah ciri khas dan watak pada suatu karya seni ntah itu lentur, kaku, dan sebagainya.

  • Unsur Bidang

Unsur bidang adalah sebuah yang memiliki pengembangan dari garis-garis itu akan di sambungkan satu dengan yang lain, akan tetapi membentuk beberapa sisi dalam hasil karya yang ditentukan.

  • Unsur Bentuk

Semua benda mati maupun hidup pasti memiliki bentuk, sama dengan unsur bentuk yang terdapat pada seni memberikan sebuah karya seni menjadi lebih hidup. Mengapa ada unsur bentuk pada seni? supaya karya seni menjadi lebih hidup walaupun berbagai sentuhan dan detail yang sempurna pada hasil karya seni lebih indah.

  • Unsur Ruang

Unsur ruangan adalah tidak terlalu banyak unsur yang dimilikinya, hanya ada dua saja yaitu semu dan juga nyata. Harus diingat keduanya itu tidak sama dari dimensi yang dihasilkan apakah itu 2 dimensi ataupun 3 dimensi

  • Unsur Warna

Apapun benda pastinya memiliki warna karena sangat penting pada suatu karya seni. Campuran warna ataupun berpadu dalam satu warna hingga warna-warni akan menjadi lebih indah pada karya dibidang seni apapun, salah satunya tekstur menjadi nyata.

Baca juga: Pengertian Seni Lukis
  • Unsur Tekstur

Terpenting dalam seni, atau yang sering dibilang tekstur yaitu keadaan ataupun sifat yang dimiliki pada suatu karya tersebut. Unsur tekstur ini akan dibedakan menjadi dua bagian yaitu tekstur semu dan juga tekstur nyata. Tekstur semu yaitu kesan tak sama dengan pengelihatan dan juga indera peraba.

Bedanya dengan dengan tekstur semu dan tekstur nyata ternyata perbedannya itu, yang dimiliki oleh sebuah hasil karya seni antara indera peraba dan pengelihatan itu  terasa sama saja.

  • Unsur Gelap & Terang

Unsur yang terakhir yaitu gelap dan terang. Apa sih yang dimaksud? menjadikan suatu hasil karya yang diciptakan agar terlihat makin nyata pada karya tersebut, biasanya dalam mengerjakan sangat penting memperhatikan intensitas pada cahaya dari suatu objek yang dijadikan sebuah karya seni rupa padanya.

 

Macam-macam Seni Rupa

gambar macam-macam seni rupa, gambar bangku keren, gambar kreasi tanpa batas, gambar seni rupa, gambar wallpaper bangku
Sumber: sumber.id

Macam-macam dalam seni rupa, pasti memiliki jenis dan memiliki arti yang berbeda. puluhan seni di antara sebuah jenis dalam seni rupa akan memiliki nilai tersendirinya. Untuk mengenal atau bisa dibilang menambah wawasan pada diri kalian mengenai seni rupa, fahami lah macam-macam dari seni rupa;

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa murni dan seni rupa terapan ya itulah bagian 2 macam dalam fungsinya seni rupa. Pertama ada seni rupa murni yaitu karya seni yang dibuat untuk menyalurkan ide-ide dari orang pembuatnya. Kedua ada seni rupa terapan yaitu beberapa karya seni yang dibuat dengan tujuan tertentu atau untuk membantu aktifitas pada manusia.

2. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Wujud memang membedakan dari semua karya-karya seni yang lainnya. Karena pada umumnya seni rupa menurut wujudnya akan dibedakan menjadi 2 bagian yaitu seni rupa 2D dan 3D.

Seni 2 Dimensi, adalah karya seni yang bisa dilihat dengan mata dari satu sudut pandang saja dan memiliki dimensi lebar dan panjang. Salah satu contoh dari 2 dimensi yaitu; seni lukis, seni grafis, seni relief dan lainnya.

Seni 3 Dimensi, adalah karya seni yang bisa dilihat dengan segala sudut pandang yang memiliki bentuk seperti bangunan ruangan dan mempunyai volume dimana dimensinya terdiri dari lebar, panjang dan tinggi. Salah satu contoh dari 3 dimensi yaitu; seni patung, seni keramik, seni arsitektur, seni kriya, dan lainnya.

3. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Ada 3 bagian macam dalam seni rupa berdasarkan masanya yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Pada sifat yang dimiliki oleh seni rupa tradisional ini yaitu statis, dimana pola dan bentuknya selalu sama dari zaman dulu hingga sekarang (tidak ada perubahan).

Kalau seni rupa modern memiliki sifat individualis, yang mana dalam sebuah karya seni diberikan pada sentuhan berbagai kreativitas. Dan yang terakhir ada seni rupa kontemporer yang memiliki sebuah karya seni terciptakan pada waktu tertentu saja dan memiliki sifat yang mengikuti waktu perkembangan zaman.

Baca juga: Pengertian Seni Tari

Fungsi-fungsi Pada Seni Rupa

kuas cat, warna indah, warna kolaborasi, warna abstrak
Sumber: bebasketik.com

Sebuah karya seni rupa yang diciptakan oleh ilmuan atau seseorang senimal pastinya memiliki nilai-nilai estetika yang tinggi dan ciri khas yang berbeda. Ketika karya seni rupa ingin disukai banyak orang bahkan dihargai dengan nilai yang tinggi, harus memiliki nilai estetika. Bukan itu saja, seni rupa juga memiliki fungsinya lohh.

1. Fungsi Individu

Fungsi yang dimiliki oleh individu untuk bertujuan memuaskan diri sendiri. Pastinya ada manfaatnya seseorang yang membuat karya seni ini untuk mengekspresikan dirinya dan dengan ini akan timbul pada sebuah kepuasan batun maupun dari si pembuat karya seni.

Biasanya karya ini bisa menggambarkan suasana hati sang pembuat karya, entah itu sedih ataupun dalam keadaan senang.

2. Fungsi Sosial

Bukan itu saja, yang kedua memiliki fungsi sosial yang meluas, dimana para kaya seni memiliki nilai kecantikan yang tujuan hanya satu untuk memberikan kepuasan kepada banyak orang. Salah satu kepuasanya bisa berguna bagi banyak orang contohnya yaitu sebuah bangunan gedung dan bangunan rekreasi.

Fungsi dan manfaat dari bangunan tersebut hanya untuk banyak orang seperti untuk tempat berlindung maupun untuk tempat berteduh. bukan bangunan saja yang berguna bagi masyarakat, patung juga memberikan kepuasan kepada banyak orang, dengan salah satu contoh keunikan dan keindahan.

Karya Sendiri

lukisan terkeren, karya seni, seni rupa, gambar seni rupa, gambar unik
Sumber; themoondoggis

Setiap seni rupa tersendirinya pasti memiliki bentuk-bentuk yang nyata dan dapat dilihat dengan sendirinya atau bisa diraba. Contoh ini sangat banyak sekali di kalangan masyarakat, misalkan lukisan, patung dan ukir-ukiran. Supaya nyata pada karya tersebut harus membutuhkan waktu untuk proses yang panjang dan juga ketelatenan.

Semua barang atau karya yang memiliki keunikan atau keindahan tersendiri pastinya memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Ketika seseorang yang sudah melihat hasil itu yang sangat indah, maka orang itu dapat menarik keindahan hasil karya tersebut.

Baca juga: Pengertian Kebudayaan

Artikel ini sudah menjelaskan apa itu pengertian dari seni rupa dan di atas memberikan sedikit gambaran yang jelas tentang seni rupa. Harus kalian gali lagi demi menyempurnakan apa itu pengertian seni rupa yang sangat luas.

Manusia memiliki otaknya masing-masing, hari demi hari yang sudah dilewatkan oleh manusia selalu dipenuhi dengan karya seni rupa baru lebih baik itu, tetapi yang murni maupun terapan.

Teruslah berkarya walaupun itu karya sendiri jangan malu untuk karya baru, tapi malu lah dengan karya orang lain. Terima kasih sudah mampir ke arrozak, semoga kita semua baik-baik saja.

Terimakasih, salam hormat. Enjooooyyyy!

Leave a Comment