11 Curug Indah dan Cantik di Bogor Yang Akan Membuatmu Ketagihan

Bogor merupaka sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Bogor sering dikenal masyarakat sebagai kota Hujan, ternyata Bogor banyak memiliki tempat wisata Air Terjun / atau di sebut dalam bahasa Sunda : Curug.

Curug sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki jiwa Adventure, Curug juga bisa memberikan sensasi berlibur yang lebih asik.

Kapan Nih Mau ke Bogor?

Sumber: bapenda.jabarprov.go.id

Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu para pecinta alam untuk dikunjungi, contohnya Curug. di Bogor terdapat banyak sekali Curug yang tersembunyi dan yang bagus untuk kita kunjungi.

Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki kealamian dan sangat nyaman bila di kunjungi.

Sebagian orang berburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik serta banyak orang suka akan hasil fotonya. Namun ada juga yang menikmatinya dengan barengan ataupun bersantai di tepi Curug.

Pasti kalian bingung mencari Curug Indah dan Cantik di Bogor Yang Akan Membuatmu Ketagihan, artikel ini akan membahas 8 Curug di Bogor yang paling sering dikunjungi beserta dengan lokasinya.

1. Curug Hordeng

Sumber: merahputih.com

Curug Hordeng adalah bentuknya yang melebar, Curug ini dikenal dengan nama Curug Hordeng yang mana dalam bahasa Sunda, “Hordeng” berarti tirai.

Curug ini termasuk salah satu Curug yang aman dijadikan tempat wisata karena tidak terlalu banyak batu curam disekitarnya.

Air yang ditawarkan juga sangat jernih. Kalian akan menemukan banyak pengunjung yang berenang atau bermain air di dalam kolam.

Lokasinya di : Jalan Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.

2. Curug 7 Cilember

Sumber: tempatwisata.net

Sesuai dengan namannya. ‘kota seribu curug’. Bogor memang memiliki kealamian dan berbagai macam Curug dengan bentuk dan ketinggian yang berbeda. Curug 7 Cilember adalah salah satu yang cukup terkenal.

Keunikan dari Curug ini adalah Curug ini memiliki 7 lapisan air terjun, yang mana 1 aliran sungai terbagi menjadi 7 aliran air terjun yang indah.

Dari ketujuan Curug ini, Curug 7 Cilember adalah Curug dengan pengunjung yang paling ramai dan mudah diakses.
Jika kalian ingin ke Curug keenam atau kelima, kalian membutuhkan perjuangan yang cukup sulit.

Wisatawan kebanyakan memilih untuk bermain dan bersantai di Curug yang ketujuh.

Curug 7 Cilember ini terkenal di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, dan untuk masuk ke dalam Curug ini, kalian hanya perlu membayar Rp.12.000 per-orang.

Lokasinya di : Jl. Raya Puncak KM. 15 Megamendung Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750.

3. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Sumber: jejakpiknik.com

Sebelumnya dikelola oleh Sentul Paradise Park, Curug ini dinamakan Curug Bojongkoneng, namaun setelahnya nama air terjun ini diganti dengan nama Curug Bidadari.

Tepat di bawah Curug Bidadari terdapat sebuah wahana permaninan air atau waterpark yang memiliki luas lebih dari 6.000 meter persegi.

Waterpark ini akan membuat kalian serasa di pantai dengan panjang 150 meter dan pantai buatan ini dilengkapi dengan pasir putih yang didatangkan langsung dari Bangka.

Curug Bidadari yang memiliki tinggi 40-75 meter ini terletak di Desa Bojongkoneng di daerah Sentul City. Curug Bidadari ini bersumber dari mata air hutan lindung yang terdapat di daerah Bojong Koneng.

Selain itu, waterpark ini pun dilengkapi dengan fasilitas outbound, seperti flying fox dan prahu tangan.Tidak heran kalian lihat tempat ini ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau masa-masa liburan.

Ketika kalian berkunjung ke Curug Bidadari ini adalah menyiapkan uang kecil dan uang lebih untuk berjaga karena menurut beberapa pengunjung, akses jalanan menuju ke Curug Bidadari cukup sulit dan terdapat banyak pungli.

Dan lebih baiknya kalian bawa bekal dari rumah masih-masing supaya cukup irit.

Lokasinya di : Jl. Sentul PP, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

4. Curug Cibaliung

Sumber: hayukabogor.id

Bogor terkenal dengan wisata alamnya, dan Curug Cibaliung merupakan salah satu dari wisata alam di Bogor yang terkenal cukup indah dan menarik. Curug ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Madangan, Sentul.

Curug Cibaliung tidak terlalu tinggi, air terjun ini menawarkan kesejukan serta kejernihan air terjun yang membuat Curug ini terlihat semakin cantik dan indah.

