Pengertian Seni Tari

Pengertian seni tari – Pada waktu yang terus berjalan kita sering menyaksikan pentas seni tarian baik itu modern ataupun tradisional. Tetapi kita belum memahami pengertian pada seni tari ini dan memiliki fungsinya tersendiri. Tanpa disadari bahwa perkembangnnya teknologi jaman kini dapat membuat kita lebih maju mengenai seni tari secara mendalam.

Seni tari memiliki banyak jenis dan memiliki fungsinya tersendiri, tidak usah banyak basa basi mendingan kita langsung saja membahas satu-persatu dalam artikel ini yang menjelaskan pengertian seni tari.

Pengetian Seni Tari

Sumber: appletreebsd.com

Seni tari adalah sebuah seni yang mempelajari gerak-gerik pada tubuh berirama yang dilakukan pada saat tertentunya, misalkan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekpresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun perkelompok.

Lebih jelasnya kalian simak dan saya menjelaskan dari beberapa para ahli dalam negri maupun luar negri yang mennjelaskan lebih spesifiknya. Tidak masalah kalau kamu mempelajari seni yang lainnya misalkan seni musik, gitar dengan cara mainnya dengan alat musik gitar, maka kalian harus mempelajari suara atau nada dengan melodi pada diri kamu sendiir.

Seni tari ini sudah terdiri dari berbagai jenis tari yaitu ada tari tunggal, tari berpasangan, tari kelompok dan tari kolosal. Salah satu contoh tari tunggal biasannya diperagakan oleh satu orang, sedang untuk tari berpasangan diperagan oleh dua orang saja.

Kalau penari lebih dari dua orang maka disebut dengan tari kelompok. Jika tari kolosal itu memiliki anggota lebih banyak dari pada kelompok, biasanya tari kolosal itu dilakukan dari berbagai daerah di Indonesia

Baca juga: Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli, diskusi dengan orang, orang ahli
Sumber: Materisiana.com

Beberapa pengertian menurut para ahli di bidang seni tari, ntah itu yang panjang tapi kita jelas dan ada juga yang singkat, padat tentunya kita jelas. Banyak sekali menurut para ahli itu tetapi hanya mengambil beberapa saja dan mudah difahami, baik itu para ahli luar negri maupun dalem negri.

  1. Bagong Sudito : Suatu seni berupa sebuah gerakan ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia, itulah seni tari.
  2. Haukins : Seni tari yaitu suatu ungkapan dari jiwa yang dijadikan bentuk suatu gerakan oleh imajinasi yang penciptanya sendiri.
  3. Kamaladevi Chattopadhaya : Suatu desakan pada diri seseorang yang mengharuskan untuk diluapkan dan berbentuk gerakan yang ritmis, itulah seni tari.
  4. Irmgrad Bartenieff dab Forrestine Paulay : Seni tari yang memiliki suatu bentuknya seni ekspresiononstis yang menggambarkan sikap jiwa manusia terhadap sebuah konflik dan masalah di dunia modern.
  5. Pangeran Suryadiningrat : Seni tari yaitu memiliki gerakan yang dihadirkan oleh semua anggota pada tubuh seseorang yang dilakukan dengan irama musik dengan maksud tertentu.
  6. Corrie Hartong : Seni tari adalah dari perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, salah satunya mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan ritmis (Maksudnya dikatakan tari jika gerakan itu ritmis).

Fungsi Seni Tari

fungsi seni tari, tari upacara, tari kalimantan
Sumber: hipwee.com

Seni tari itu memiliki beberapa fungsinya tersendiri. Lalu, apa saja sih fungsi-fungsi dalam seni tari tersebut? Berikut ulasanya.

Tari Upacara

Mungkin tari itu hanya sebagai hiburan bagi kita, ternyata upacara juga memiliki tarian seperti upacara adat ataupun acara yang bernuansa keagamaan. Tujuan adanya tarian yaitu mengutamakan adanya ke kenikmatan dan komunikasi pada sang pemilik alam di dalam acara tersebut.

Tari Petunjukan

Ada juga tari petunjukan tetaoi hanya disiapkan untuk suatu acara dan dipentaskan. Tari petunjukan ini sangat menonjol sekali dari sisi koreografi artistik, beberapa konsep yang bagus dan memikirkan ide yang matang. Bukan itu saja yang dia siapkan, tema yang tertata sedemikian rupa sehingga tarian tersebut menjadi menarik dan seindah mungkin.

Tari Hiburan

Tari hiburan ini hanya dikhususkan untuk menghibur penonton saja. Pada umunya tarian ini dimainkan dengan alunan musik dengan alat tertentu dan irama yang enak didengarkan. Memiliki gerakan tetapi tarian ini berbagai macam nilai, adat atau tradisi. Tari ini memiliki khas yaitu mampus menghilangkan rasa jenuh para penonton dan pendengar.

Tari Kesenian

Seni tari ini hanya dilaksanakan untuk tujuan pelestarian budaya. Terkadang tarian satu ini bernuansa tradisional, mungkin hanya ingin menghargai warisan budaya dari nenek moyang pada zaman dahulu. Tarian kesenian hanya ditampilkan ketika saat hari atau momen kebudayaan saja.

Unsur Seni Tari

unsur seni tari, gerakan, kostum, gerak-gerik
Sumber: Thegorbalsla

Seni tari juga memiliki unsur pendukung hanya sebuah ajang untuk menikmat orang yang melihat agar sebuah tarian lebih indah dan menarik. Kalau unsur seni ini tidak dipenuhi maka suatu gerakan yang ritmis sudah dikatakan gerakan seni rari. Sangat berguna sekali adanya unsur pendukung seni tari juga dipenihi, karena lebih memiliki daya yang mempesona jika digunakan pada sebuah pementasan atau pertunjukan. yaitu sebagai berikut.

Ragam Gerak

Unsur yang pertama itu memiliki gerakan pada tari, fungsimya akan terlihat indah ketika seluruh anggota tubuh badan berkaloborasi. Tidak hanya kaki dan yangan saja yang bergerak, kombinasi dari raut muka, lirikan mata dan ekspresi pada wajah akan menambah daya tarik tersendiri. Maka itu menjadi nilai plus bagi se penari.

Ragam Iringan

Kalau menari tidak memiliki iringan dari musik maka nikmatnya hilang begitu saja tidak ada keseruhannya. salah satu masalahnya harus diiringin dengan musik yang ritmis dan cocok dengan gerakan suatu tarian. Sehingga bisa menampilkan paduan yangg indah diantara gerakan pada nari dan musik yang merduh. Akan lebih bagus ketika se penari itu bisa mengeluarkan suara dari tubuh misalkan dari tepukan, hentakan ataupun teriakan.

Hiasan dan Kostum

Ketika sudah ada gerakan pada tubuh dari sepenari dan diiringin dengan musik ditambah dengan sebuah hiasan atau kostum. Tanpa ada rias wajah dan kostum, sebuah tarian akan terasa hambar dan tidak menarik. Intinya tidak bisa menarik para penonton.

Pola Lantai/ Bloking

Jika tarian akan terlihat lebih perseni maka pola lantainya terlihat indah. Penari harus sekali menguasai pola lantai dan tidak boleh berdiri pada satu titik saja, dan sepenari harus menyusaikan dengan tempat dan penontonya (menguasai panggung).

Biasanya tarian dilakukan dengan perkelompok, karena suatu bagusnya menari perkelompok dari gerakan juga harus tertata rapih antara sesama penari. Supaya terlihat kompak, indah dan menari para penonton.

Baca juga: Pengertian Seni Musik

Contoh seni tari

macam-macam tari, tari tradisional, modern tari
Sumber: IDN Times

Kita harus bangga dengan negara Indonesia karena memiliki banyak kebudayaan. Dari sabang sampai merauke, tetapi setiap daerah memiliki kebudayaannya masing-masing dan memiliki tarian yang khas. Seni tari itu memiliki banyak sekalin contohnya tradisional dan modern. Nah, langsung saja kita bahas contoh dari seni tari yang ada di Indonesia, sebagai berikut.