Jika kalian berada di sini, kalian dapat menyebur ke dalam kolam air terjun untuk merasakan kejernihan dan kesegaran air terjun untuk merasakan kejernihan dan kesegaran air terjun. Tidak hanya itu, biarkanlah tubuh kalian dipijat-pijat oleh air terjun yang deras.

Mengapung, menyelam, dan berenang sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya adalah salah satu kegiatan yang dapat kalian lakukan ketika holiday.

Pemandangan di sekitar Curug Cibaliung yang juga dikenal dengan sebutan Leuwi Cibaliung atau Curug Baliung pun tidak kalah duanya, mulai dari bebatuan hingga pepohonan yang indah dan menarik buat kita holiday ke Curug Cibaliung.

Memang Curug Cibaliung belum terlalu terkenal karena lokasinya yang dalam dan sulit ditemukan. Karena hal ini, kalian masih dapat merasakan kealamian dari tempat ini.

Lokasinya di : Desa Karang Tengah, Kecamatan Madangan, Sentul.

5. Curug Cipamingkis

Sumber: arrozak.com

Curug Cipamingkis ini merupakan salah satu tempat pertemuan antara dua aliran sungai yang telah melintas yaitu sungai Cipamingkis dan juga sungai Cisarua. Ada beberapa masyarakat menyebutkan bahwa Curug Cipamingkis ini sebagai air terjun yang terakhir.

Suhu udara di Cipamingkis bisa di bilang cukup dingin sekali. Sangking dingginya temperature udara di Cipamingkis 18 hingga 20 derajat celcius.

Tempat wisata ini sering didatangi para pengunjung dibandingkan Curug-Curug lainnya yang ada di wilayah Bogor. Dari pepohonannya sudah menarik untuk berselfi / foto.

Lokasinya di : Jonggol, Sukamakmur, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.

6.Curug Leuwi Hejo

Sumber: wisataalam.com

Nama lain dari Curug Bengkok Leuwi Hejo atau sekarang yang banyak dikenal masyarakat sekitar dengan nama Curug Leuwi Hejo ini merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh anak muda, mengisi hari holiday.

Curug Leuwi Hejo mempunyai ciri khas air kolam yang berwarna hijau tosca, dan cukup dalem buat berenang maupun menyelam.

Air terjunnya memang tidak tinggi, tetapi keindahan yang ditawarkan oleh curug ini tidak ada duannya. kalian pun dapat merendam diri langsung ke dalam kolam untuk merasakan kesejukannya air terjun Leuwi Hejo.

Lokasinya di : Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.

7. Curug Ciherang & Rumah Pohon

Sumber: curugciherang.com

Curug Ciherang dengan ketinggian sekitar 30 meter dan air tidak langsung jatuh ke dasar tetapi melalui beberapa lika-liku / naik turun anak tangga sehingga pengunjung bisa maen air di bawahnya.

Debit air ini cukup besar sekali dan jernih sesuai dengan nama dari Curug Ciherang dalam bahasa Sunda yang berarti air jernih atau air bening.

Bogor tidak mau kalah dengan kota-kota besar yang di luar sana, Kota hujanpun menyediakan wisata alam rumah pohon yang tentunya berada di atas pohon dan indahnya pemandangan alamnya dari atas pohong Ciherang.

Lokasinya di : Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.

8. Curug Cigamea

Sumber: arrozak.com

Curug Cigamea salah satu Curug yang paling indah di kota Bogor dengan dibandingkan dengan Curug yang lainnya.

Air terjun pertama memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dan berada di celah tebing. Aliran air terjun yang pertama ini terlihat seperti membelah batu lama yang berwarna hitam kecoklatan.

Aliran air dari Curug Cigemea yang pertama ini cukup luas serta warna air yang berwarna biru kehijauan yang berarti bahwa kedaleman air cukup dalam bisa berenang dan menyelam saat holiday.

Air terjun kedua Cigamea ini berada lebih dekat dengan pintu masuk Curug Cigamea. Kolam airnya tidak seluas dengan air terjun yang pertama dan tidak dapat digunakan berenang.

Jarak dari air terjun pertama dan kedua kurang lebih sekitar 30 meter.

Lokasinnya di : Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor,

Persiapan Holiday

Curug-curug di atas sangatlah bagus dan menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan.

Satu hal yang kalian harus ingat adalah jika kalian mengunjungi tempat wisata alam, perhatikan dahulu sebelum kalian menuju ke tempat yang kalian tuju seperti di atas.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam, juga usahakanlah untuk ikut melastarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena itu penyebab hancurnya alam yang terus menerus.

Utamakanlah keselamatan kalian ketika mengunjungi tempat alam. Dan bagi kalian yang phobia dengan ketinggian sebaiknya hindarkan tempat ini.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Comment