Tari Tradisional

Tari tradisional yaitu tarian yang memiliki ciri khasnya oleh suatu daerah, dan tarian itu masih dijaga dari dulu hingga sekarang. Beberapa tarian tradisional di Indonesia sebagai berikut:

1. Tari Saman

Unsur Seni Tari, gerakannya bagus, kompak, khas aceh
Sumber: nurulbule08.wordpress.com

Tari saman ini berasalah dari daerah Aceh, tarian ini memiliki suku Gayo dan ditampilkan hanya untuk merayakan peristiwa penting dalam ada di daerah aceh. Beribu cerita ke cerita, dikatakan bahwa tarian saman ini sudah dikenali seorang Syekh Saman. UNESCO yaitu penempatan tarian saman sebagai daftar representatif budaya tak benda warisan nenek moyang dalam komite ke-6

2. Tari Kecak

tari kecak, tari tradisional khas bali, tarian bali
Sumber: Pegipegi.com

Mungkin tari ini sudah banyak yang mengetahui tarian kecak? Mungkin semua sudah tahu betul dan daerahnya. Tari kecak yaitu tarian dari daerah Bali dan tarian ini menjadi salah satu ciri khas dari daerah Bali. Tari ini memiliki ceritanya tersendiri tentang Ramayana, dan seseorang penari kecak itu laki-laki. Tarian kecak ini adalah karya dari seseorang Wayan Limbak dan Pelukis Jerman bernama Walter Spies tahun 1930an.

3. Tari Ronggeng

Tari Ronggeng, pengertian seni tari, tari tradisional
Sumber: Info Budaya Indonesia

Tarian satu ini dari daerah Jawa Tengah. Memiliki gerakan yang khas pada tarian ini, karena gerakanya mengandung unsur sensual. Asal mulanya ada tarian ini yaitu hanya digunakan untuk upacara dan upacaranya itu meminta kesuburan tanah dan diiringi oleh alat musik rebab dan gong.

Baca juga: Pengertian Seni Lukis

Tarian Modern

Nah, sekarang kamu sudah faham dengan beberapa tarian tradisional yang berasal dari negri kita tercinta yaitu Negara Indonesia. Menambah lagi kita dari wawasan seni tari ini yang mengenai tarian kreasi baru di Indonesia, salah satu tarian baru yang dimiliki kebebasan dalam penciptaannya. Langsung saja kita simak bersama apaa itu tarian modern.

1. Tari Nguri

Tari Nguri, tari modern, tari persembahan
Sumber: GoTripIna.com

Tarian kreasi baru yang mempunyai tema tentang penyambutan dan persembahan. Tarian ini awalnya mengenali pada kehidupan kerajaan sumbawa. Beberapa seorang wanita akan datang unruk menghibur sang Raja yang sedang ditimpa musibah. Seiring waktu yang berjalan, tarian ini menjadi tarian untuk penyambutan tamu dari pusat atau tamu penting dalam kerajaan. Gerakan yang khas yaitu ranat, linting, sere, basalute dan lain-lain.

2. Tari Kuntulan

tari kuntulan, tari modern, nari cewek cantik, cewe cantik
Sumber: nestywahyu – WordPress.com

Arti dari tarian ini adalah tarian dari masyarakat daerah pemalang. Tarian ini sudah dikel sejak abad ke-20an yaitu pada saat Indonesia bantak sekali munculnya pergerakan kebangsaan. Dalam tarian ada unsur-unsur gerakan pecak silat, salah satu jurus bela diri terlihat sangat artistik.

3. Tari Merak

tari merak, tari modern, cewek cantik menari, idaman cowo
Sumber: RomaDecade.com

Sudah beberapa orang mengenai tarian merak. Arti dari tarian ragam tarian kreasi baru yang menceritakan kehidupan binatang yaitu sesuai namanya (Burung Merak). Seseorang seniman seorang Sunda Raden Tjetje Somantri yang mengatur cara dan gerak yang mengangkat dari kehidupan sang burung merak. Burung merak ini memiliki bulu yang halus sekali, tubuhnya seperti ayam dan ada seperti mahkota dikepalanya.

“Aku mencintai hujan sejak aku belajar menari dibawah hujan bersama kamu”.

Ketika Kamu mempunyai bakat nari, maka terus lah belajar nari hingga badan tubuh anda memiliki kelenturan dan sering-sering membaca artikel suapa anda lebih luas wawasannya. Tidak ada masalahnya anak muda belajar seni tari, terus mendalam dari seni tari ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Enjoooyyyyyy!!.

Leave a Comment